3-5 TAHUN
8 Oktober 2019

Wajib Tahu, Ini 6 Obat Kutu Rambut yang Ampuh untuk Anak

Basmi sampai tuntas agar tak kembali lagi!
Artikel ditulis oleh Irene Anindyaputri
Disunting oleh Orami

Kutu rambut adalah masalah yang cukup umum dialami anak-anak. Kutu memang sangat mudah menyebar pada anak-anak dan cukup sulit diobati hingga tuntas.

Karenanya, Moms mungkin penasaran apa saja obat kutu rambut yang ampuh agar kepala dan rambut Si Kecil tak lagi gatal-gatal.

Yuk, simak pembahasan lengkap seputar obat kutu rambut bagi anak di bawah ini.

Baca Juga: 5 Daftar Obat Batuk Alami untuk Bayi yang Aman

Cara Mengatasi Kutu Rambut

Kenapa Kutu Senang Hinggap di Rambut Anak.jpg

Menurut pusat riset MayoClinic, ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk mengatasi kutu rambut pada anak.

Di antaranya yaitu memberikan obat kutu rambut, mencabuti kutu dari kulit kepala, atau menggunakan bahan-bahan alami untuk membasmi kutu.

Pengobatan mana yang sebaiknya Moms pilih tentu disesuaikan dengan kondisi anak sendiri, ya.

Perhatikan gejala-gejala yang dialami anak seperti kulit kepala dan rambut gatal, kulit kepala luka karena terlalu sering atau terlalu keras digaruk, hingga muncul ruam kemerahan.

Apabila kutu tidak mempan dicabuti atau dibasmi dengan bahan-bahan alami, sudah saatnya Moms menggunakan obat kutu rambut yang bisa dibeli di apotek.

Akan tetapi, bila obat di apotek belum ampuh juga untuk mengatasi gejala-gejala kutu rambut, Moms bisa mengajak anak untuk periksa ke dokter.

Dokter mungkin memberikan resep obat kutu rambut yang paling sesuai dengan kondisi anak.

Baca Juga: Ingin Rambut Bayi Lebat dan Indah? Perhatikan 5 Tips Ini

Pilihan Obat Kutu Rambut

Rambut Anak Beruban Ternyata Inilah 6 Penyebabnya 4.jpg

Obat kutu rambut umumnya tersedia dalam bentuk sampo atau obat oles. Obat bisa digunakan langsung pada kepala anak yang diserang kutu.

Akan tetapi, sebaiknya konsultasi dulu ke dokter untuk menentukan obat mana yang paling aman bagi Si Kecil.

Yuk, simak apa saja daftar obat kutu rambut dan masing-masing cara pakainya berikut ini.

1. Pyrethrins

Dilansir dari situs kementerian kesehatan Amerika Serikat, CDC, pyerethrins adalah obat kutu rambut yang diekstrak dari bunga krisan. Obat ini boleh digunakan untuk anak di atas usia 2 tahun.

Pyrethrins bisa dibeli di apotek tanpa resep dokter. Sayangnya, obat kutu rambut ini hanya bisa membunuh kutu yang sudah dewasa. Telur kutu tidak bisa dibasmi dengan obat ini.

2. Permethrin 1%

Obat kutu rambut yang satu ini mirip dengan pyrethrins karena hanya dapat membunuh kutu dewasa pada anak di atas usia 2 tahun.

Dilansir dari sebuah penelitian dalam Indian Journal of Dermatology tahun 2015, permethrin akan bekerja secara efektif apabila dioleskan pada kulit kepala dan rambut yang sudah dibasahi.

3. Benzyl alcohol

Seperti yang dijelaskan dalam MayoClinic, benzyl alcohol bekerja dengan cara mengambil asupan oksigen yang dibutuhkan kutu rambut sehingga kutu akan mati kekurangan oksigen.

Hati-hati, Moms, obat kutu rambut benzyl alcohol sebaiknya tidak digunakan pada bayi berusia di bawah 6 bulan. Obat ini juga hanya bisa digunakan dengan resep dokter.

Baca Juga: Berapa Suhu Normal Anak dan Kapan Anak Dikatakan Demam?

4. Ivermectin

Menurut CDC, ivermectin adalah obat kutu rambut untuk bayi di atas 6 bulan yang bekerja dengan cara mematikan telur kutu rambut.

CDC juga menjelaskan bahwa obat ini paling ampuh bekerja apabila dioleskan pada rambut dan kulit kepala yang kering.

Ivermectin harus digunakan dengan resep dokter. Ikuti anjuran dokter serta apoteker dalam menggunakan ivermectin untuk anak, ya, Moms.

5. Malathion

Masih diambil dari studi yang sama dalam Indian Journal of Dermatology, malathion adalah obat kutu rambut oles yang membunuh kutu dewasa serta sebagian telur kutu. Sebaiknya malathion dioleskan pada kulit kepala dan rambut yang kering.

Obat kutu rambut ini hanya bisa digunakan dalam pengawasan dokter dan tidak dianjurkan untuk anak di bawah usia 2 tahun.

6. Spinosad

Obat kutu rambut spinosad cukup ampuh karena dapat membunuh kutu dewasa maupun telur kutu. Spinosad dapat dioleskan pada rambut dan kulit kepala tanpa dibasahi.

Akan tetapi, spinosad tidak dianjurkan untuk diberikan pada anak di bawah usia 6 bulan karena adanya risiko efek samping.

(IA/ERW)

Artikel Terkait