3-12 BULAN
11 November 2020

11+ Obat Pilek Alami untuk Bayi, Aman dan Bebas Kimia!

Moms dan Dads, obat pilek alami untuk bayi ternyata salah satunya adalah dengan istirahat nyaman di rumah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Daftar isi artikel

Saat Si Kecil mengalami pilek, Moms dan Dads ingin membuatnya merasa lebih baik. Namun, untuk membantu meredakan gejala mereka, baiknya menggunakan obat pilek alami untuk bayi daripada obat-obatan pilek yang dijual secara bebas.

“Obat-obatan yang dijual secara bebas tidak benar-benar disarankan untuk anak-anak. Tidak ada bukti bahwa mereka bekerja, dan sebenarnya dapat memiliki efek samping yang berbahaya,” ucap seorang praktisi perawat primer di Ottawa, Hoda Mankal.

Menurut Center for Disease Control and Prevention, ada lebih dari 200 jenis virus yang dapat menyebabkan pilek pada bayi. Untungnya, sebagian besar pilek yang diderita bayi akan membantu meningkatkan kekebalannya. Meski begitu, flu pertama mereka bisa menakutkan bagi orang tua.

Seorang bayi bisa masuk angin pada semua usia atau waktu sepanjang tahun. Bahkan, mereka bisa mendapatkan sebanyak 8 sampai 10 tahun dalam 2 tahun pertama mereka. Jika si kecil berada di dekat anak yang lebih besar, kemungkinannya terkena flu bisa meningkat.

Baca Juga: Jangan Bingung, Ini 3 Cara Mudah Mengeluarkan Lendir Saat Bayi Batuk Pilek

Obat Pilek Alami untuk Bayi

Obat pilek alami untuk bayi merupakan pilihan yang aman, tidak memerlukan biaya banyak, dan dapat membantu Si Kecil merasa lebih baik. Berikut ini adalah obat alami pilek untuk bayi yang bisa Moms atau Dads terapkan di rumah:

1. ASI

Obat pilek alami untuk bayi yang pertama adalah ASI. Tidak ada obat atau obat yang lebih hebat dari satu-satunya makanan alami untuk manusia yang baru lahir yaitu ASI. Ia bekerja sebagai obat alami pilek untuk bayi yang berusia enam bulan atau bahkan lebih.

Menyusui secara teratur juga membantu menenangkan bayi yang rewel yang tidak mengerti apa-apa dan mendapatkan kenyamanan hanya dari sentuhan ibunya.

2. Tetes Hidung Buatan Sendiri

Obat pilek alami untuk bayi, Foto : Orami Photo Stock

Foto: Orami Photo Stock

Obat pilek alami untuk bayi yang selanjutnya adalah tetes hidung buatan sendiri. Ini sangat baik untuk bayi yang memiliki hidung tersumbat. Dokter anak dapat meresepkan obat tetes hidung tanpa resep yang tersedia secara lokal. Tetapi Moms dan Dads bisa membuat tetes garam di rumah, jika terjadi keadaan darurat.

Dengan menggunakan sendok yang sudah disterilkan, campurkan ½ sendok teh garam dan 8 sendok teh air hangat yang telah disaring dalam mangkuk yang telah disterilkan.

Namun perlu diingat, jaga agar kepala bayi tetap miring saat memasukkan jumlah yang ditentukan ke dalam lubang hidungnya. Ini dilakukan agar garam tidak keluar. Selain itu, gunakan tetes garam buatan sendiri dalam keadaan darurat hanya karena rentan terhadap bakteri.

3. Udara Lembap

Obat pilek alami untuk bayi yang selanjutnya adalah udara lembap. Jika udara di rumah kering, maka manfaatkan humidifier. Udara lembap membuat lendir di hidung tidak mengering dan membuat saluran napas tidak terlalu kering.

Dilansir Healthy Children, obat pilek alami untuk bayi juga bisa dengan mandi air hangat sebentar yang dapat membantu mengurangi kekeringan pada udara. Terkadang, ada baiknya anak duduk di kamar mandi dan menghirup kabut hangat dari pancuran, tapi jangan lupa untuk mengawasinya.

Baca Juga: Pilek Tak Kunjung Sembuh, Ini Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati Bayi dengan Selesma

4. Kunyit

Obat pilek alami untuk bayi, Foto : Orami Photo Stock

Foto: Orami Photo Stock

Obat pilek alami untuk bayi yang selanjutnya adalah kunyit. Kunyit telah dipuji karena khasiat penyembuhannya selama berabad-abad, jadi tidak mengherankan jika itu adalah bagian dari banyak pengobatan rumahan di India.

Campur sedikit kunyit dengan air hangat untuk membuat pasta yang halus, dan oleskan ramuan ini pada dada, dahi, dan telapak kaki bayi. Cuci bersih setelah beberapa saat. Panas dari kunyit sebagai obat pilek alami untuk bayi akan membantu mengencerkan lendir dan membuatnya lebih mudah keluar.

5. Isap Hidung Bayi

Obat pilek alami untuk bayi yang selanjutnya adalah isap hidung bayi. Jaga agar saluran hidung bayi Anda bersih dengan jarum suntik karet. Peras spuit untuk mengeluarkan udara.

Kemudian masukkan ujungnya sekitar 1/4 hingga 1/2 inci (0,64 hingga 1,27 sentimeter) ke dalam lubang hidung bayi, mengarah ke bagian belakang dan samping hidung.

Lepaskan pegangan, pegang di tempatnya saat menyedot lendir dari hidung bayi. Keluarkan alat suntik dari lubang hidung bayi, dan kosongkan isinya ke tisu dengan menekan umbi dengan cepat sambil menahan ujungnya. Ulangi sesering yang diperlukan untuk setiap lubang hidung. Bersihkan spuit bohlam dengan sabun dan air.

6. Perbanyak Cairan

Obat pilek alami untuk bayi, Foto : Orami Photo Stock

Foto: Orami Photo Stock

Obat pilek alami untuk bayi yang selanjutnya adalah perbanyak cairan. Menjaga anak-anak tetap terhidrasi adalah bagian yang sangat penting untuk membuat mereka merasa lebih baik, kata Jared Friesen, seorang praktisi perawat keluarga di Alberta.

“Pilek atau batuk dapat membuat anak-anak lesu, sehingga mereka tidak ingin makan atau minum banyak, yang berarti mereka menjadi lebih lesu, dan siklusnya terus berlanjut,” katanya.

Maka, tawarkan sedikit makanan dan terutama cairan sesering mungkin. Pilihan yang cocok untuk anak-anak termasuk sup (coba kaldu rendah natrium), saus apel, jus yang dicampur dengan sedikit air.

7. Uap Hangat

Obat pilek alami untuk bayi yang selanjutnya adalah uap hangat. Ini adalah cara alami untuk membantu bayi menjadi tenang dan meredakan hidung tersumbat. Jalankan pancuran air panas ataukeran di kamar mandi dan biarkan uap memenuhi ruangan. Setelah mematikan keran, bawa Si Kecil ke dalam kamar.

Uapnya ringan untuk Moms atau Dads, tetapi sangat cocok untuk bayi yang baru lahir. Menghirup uap juga dapat digunakan untuk bayi atau anak-anak yang lebih tua. Hindari menggunakan air matang dalam gelas. Ini bisa berbahaya jika gelas terjatuh. Juga, pertimbangkan untuk berinvestasi dalam alat difuser.

Baca Juga: Cara Terbaik Mengatasi Bayi Pilek

8. Berkumur

Obat pilek alami untuk bayi, Foto : Orami Photo Stock

Foto: Orami Photo Stock

Obat pilek alami untuk bayi yang selanjutnya adalah berkumur. Berkumur dengan air garam adalah cara yang paling ampuh untuk meredakan sakit tenggorokan di seluruh dunia.

Ini juga membantu membersihkan lendir dari tenggorokan dan meredakan hidung tersumbat. Sementara para ilmuwan belum menemukan secara pasti mengapa itu berhasil, penelitian telah menunjukkan bahwa obatnya efektif.

Cara ini termasuk obat pilek alami untuk bayi utamanya di atas empat tahun ke atas. Masukkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan aduk. Jika Si Kecil tidak keberatan dengan rasanya, satu atau dua tetes jus lemon segar bisa menjadi tambahan yang menenangkan.

9. Angkat Kepala Si Kecil

Obat pilek alami untuk bayi yang selanjutnya adalah angkat kepala. Tubuh anak memperbaiki dirinya sendiri di malam hari ketika tertidur, itulah sebabnya mengapa tidur nyenyak dan tanpa gangguan penting untuk meredakan infeksi.

Mengangkat kepala anak dapat mencegah lendir masuk kembali ke sistemnya dan memungkinkan bernapas dengan mudah.

Caranya, ambil handuk dan lipat. Letakkan handuk di bawah kepala Si Kecil untuk mengangkat kepalanya. Moms atau Dads juga bisa melakukannya dengan bantal yang lembut. Pastikan ketinggian bantal optimal karena Si Kecil mungkin mengalami masalah leher jika bantal terlalu tinggi.

10. Madu

Obat pilek alami untuk bayi, Foto : Orami Photo Stock

Foto: Orami Photo Stock

Obat pilek alami untuk bayi yang selanjutnya adalah madu. Dikenal karena efeknya yang menenangkan, celupkan jari Moms atau Dads ke dalam madu dan biarkan bayi menjilatinya dua kali tiga kali dalam sehari. Jika Si Kecil lebih dari lima tahun, campurkan satu sendok penuh bubuk kayu manis dan minta dia untuk meminumnya.

Hindari mencoba pengobatan rumahan yang melibatkan konsumsi minyak, ramuan, atau obat yang mengandung madu untuk bayi di bawah usia 6 bulan. Dikarenakan adanya risiko infant botulism. Nah, berikut ini resep madu yang bisa diberikan pada Si Kecil:

  • Madu dan merica: Tambahkan sejumput bubuk lada ke dalam satu sendok madu dan beri makan bayi secara berkala. Ini bagus untuk pilek dan batuk.
  • Madu dan jahe kering: Sejumput bubuk jahe kering dengan satu sendok makan madu adalah obat yang bagus untuk batuk.
  • Lemon dan madu: Peras jus lemon ke dalam segelas air dan tambahkan sedikit madu ke dalamnya. Ini adalah obat yang enak dan anak-anak tidak akan benar-benar menolak obat buatan sendiri ini! Ini juga meredakan batuk dan pilek.

11. Balsem Mentol

Obat pilek alami untuk bayi yang selanjutnya adalah balsem mentol. Penting untuk tidak menggunakan balsem mentol atau eukaliptus untuk bayi di bawah usia dua tahun.

Ramuan balsem biasa akan terlalu pekat untuk bayi, sehingga memaksa tubuh memproduksi lebih banyak lendir untuk melindungi dirinya dari intensitas tersebut. Namun, untuk setiap bayi di atas dua tahun, seseorang dapat menggunakan balsem biasa

Jika Moms atau Dads masih ingin menggunakan vapor rub untuk Si Kecil, bicarakan dengan dokter anak. Dia mungkin dapat merekomendasikan produk gosok yang dibuat khusus untuk anak kecil.

Produk ini mengandung petrolatum, minyak, dan kayu putih (tetapi tidak mengandung kamper atau mentol).

Jika lebih suka menggunakan produk tanpa minyak bumi atau paraben, maka dapat mempertimbangkan untuk menggunakan balsem uap alami. Ini tersedia di toko ayurveda atau online. Balsem ini biasanya dibuat dengan lidah buaya, herba, minyak, dan minyak esensial.

Meski begitu, gunakan produk alami apa pun hanya setelah memeriksakan diri ke dokter karena beberapa dengan bau yang kuat dapat memperburuk mengi.

12. Banyak Istirahat

Obat pilek alami untuk bayi, Foto : Orami Photo Stock

Foto: Orami Photo Stock

Obat pilek alami untuk bayi yang selanjutnya adalah banyak istirahat. Dibutuhkan energi untuk melawan infeksi, dan itu bisa melelahkan anak. Istirahat membantu anak Anda mendapatkan kembali energinya dan menyembuhkannya.

Stres terkadang juga berperan dalam penyakit. Jika Si Kecil berada di bawah tekanan, mungkin karena sekolah atau teman, atau sesuatu yang terjadi di rumah, memberinya waktu istirahat mungkin yang dia butuhkan untuk melawan gejalanya.

Jika anak tidak ingin beristirahat di tempat tidur sepanjang hari, perubahan pemandangan dapat membantu. Jika cuaca bagus, Anda bisa menyiapkan tempat yang nyaman di balkon, beranda untuk Si Kecil beristirahat. Namun, jangan tinggalkan dia tanpa pengawasan.

Di dalam ruangan, buat sesuatu yang lebih menyenangkan daripada tempat tidurnya, seperti tenda di tempat nyaman di dekat. Atau mungkin, dia menikmati waktu di ayunan dalam ruangan atau kursi goyang.

Jika anak kesulitan untuk beristirahat, bantu dia dengan membaca beberapa buku. Ajari dia beberapa lagu anak-anak atau bacakan cerita untuknya.

Baca Juga: 21+ Manfaat ASI bagi Bayi dan Moms, Luar Biasa!

Hubungi dokter jika Si Kecil pilek disertai demam lebih dari 38 derajat, sakit dada, kesulitan bernapas, muntah, kelesuan atau penurunan frekuensi buang air kecil atau bahkan jika gejalanya menetap lebih dari 10 hari.

Ini hanyalah beberapa cara pengobatan pilek alami untuk bayi. Cobalah mereka alih-alih obat bebas. Mereka akan merasa lebih baik dalam waktu singkat. Selamat mencoba, Moms dan Dads!

Artikel Terkait