KEHAMILAN
29 Mei 2020

3 Obat Rumahan untuk Mengatasi Pusing Saat Hamil

Pusing merupakan keluhan yang biasa dirasakan ibu hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Phanie Fauziah
Disunting oleh Dina Vionetta

Sakit kepala saat hamil akan mengganggu kenyamanan Moms. Menurut American Pregnancy Association, sakit kepala saat sedang hamil terjadi pada trimester pertama dan terakhir.

Saat Moms mengalami pusing di trimester pertama, terjadi lonjakan hormon dan peningkatan volume darah yang menjadi penyebab sakit kepala.

Sedangkan di trimester ketiga, sakit kepala dikaitkan dengan postur tubuh yang semakin bertambah dan preeklampsia atau tekanan darah yang tinggi saat hamil.

Baca Juga: Perbedaan Sakit Kepala dan Migrain pada Anak

Obat Rumahan Pusing Saat Hamil

Berikut Ini merupakan obat rumahan pusing saat hamil yang bisa Moms ikuti.

1. Akupuntur dan Akupresur

3 Obat Rumahan untuk Mengatasi Pusing Saat Hamil.jpg

Foto: mattbeigle.com

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Integrative Medicine, akupuntur merupakan salah satu tindakan yang dapat meredakan sakit kepala.

Akupuntur merupakan perangsangan titik akupuntur dengan menggunakan jarum halus yang dilakukan oleh seorang ahli.

Sedangkan akupresur dapat dilakukan sendiri, hanya saja tidak bisa melakukannya di semua titik tubuh.

Teknik akupuntur dan akupresur dilakukan berdasarkan prinsip bahwa seluruh organ dalam tubuh dikontrol dengan sistem aliran energi atau biasa disebut dengan qi.

Jika aliran energi dalam tubuh seimbang, maka seseorang dapat dikatakan sehat.Kedua teknik ini dilakukan dengan cara menstimulasikan titik-titik tertentu pada tubuh hingga mencapai sistem saraf.

Akupuntur dan akupresur memiliki banyak manfaat seperti membuat seluruh otot tubuh rileks, mengurangi rasa mual dan muntah, menstabilkan tekanan darah, dan pastinya mengurangi rasa sakit kepala saat hamil.

Jika Moms ingin melakukannya sendiri, Moms bisa memilih akupresur untuk obat rumahan pusing saat hamil. Ada titik akupresur yang dinamakan zhong zhu. Titik ini terletak di belakang buku-buku jari, antara jari manis dan kelingking.

Moms dapat menekan kuat titik ini sambil memijatnya selama kurang lebih 5 hingga 5 detik. Titik ini akan mengurangi sakit kepala yang muncul tiba-tiba.

Selanjutnya, titik nei guan yang berada di bawah pergelangan tanganmu. Letakan 4 jari di titik tersebut, pijat secara perlahan selama 4 hingga 5 detik untuk mengatasi rasa mual saat hamil, mual karena mabuk, dan sakit kepala. Moms juga dapat memijat antara pangkal ibu jari dan jari telunjuk selama 4 hingga 5 detik untuk meredakan sakit kepala dan stress.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Sakit Kepala saat Hamil, Yuk Coba!

2. Bach Flower Remedies

3 Obat Rumahan untuk Mengatasi Pusing Saat Hamil 2.jpg

Foto: bachcentre.com

Sejak dahulu, sekuntum bunga dipercaya memiliki banyak manfaat yang baik dengan berbagai pemanfaatannya. Salah satunya melalui terapi Bach Flower Remedies.

Dikutip dari BMC Complementary and Alternative Medicine, sistem penyembuhan yang dikembangkan oleh Edward Bach ini memiliki basis energi yang dapat menyeimbangkan kondisi mood dan mental menjadi lebih bahagia.

Edward Bach adalah seorang dokter yang juga ahli bakteri di Inggris. Ada 38 jenis bunga yang mampu menangani jutaan kondisi batin manusia selama 19 tahun penelitiannya.

Terapi ini juga dipercaya dapat mengatasi pusing saat hamil.

Jika Moms mengalami pusing yang berhubungan dengan sesak napas dan kecemasan, Moms bisa memilih terapi Bach Flower Remedies.

Moms dapat melakukannya dengan membeli produk di toko pengobatan holistik. Namun, Moms juga dapat membuat racikannya sesuai dengan petunjuk buku yang ditulis oleh Bach.

Menanam bunga-bunga yang direkomendasikan juga dapat Moms lakukan. Jika sudah berbunga, celup bunga ke dalam mangkuk kaca berisi air, jemur di bawah panas matahari selama 3 jam atau Moms dapat menggodok dengan api kecil selama setengah jam.

Tambahkan pengawet berupa cairan brandy atau cuka apel, simpan di dalam botol kaca. Jika tidak ingin meminumnya, Moms dapat menggosokan di pelipis atau pergelangan tangan.

Baca Juga: 8 Makanan yang Bisa Memperparah Sakit Kepala, Ayo Hindari!

3. Homeopati

3 Obat Rumahan untuk Mengatasi Pusing Saat Hamil 3.jpg

Foto: kinstacdn.com

Homeopati merupakan salah satu obat rumahan pusing saat hamil. Homeopati sudah digunakan ribuan tahun dan diresepkan sesuai gejala spesifik.

Diagnosis dan terapi homeopati bergantung pada gejala yang dirasakan. Terapi ini mencari apa yang menyebabkan gejala tersebut muncul.

Dikutip dari National Health and Medical Research Council, terapi ini baik dilakukan ibu hamil karena memiliki obat-obatan yang tergolong encer dan disukai ibu hamil dibandingkan dengan bentuk obat tablet, serta tersedia dalam berbagai potensi.

Homeopati tidak memiliki efek samping, bahkan bisa mengonsumsinya bersamaan dengan obat-obatan konvensional.

Guna menyembuhkan tubuh, terapi ini bekerja mengikuti kekebalan alami. Terapi ini memili manfaat seperti menangani masalah konstipasi, mengatasi morning sickness, menangani heartburn, menangani kecemasan, bahkan mengatasi pusing saat hamil.

Jika Moms belum pernah melakukan terapi ini, ada baiknya Moms dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Itulah berbagai obat rumahan sakit kepala saat hamil yang bisa Moms coba. Semoga cepat reda, ya, Moms!

Baca Juga: Membedakan Macam-Macam Sakit Kepala dan Gejalanya

Artikel Terkait