DI ATAS 5 TAHUN
10 Juni 2019

5 Obat Sakit Perut Alami untuk Anak

Berikan obat sakit perut alami ini sebagai pertolongan pertama
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Sakit perut termasuk keluhan yang cukup umum dialami anak-anak, terutama di rentang usia 4-8 tahun. Penyebabnya antara lain, keracunan makanan, sembelit, hingga stres.

Nah, supaya Moms tak panik saat Si Kecil mengeluh sakit perut dan anak pun bisa segera ditangani keluhannya, siagakan obat sakit perut alami di rumah.

Apa saja? Ini dia pilihan obat sakit perut alami untuk anak, seperti dikutip dari parenting.firstcry.com.

Baca Juga: 6 Cara Mengobati Asma secara Alami

1. Minuman Jahe

Obat Sakit Perut Alami untuk Anak 1.jpeg

Foto: Pexels

Jahe mengandung antioksidan kuat yang disebut gingerol yang dapat membantu mengurangi pembentukan radikal bebas serta kerusakan yang disebabkan oleh infeksi perut. Selain itu, jahe juga bermanfaat untuk mengobati rasa mual ketika Si Kecil sakit perut.

Jahe juga mengandung anti inflamasi dengan cara meningkatkan cairan pencernaan dan menetralkan asam lambung. Tidak heran, jahe menjadi salah satu obat sakit perut alami yang paling efektif.

Ketika Si Kecil mengeluh sakit perut, Moms dapat memberi teh jahe buatan sendiri kepadanya, atau memasukkan jahe ke dalam makanan seperti sup ayam.

2. Kompres Air Hangat

Obat Sakit Perut Alami untuk Anak 2.jpg

Foto: Parents.com

Air hangat juga bisa jadi obat sakit perut alami lho Moms. Isi botol dengan air hangat dan kompres perut Si Kecil dengan cara meletakkan botol tersebut di sekitar perut yang sakit. Tekanan panas yang diberikan, bisa membuat perut terasa lebih rileks dan tidak tegang.

Tidak hanya itu, dikutip dari Parents.com, Robyn Strosaker, M.D., dokter spesialis anak dari Rainbow Babies & Children's Hospital di Cleveland, menyebutkan bahwa sensasi panas juga akan meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit yang bisa mengurangi rasa sakit yang timbul di perut.

Baca Juga: 8 Obat Sakit Kepala dari Bahan Alami

3. Yogurt

Obat Sakit Perut Alami untuk Anak 3.jpg

Foto: Eatingwell.com

Obat sakit perut alami lainnya adalah yogurt. Yogurt efektif untuk mengatasi kram perut. Yogurt memang sudah lama dikenal sebagai makanan penyembuhan yang populer untuk diare.

Berkat yogurt, usus memiliki bakteri baik yang membantu pencernaan. Dan ketika usus diserang oleh bakteri jahat atau virus yang menyebabkan sakit atau diare, bakteri baik akan melawannya.

Untuk membantu mengatasi sakit perut Si Kecil, Moms cukup menyuapinya yogurt, polos tanpa perlu memberikan tambahan gula atau topping apapun.

4. Air Lemon Hangat

Obat Sakit Perut Alami untuk Anak 4.jpeg

Foto: Pexels

Obat sakit perut alami lainnya adalah air lemon hangat. Air lemon hangat bisa jadi salah satu cara untuk mengatasi sakit perut.

Sifat asam dari buah yang satu ini akan membantu saat Si Kecil mengalami kesulitan dalam mencerna makanan. Ini karena air lemon merangsang produksi asam untuk membantu pemecahan makanan dan melancarkan pergerakan makanan.

Moms cukup memeras setengah buah lemon ke dalam segelas air hangat dan tambahkan sedikit gula atau madu. Dan sebagai bonus tambahan, air lemon sangat cocok untuk mengatasi dehidrasi jika Si Kecil diare.

Baca Juga: 6 Cara Alami Obati Batuk Pada Balita

5. Teh Peppermint

Obat Sakit Perut Alami untuk Anak 5.jpeg

Foto: Pexels

Teh peppermint bisa menjadi salah satu obat sakit perut alami buat Si Kecil. Ini karena peppermint mengandung mentol, salah satu kandungan yang berperan sebagai analgesik alami.

Mentol sendiri adalah salah satu bahan alami yang efektif untuk mengatasi rasa mual, menjaga kesegaran napas, dan membantu menenangkan otot-otot perut.

Si Kecil mungkin tidak terlalu menyukai rasanya yang sedikit pedas dan panas. Tapi Moms bisa menyiasatinya dengan menyajikannya dingin, dengan cara diletakkan selama 15-30 menit di dalam kulkas.

Itulah beberapa obat sakit perut alami yang dapat membantu menghilangkan sakit perut tanpa menggunakan obat-obatan kimiawi. Selalu siapkan di rumah ya Moms!

(VAN)

Artikel Terkait