KESEHATAN
19 November 2019

Obesitas adalah Penyakit, Benarkah? Ini Penjelasan Ahli!

Obesitas termasuk penyakit kronis dan berkaitan dengan penyakit kronis lain
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Kelebihan berat badan atau obesitas merupakan salah satu penyakit yang cukup familiar. Ya, obesitas adalah penyakit bukan suatu gangguan atau kelainan kesehatan. Hal tersebut ditetapkan oleh American Medical Association (AMA) pada 2013.

Sebelumnya pada 1998, National Institutes of Health telah membuat pernyataan yang serupa dan The Obesity Society pada 2008.

”Akan tetapi karena AMA dipandang paling berpengaruh, maka pernyataan AMA tersebut diharapkan dapat berpengaruh secara signifikan terhadap kebijakan perawatan kesehatan, mencakup asuransi, industri, dan pembuat undang-undang," jelas Howard Rosen, MD, ahli endokrinologi yang berbasis di Kansas.

Baca Juga: Obesitas Orang Tua Bisa Diturunkan ke Anak, Mitos Atau Fakta?

Apa yang Menjadikan Obesitas adalah Penyakit?

obesitas adalah penyakit

Foto: ormc.org

Ketika memutuskan obesitas adalah penyakit, AMA mempertimbangkan aspek manfaat bagi pasien.

”Dengan mengakui obesitas sebagai penyakit akan ‘mengurangi bias berat badan’ dan meningkatkan kesehatan bagi jutaan orang. Artinya, mahasiswa kedokteran akan mendapatkan pelatihan tentang apa itu obesitas yang kemudian berkaitan dengan perawatan terbaik untuk menanganinya," kata Ethan Lazarus, MD, perwakilan Obesity Medical Association.

Selain itu, dalam editorial 2014, Dr. Rosen menyebutkan terlepas dari kontroversi obesitas adalah penyakit, ‘label’ obesitas adalah penyakit diharapkan akan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kesehatan dan dukungan finansial mencakup asuransi untuk pengobatan obesitas.

”Saya percaya bahwa menetapkan obesitas sebagai suatu penyakit akan terus menjadi penyebutan yang tepat,” ujar Dr. Rosen ketika dihubungi Livestrong.com pada Oktober 2019.

Obesity Medicine Association dalam Obesity Algorithm mendefinisikan obesitas sebagai penyakit kronis, kambuh, multi-faktorial, dan neurobehavioral, di mana peningkatan lemak tubuh meningkatkan disfungsi jaringan adiposa dan kekuatan fisik massa lemak abnormal yang mengakibatkan konsekuensi kesehatan metabolik, biomekanik, dan psikososial.

Menurut Merriam Webster, penyakit adalah suatu kondisi yang merusak fungsi normal dan biasanya dimanifestasikan oleh tanda dan gejala yang berbeda.

Baca Juga: 4 Dampak Jangka Panjang Obesitas terhadap Kesehatan yang Perlu Diwaspadai

Berkaitan dengan Penyakit Kronis

obesitas adalah penyakit

Foto: medicalnewstoday.com

American Medical Association menyebut obesitas adalah penyakit kronis. Menurut Centers for Disease Control and Prevention, penyakit kronis adalah penyakit yang berlangsung satu tahun atau lebih dan memerlukan perhatian medis yang berkelanjutan atau membatasi kegiatan hidup sehari-hari.

Selain itu, obesitas juga berkaitan dengan penyakit kronis lainnya, penyakit jantung, kanker, dan diabetes tipe 2. Centers for Disease Control and Prevention juga menyebutkan penderita obesitas memiliki risiko kesehatan yang serius, termasuk semua penyebab kematian, hipertensi, diabetes mellitus, penyakit jantung koroner, stroke, dan banyak kanker.

Baca Juga: Pria Obesitas Susah Punya Keturunan, Ini Alasannya!

Meski tidak selalu karena banyak makan dan kurangnya aktivitas, dengan mengetahui obesitas adalah penyakit perlu mendapat perhatian penting. Jadi, yuk hidup lebih sehat dengan berusaha menjaga berat badan.

(SWN)

Artikel Terkait