RESEP
10 Oktober 2019

4 Olahan Gandum yang Mudah Dibuat di Rumah

Makanan-makanan yang terbuat dari gandum ini sangat sehat untuk anak dan keluarga
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms pasti tahu tentang roti gandum, nah bahan utama pembuat roti adalah gandum. Gandum utuh merupakan jenis karbohidrat dan serat yang bisa memenuhi kebutuhan energi. Sangat baik jika dikonsumsi di pagi hari. Makanya banyak orang yang menjadikan roti sebagai bahan untuk sarapan.

Gandum saja sebenarnya bisa diolah dan dikreasikan menjadi berbagai menu yang lezat lho. Memang belum banyak orang yang tertarik, namun tidak ada salahnya kita jadi yang pertama mencoba kan.

Baca Juga: Oat, Gandum, dan Granola, Apa Sih Bedanya?

Selain bisa menciptakan makanan yang enak, gandum juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh, serta mengobati berbahai jenis penyakit. Apa saja menu olahan gandum? Lihat di bawah ini yuk.

1. Tortilla Gandum

olahan makanan dari gandum

Foto: detik.com

Olahan gandum yang pertama adalah tortilla. Makanan ini merupakan roti tipis yang umumnya terbuat dari jagung giling atau gandum tanpa tambahan ragi. Biasanya tortilla hanya terbuat dari jagung giling saja, namun seiring berjalannya waktu, banyak yang mengkreasikan.

Jadi Moms sekarang bisa dengan mudah membuat tortilla gandum hanya dengan menggunakan tepung gandum saja. Mudah kan Moms?

2. Mie Gandum

olahan makanan dari gandum

Foto: brilicious.brilio.net

Jika Moms ingin membuat olahan gandum untuk anak-anak dan kelurga, mie gandum merupakan pilihan yang tepat sekaligus sehat karena bebas dari MSG dan pengawet. Terlebih lagi anak-anak sangat menyukai menu makanan berupa mie ini.

Baca Juga: 7 Alasan Mengapa Mie Instan Tidak Baik Untuk Anak

Mie gandum ini menyehatkan karena mengandung banyak serat yang tinggi dan protein yang juga tinggi. Jadi jika Moms sering memberikan anak mie instan, gantilah mie tersebut dengan mie gandum yang pasti lebih sehat.

3. Sereal

olahan makanan dari gandum

Foto: zhenskoe-mnenie.ru

Salah satu olahan gandum yang juga terkenal adalah sereal. Di berbagai supermarket, memang banyak sekali dijual sereal, jadi Moms bisa dengan mudah memilih produk sereal favorit lalu di kreasikan menjadi berbagai makanan

Sereal memiliki rasa yang lezat dan juga sangat disukai oleh anak-anak. Bisa juga dijadikan sebagai sarapan untuk menambah energi anak di pagi hari lho.

Moms bisa coba membuat biskuit dari sereal, atau sekedar dijadikan sebagai makanan sereal biasa yang ditambahkan dengan susu saja. Pasti enak!

4. Pizza Gandum

olahan makanan dari gandum

Foto: bbcgoodfood.com

Mneu olahan gandum lainnya adalah pizza. Menikmati pizza dari bahan tepung, mungkin sudah biasa. Sebagai inovasi baru, ada baiknya Moms coba membuat pizza gandum.

Tidak perlu membuat adonan pizza dari awal, Moms bisa menggunakan roti gandum sebagai bahan dasar rotinya.

Baca Juga: Resep Pizza Tanpa Oven, Siap dalam 20 Menit!

Sebagai bahan dasar rotinya, coba haluskan roti gandum, lalu campur dengan susu dan minyak sayur secukupnya. Lalu tambahkan fermipan dan uleni. Diamkan selama 30 menit dengan ditutup kain basah.

Jika sudah jadi, Moms tinggal menambahkan topping sesuai dengan makanan kesukaan Si Kecil. Wah, pasti anak akan senang.

Itulah beberapa menu olahan gandum yang bisa Moms coba di rumah. Selamat mencoba!

Artikel Terkait