RESEP
24 Mei 2019

Olahan Petis Nikmat untuk Berbuka Puasa di Rumah

Ayam goreng dicocol sambal petis, duh nikmatnya!
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Petis adalah salah satu komponen masakan khas Indonesia yang berasal dari beberapa daerah di pulau Jawa, seperti Sidoarjo, Semarang, Cirebon, Boyolali, sampai Madura.

Tentunya ada perbedaan petis dari masing-masing daerah, seperti petis dari Sidoarjo dan Cirebon yang lebih cenderung berwarna cokelat karena lebih banyak kandungan udang kecilnya (rebon). Lalu ada petis dari Boyolali yang terbuat dari sisa rebusan daging dendeng atau abon.

Sedangkan petis dari Semarang yang mempunyai rasa manis dan mempunyai warna hitam yang lebih pekat. Atau petis dari Madura yang terbuat dari ikan tuna atau cakalang dan memiliki rasa pedas karena ada campuran cabai di dalamnya.

Meskipun berbeda-beda, tapi soal rasa, petis tidak ada duanya. Cukup banyak menu olahan petis yang bisa membuat moms ketagihan.

Nah, di bulan Ramadan ini Moms juga bisa lho membuat sendiri masakan berbuka puasa dengan olahan petis dari berbagai daerah ini. Apa saja? Simak ya Moms!

Baca Juga: Yuk Bikin 3 Olahan Kentang Ini untuk Camilan Akhir Pekan!

1. Sambal Petis

Resep-Cara-Membuat-Sambal-Petis-Segar.jpg

Foto: makanajib

Salah satu masakan olahan petis adalah sambal petis. Moms bisa membuatnya sendiri di rumah sebagai pelengkap makanan utama agar menjadi lebih nikmat.

Siapkan petis sebanyak lima sendok makan, cabai rawit yang sudah dipotong-potong. Haluskan lengkuas, daun salam, daun jeruk, air asam jawa, garam, dan minyak goreng untuk menumis. Moms bisa menambahkan santan jika mau, tetapi kalau tidak bisa diganti air putih saja.

Sambal petis cocok dinikmati bersama ayam goreng, ikan goreng, bebek goreng, dan masakan lainnya.

Baca Juga: Resep Semur Telur, Hidangan Praktis untuk Berbuka Puasa

2. Kangkung Petis

resep kangkung petis.jpg

Menu berbuka puasa yang merupakan olahan petis ini juga perlu Moms coba karena rasanya yang nikmat dan banyak disukai orang. Moms bisa menambahkan tahu Sumedang dan taoge rebus sebagai pelengkap saat menyantap kangkung petis ini.

Untuk membuat kangkung petis, Moms perlu menyiapkan petis, jeruk limau, dan bumbu yang sudah dihaluskan seperti cabai merah, cabai rawit merah, garam, terasi goreng, dan gula merah.

Baca Juga: Es Oyen, Takjil yang Manis Menyegarkan untuk Berbuka Puasa

3. Tahu Petis

16080128.jpg

Foto: wanitaindonesia

Berbuka puasa pakai yang hangat dan gurih tentunya nikmat ya Moms, salah satu pilihannya adalah membuat tahu petis sendiri di rumah.

Untuk membuatnya, tumis cabai merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan, serta serai yang sudah dimemarkan. Tambahkan petis dan sedikit air, tunggu sampai mendidih. Coba rasanya, jika masih kurang pas, Moms bisa menambahkan garam dan gula.

Belah tahu yang sudah digoreng dan isi dengan petis yang sudah dimasak tadi. Makan ketika masih hangat, duh nikmat lho Moms! Olahan petis satu ini dijamin akan membuat Moms ketagihan!

Semakin tidak sabar untuk berbuka puasa ya Moms? Nah, mumpung masih jam segini, yuk siapkan dan masak bahan-bahan untuk menu olahan petis di rumah. Selamat memasak!

Artikel Terkait