KESEHATAN
17 Februari 2019

Olahraga 10 Menit, Janjikan Tubuh Makin Sehat

Dengan olahraga selama 10 menit saja, tubuh Moms akan makin sehat dan bugar.
Artikel ditulis oleh Prita Apresianti
Disunting oleh Prita Apresianti

Tahukah Moms, siapa lawan terberat buat olahraga? Sudah pasti diri sendiri. Melawan rasa malas memang luar biasa sulitnya. Padahal, untuk memiliki tubuh yang sehat dan kuat, syaratnya tinggal menyisihkan waktu 10 menit untuk berolahraga.

Menurut David Atkinson, Director of Program Development in Cooper Aerobic Center, Dallas, olahraga akan meningkatkan level energi dan meningkatkan kadar serontonin di otak, yang mengarah pada peningkatan kejernihan mental. Tapi ingat. sebelum melakukan workout 10 menit yang efektif ini, Moms wajib mengisi perut. Tak perlu dengan sarapan porsi besar, karena menurut Grant Tinsey, Assistant Professor of Exercise Physiology at Texas Tech University, lemak yang dihasilkan dari sarapan Moms, bisa jadi sumber energi saat berolahraga.

Hip Dip Leg Lift

4 body teks health 10 minutes workout

Posisikan tubuh Moms tengkurap dengan bertumpu pada kedua lengan di depannya. Gerakan kedua lutut dan pinggul ke arah kiri. Setelah itu kembali pada posisi semula dan segera angkat kaki kiri ke atas. Lakukan 30 repetisi pada masing-masing kaki. Pastikan kaki Anda diangkat setinggi mungkin.

Baca juga : 7 Jenis Olahraga yang Bantu Persalinan Normal Lebih Lancar

Elbow Plank and Butt Lift

2 body teks health 10 minutes workout

Ambil posisi plank, gunakan siku sebagai tumpuan, dan letakkan bagian kaki kanan di atas kaki kiri. Setelah itu, angkat kaki kanan dan bentuk seperti sudut 90 derajat. Tahan dan turunkan secara perlahan. Lakukan 30 repetisi pada masing-masing kaki. Pastikan pinggul Anda tetap dalam posisi netral. 

Alternating Leg Plank

5 body teks health 10 minutes workout

Ambil posisi plank. Angkat kaki kiri hingga sejajar dengan pinggul. Lalu tekuk hingga membentuk sudut 90 derajat. Lakukan gerakan yang sama pada kaki kanan. Lakukan 30 repetisi pada masing-masing kaki. Pusatkan kekuatan pada perut Moms elama melakukan gerakan ini.

Baca juga : 3 Cara Mudah Olahraga Ringan di Kantor

Balancing Leg Kick

Masih dalam posisi plank, tekuk lutut kanan Moms ke arah atas hingga tumit menyentuh bokong. Tahan dengan tangan kiri, lalu lepaskan secara perlahan dan luruskan kaki ke belakang. Lakukan hal yang sama pada kaki kiri. Ulangi 30 kali pada masing-masing kaki. Gerakan ini mampu melatih keseimbangan. Setelah melakukan aktivitas yang melelahkan ini, minum juga ya.

Nah, tidak sulit kan referensi olahraganya. Yuk mulai jalankan, dengan teratur, demi tubuh yang makin sehat dan bugar, ya Moms

Artikel Terkait