BAYI
16 September 2020

4 Olahraga Bayi Ini Akan Membuat Si Kecil Tidur Nyenyak

Gerakkan olahraga bisa dilakukan untuk mendapatkan tidur nyenyak pada bayi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Amelia Puteri

Berapa banyak tidur yang didapat Si Kecil? Biasanya, Moms memberi perhatian lebih terhadap aktivitas fisik dan nutrisi untuk menunjang perkembangan dan pertumbuhan yang optimal.

Tetapi terkadang Moms tidak cukup memperhatikan waktu tidur bayi. Padahal, tidur yang cukup dan berkualitas memiliki dampak besar untuk bayi. untuk mengatasi hal ini, Moms bisa melakukan olahraga bayi.

Menurut sebuah studi dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), kurang tidur pada anak-anak dan remaja dikaitkan dengan peningkatan risiko obesitas, diabetes, cedera, kesehatan mental yang buruk, masalah perhatian dan perilaku, dan kinerja akademis yang buruk.

Sementara kebiasaan tidur yang buruk dapat membuat anak merasa terlalu lelah untuk aktivitas fisik.

Lalu, seperti apa bentuk olahraga pada bayi yang bisa dilakukan Si Kecil untuk memberikan tidur yang berkualitas? Cari tahu lebih lanjut di artikel ini ya, Moms.

Baca Juga: 7 Gerakan Olahraga Bersama Bayi di Rumah Saat Pandemi COVID-19

Jenis Olahraga Bayi untuk Tidur Berkualitas

Dalam sebuah studi di Selandia Baru dari The Cooper Institute, para peneliti melihat berapa banyak waktu yang diperlukan untuk anak-anak yang tidak aktif untuk tertidur dibandingkan anak-anak yang aktif.

Hasilnya, seorang anak yang bermain video game atau menonton TV sepanjang hari akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk tidur dan memiliki kualitas tidur yang lebih buruk, daripada seorang anak yang aktif bermain di siang hari.

“Bayi pun perlu merasa lelah di siang hari agar dapat tidur nyenyak di malam hari. Itu berarti, salah satu aktivitas yang harus dilakukan adalah berolahraga,” kata Anne Zachry, Ph.D., associate professor dan ketua departemen terapi okupasi di University of Tennessee Health Science Center.

Apa saja olahraga untuk bayi agar mendapatkan waktu tidur yang nyenyak?

1. Memperkuat Otot Perut

4 Olahraga Ini Akan Memudahkan Bayi untuk Tidur -1

Foto: Orami Photo Stock

Sebenarnya, olahraga bayi untuk tidur nyenyak yang ini tanpa disadari sering dilakukan. Olahraga untuk memperkuat otot perut bayi seperti tummy time sudah diperkenalkan bahkan sejak baru lahir.

Ternyata, gerakan tersebut dapat menjadi olahraga untuk bayi agar mendapatkan waktu tidur yang nyenyak.

Caranya, letakkan bayi di punggungnya dan menghadap ke arah Moms, baik di pangkuan atau di atas selimut. Sambil menopang bahu dan kepalanya dengan tangan Moms, perlahan-lahan angkat Si Kecil ke arah Moms.

"Setelah bayi bisa mengangkat kepalanya sendiri, Anda dapat memegang tangannya untuk menariknya ke posisi tegak," kata Anne mengutip Parents.

Lakukan ini secara berulang dengan waktu yang menyesuaikan usia bayi.

Baca Juga: Bayi Tidak Suka Tummy Time, Ini Penyebabnya dan Cara Mengatasinya!

2. Tingkatkan Kontrol Kepala

olahraga bayi

Foto: Orami Photo Stock

Sama seperti manfaat yang lain, ternyata selain otot perut, kontrol kepala juga terlatih berkat tummy time. Namun kali ini, Moms juga ikut serta saat berolah raga.

Gerakkan ini dapat dilakukan beberapa kali sehari dengan durasi yang disesuaikan.

Untuk melakukan gerakan olahraga bayi ini, baringkan bayi di perutnya di pangkuan, kemudian perlahan-lahan gerakkan kaki Moms ke atas dan ke bawah dan dari sisi ke sisi.

"Sedikit pergeseran akan memberikan tantangan yang sehat pada bayi untuk menjaga kepalanya," tambahnya.

3. Bantu Bayi Menggunakan Tangannya

4 Olahraga Ini Akan Memudahkan Bayi untuk Tidur -3.jpg

Foto: bounty.com

Untuk gerakan olahraga bayi ini, Moms bisa meletakkan bayi di bagian sisinya dengan kaki sedikit ditekuk ke depan di pinggul.

Moms mungkin perlu menyelipkan selimut yang digulung di belakang punggung untuk membantunya tetap di tempat.

"Posisi ini akan mendorongnya untuk menyatukan tangannya untuk melihat, mengisapnya, atau bermain dengan tangannya," kata dia.

Saat Si Kecil bermain dengan tangannya, gerakkan yang dilakukan bisa menjadi olahraga bayi untuk mendapatkan waktu tidur yang nyenyak. Lakukan gerakkan tersebut di kedua sisi badan bayi.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Anak Gemar Olahraga sejak Bayi, Yuk Coba!

4. Regangkan Lengannya

4 Olahraga Ini Akan Memudahkan Bayi untuk Tidur -4.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Ajak Si Kecil meraih lengannya dengan meletakkan mainan kecil di atas selimut di luar jangkauannya.

Moms juga dapat membaringkannya di berbagai posisi, seperti di samping, punggung, atau perut, untuk mendorong gerakan yang lebih luas.

Dengan cara ini, bayi akan belajar menggerakkan seluruh anggota tubuhnya. Ini akan membuatnya aktif dan menjadi olahraga yang efektif untuk bayi agar bisa tidur nyenyak.

Itu dia Moms, rekomendasi gerakan olahraga bayi yang bisa dilakukan untuk bayi agar Si Kecil bisa tidur nyenyak. Selamat mencoba.

Artikel Terkait