BAYI
16 Maret 2020

4 Olahraga Penting untuk Bayi, Mudah Banget!

Olahraga bayi sederhana ini membantu Si Kecil tumbuh besar dan kuat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Dengan tubuhnya yang mungil, Moms mungkin melihat bahwa bayi lebih banyak menghabiskan waktu dengan berbaring. Namun ternyata, bayi juga berolahraga setiap hari lho.

Misalnya saat bayi memukul sesuatu, menendang-nendang kakinya, atau menggeliat saat mengganti popok.

Olahraga bagi bayi penting untuk perkembangan motoriknya. Bayi membutuhkan otot yang kuat untuk mengangkat kepalanya, berguling, duduk, merangkak, hingga akhirnya dapat berjalan.

“Aktivitas fisik akan terbayar dalam bentuk tidur yang lebih nyenyak, rewel yang berkurang, dan bayi yang bahagia,” kata Meena Chintapalli, M.D., seorang dokter anak di San Antonio.

Baca Juga: 10 Manfaat Yoga untuk Perkembangan Bayi, Yuk Cari Tahu!

Olahraga Penting untuk Bayi

Pernahkah Moms mendengar tentang Container Baby Syndrome? Itu adalah kondisi saat bayi menghabiskan terlalu banyak waktu di kursi, kereta bayi, playpens, kursi bouncer, dan ‘wadah’ lainnya.

Hasilnya, ruang gerak bayi menjadi terbatas hingga dapat menyebabkan masalah seperti sindrom kepala datar, penurunan kekuatan otot, koordinasi yang buruk, ADHD, obesitas, dan banyak lagi.

"Semakin dini bayi, balita, dan anak-anak prasekolah bergerak dan berolahraga sehari-hari, semakin baik kemungkinan perkembangan yang sehat di kemudian hari,” jelas Jane Clark, PhD, profesor dan ketua departemen kinesiologi di University of Maryland.

National Association for Sport and Physical Education (NASPE) memiliki pedoman latihan untuk bayi. Dalam pedoman tersebut, bayi harus berinteraksi dengan orang tua dan aktif bergerak setiap hari untuk mengeksplorasi gerakan dan lingkungan.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk Moms mengajak bayi olahraga dengan latihan-latihan berikut. Intip yuk!

1. Tummy Time

Ini 4 Olahraga yang Mudah Dilakukan untuk Bayi Agar Tetap Bugar -1.jpg

Foto: Bellybelly.com

“Bayi Anda menghabiskan sebagian besar waktunya dengan mengandalkan otot perut saat tummy time. Ini juga akan membantu membangun otot-otot di leher, lengan, bahu, dan punggungnya,” kata Robert Pantell, M.D., penulis dari Taking Care of Your Child.

Menurut American Academy of Pediatrics, Moms bisa mulai mengajarkan tummy time kepada Si Kecil bahkan sejak hari pertama setelah pulang dari rumah sakit.

Saat tummy time, Moms bisa meletakkan bayi di atas selimut atau playmat di lantai sambil terus mengawasi gerakannya. Lakukan olahraga bayi ini mulai dengan tiga hingga lima menit dalam satu sesi.

Berinteraksilah dengan Si Kecil, misalnya dengan menunjukkan wajah lucu, bernyanyi, atau mengajaknya berbicara.

Secara bertahap lakukan tummy time setidaknya 20 menit setiap hari. “Cara itu akan membantu membangun otot yang bayi perlukan untuk berguling, duduk, dan akhirnya merangkak,” kata Robert.

Baca Juga: 5 Do's & Don'ts Saat Melakukan Yoga Bersama Bayi

2. Sit-Up

Ini 4 Olahraga yang Mudah Dilakukan untuk Bayi Agar Tetap Bugar -2.jpg

Foto: Workingmother.com

“Menarik bayi ke posisi duduk adalah cara lain yang baik untuk memperkuat otot-otot di bahu, lengan, dan punggungnya,” kata Steve Sanders, Ed.D., penulis buku Encouraging Physical Activity in Infants.

Saat Moms menarik bayi, Si Kecil secara alami akan melenturkan otot-otot perutnya dan belajar untuk untuk menjaga agar kepalanya selaras dengan tubuhnya, yang juga akan membantu memperkuat otot dan membangun keseimbangannya.

Saat bayi terlentang, pegang lengannya dan tarik dengan lembut ke arah Moms. Olahraga ini dapat dilakukan saat bayi berusia sekitar 6 minggu.

Saat kepala bayi terlihat tidak seimbang, Moms bisa membantu dengan meletakkan tangan di belakang bahu dengan tangan di belakang kepalanya.

“Latihan ini menyenangkan untuk bayi, karena dia semakin dekat dengan wajah Anda. Anda juga dapat membuatnya lebih bersemangat dengan memberinya ciuman setiap sit-up,” jelas Steve.

3. Gerakan Mengayuh Sepeda

Ini 4 Olahraga yang Mudah Dilakukan untuk Bayi Agar Tetap Bugar -3.jpg

Foto: Happyfamilyorganics.com

Biasanya, Moms menggerakkan kaki Si Kecil dengan gerakkan mengayuh sepeda adalah saat bayi mengalami gas berlebih. Ternyata, gerakkan ini juga bisa menjadi olahraga sederhana untuk bayi. Gerakkan tersebut dapat melatih kaki, pinggul, lutut, dan perut bayi.

Langkah ini akan membantu meningkatkan fleksibilitasnya. "Biarkan bayi tidur terlentang dan gerakkan kakinya dengan lembut dengan gerakan seolah-olah sedang mengayuh sepeda," kata Meena.

Buat suasana menyenangkan dengan bernyanyi atau membuat suara choo-choo atau vroom vroom. Ulangi gerakan ini tiga hingga lima kali, istirahat, dan kemudian ulangi. Teruskan olahraga ini selama bayi menunjukkan minat dengan tersenyum, melakukan kontak mata, dan menendang.

Baca Juga: 5 Pose Yoga yang Bisa Moms Lakukan Bersama Bayi

4. Gerakkan Kombinasi

Ini 4 Olahraga yang Mudah Dilakukan untuk Bayi Agar Tetap Bugar -4.jpg

Foto: Babystrollerlab.com

Coba baringkan bayi dengan rileks, kemudian ambil tangan bayi dan biarkan dia menarik diri. Setelah bayi dalam posisi duduk, arahkan bayi dengan lembut ke posisi berdiri. Kembalikan bayi ke posisi semula dengan lembut.

Ulangi kembali hingga posisi berubah dari berdiri menjadi duduk, lalu dari duduk ke berdiri. Moms bisa mengulangi gerakan tersebut sebanyak yang diinginkan bayi.

Selama melakukan olahraga tersebut, penting untuk membiarkan bayi memimpin, sehingga Si Kecil dapat benar-benar bergerak untuk memperkuat otot mereka.

Tak ada salahnya untuk mengabadikan momen bersama dengan bayi saat sedang olahraga Moms.

(FAR)

Artikel Terkait