3-5 TAHUN
18 Februari 2020

5 Jenis Olahraga Seru Bareng Anak

Buat tubuh Si Kecil jadi lebih bugar
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Olahraga adalah aktivitas menarik yang bisa dilakukan bersama anak. Selain meningkatkan bonding, dengan olahraga Si Kecil juga jadi lebih aktif dan memiliki badan lebih bugar.

Namun, dari sekian banyak olahraga yang ada, Moms dapat memilih jenis olahraga yang cocok dilakukan bersama Si Kecil yang tentunya aman dan tetap menyenangkan.

Berikut ini beberapa rekomendasi kegiatan olahraga yang menarik untuk dilakukan bersama anak dan keluarga.

Olahraga yang Bisa Dilakukan Bersama Anak

Tentunya agar anak bisa turut berpartisipasi, Moms perlu melakukan ragam olahraga yang menyenangkan dan tidak membosakan. Karena itu, sebaiknya hindari membawa Si Kecil ke tempat gym, misalnya.

"Olahraga harus menyenangkan. Daripada membuat mereka melakukan latihan yang membosankan, buat olahraga menjadi sebuah permainan bagi mereka," saran Heidi Powell, pelatih kebugaran mengutip Woman's Day.

Baca Juga: 4 Olahraga Terbaik untuk Anak Hiperaktif

1. Jalan-jalan Santai di Car Free Day

olahraga seru bareng anak-1.jpg

Foto: abc7.com

Kegiatan olahraga bersama anak yang paling sederhana adalah dengan berjalan-jalan santai di Car Free Day Jakarta. Kegiatan ini cocok terutama untuk anak yang usianya masih kecil.

Si Kecil dapat menghirup udara segar sembari puas bermain dan bergerak aktif di jalan raya ibu kota Jakarta tanpa adanya lalu lalang mobil yang mengganggu.

Selain itu, di Car Free Day Moms juga dapat menemukan acara menarik, salah satunya acara Fun Walk di Orami Special 7th Anniversary Birthday Bash, yang akan diadakan pada Minggu, 23 Februari 2020, dari jam 06.00 - 12.00 WIB.

orami fun walk fix

Di acara ini, Moms dapat mengikuti serangkaian acara menarik, mulai dari Zumba, Special Performance dari Yovie & Nuno, Quiz & Doorprize, hingga parade sirkus untuk Si Kecil.

Bagi Moms yang tertarik ikut bisa daftar melalui link ini, 900 pendaftar pertama berkesempatan mendapatkan door prize dan kaos dari Orami Parenting. Jangan lupa berkumpul di titik kumpul Sarinah, Thamrin, dan datang memakai baju warna pink ya, Moms.

2. Bersepeda Keliling Komplek

olahraga seru bareng anak-2

Foto: Orami Photo Stock

Jika keluarga Moms memiliki sepeda, maka salah satu kegiatan olahraga menyenangkan yang bisa dilakukan bersama Si Kecil yaitu dengan mengajak anak bersepeda mengelilingi komplek.

Bersepeda bisa dilakukan di pagi atau sore hari. Olahraga ini tidak hanya membuat Si Kecil bisa menghirup udara segar dan bersantai, tetapi juga membuat tubuh lebih bugar dan sehat.

Jangan lupa, pastikan Moms selalu memakai alat pelindung seperti helm dan pelindung kaki. Selain itu, sediakan botol air minum untuk anak ya, Moms.

Baca Juga: Anak Pintar Bersepeda dengan 5 Tips Berikut Ini

3. Lompat-lompat di Trampolin

olahraga seru bareng anak-3

Foto: Orami Photo Stock

Jika dilihat sekilas, trampolin mungkin hanya sekadar alat bermain bagi anak untuk bisa melompat tinggi. Tetapi, siapa sangka kegiatan menyenangkan ini dapat menyehatkan lho, Moms.

Bermain trampolin merupakan salah satu olahraga seru bareng anak lain, terutama cocok dilakukan pada anak yang aktif. Tidak terasa, Si Kecil akan berkeringat, membuatnya jadi lebih bugar.

Moms tidak perlu membeli trampolin atau halaman rumah yang luas untuk bisa melakukan olahraga ini. Cukup mengajak Si Kecil ke taman bermain trampolin yang sudah banyak tersedia.

4. Bermain Lompat Tali

olahraga seru bareng anak-4.jpg

Foto: verywellfamily.com

Kegiatan olahraga seru bareng anak selanjutnya adalah bermain lompat tali. Aktivitas fisik ini dapat melatih koordinasi pada anak, dan juga menguji kekuatan.

"Lompat tali adalah salah satu latihan paling mendasar tetapi kerap diremehkan. Meskipun bukan bentuk aktivitas fisik yang paling intens, tetapi diperlukan koordinasi yang baik untuk berlari sekaligus melompat," jelas Steve Ettinger, pakar kebugaran anak-anak.

Baca Juga: 5 Aktivitas Ini Meningkatkan Koordinasi Mata dan Tangan Balita

5. Latihan dengan Kerucut Lalu Lintas

olahraga seru bareng anak-5.png

Foto: athletesacceleration.com

Aktivitas ini bisa menjadi ide menarik, terutama dalam melatih kekuatan kaki Si Kecil. Kegiatan olahraga seru bareng anak ini tentunya patut dicoba.

"Latihan kaki adalah bagian penting dari setiap olahraga atau aktivitas fisik. Menggunakan kerucut lalu lintas dapat membantu anak-anak mengembangkan gerakan kaki, yang berkontribusi pada kesadaran dan kontrol tubuh mereka," jelas Ettinger.

Moms bisa meletakkan lima kerucut yang masing-masing berjarak 300 meter, dalam satu garis. Lalu, tuntun Si Kecil dengan pola langkah kaki yang bisa Moms tentukan sendiri. Misalnya, gerakan zig-zag.

Itu dia Moms, ide olahraga seru bareng anak yang bisa dilakukan untuk membuat Si Kecil menjadi lebih aktif.

Artikel Terkait