DI ATAS 5 TAHUN
16 Mei 2019

Olla Ramlan Ajarkan Anaknya yang Berusia 4 Tahun Puasa, Kapan Waktu yang Tepat untuk Anak Mulai Berpuasa?

Anak kedua Olla sudah mulai belajar puasa setengah hari di usia 4 tahun
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan

Mendidik anak sejak kecil adalah tugas orang tua, bukan hanya pendidikan formal namun juga budi pekerti dan juga agama.

Termasuk juga dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan, aktris cantik Olla Ramlan misalnya menyebutkan kalau anak-anaknya meski masih kecil sudah lancar berpuasa.

Olla menjelaskan jika putra sulungnya, Sean Michael Alexander, sudah bisa menjalankan ibadah puasa secara penuh sejak berusia 9 tahun. Sehingga pada Ramadan tahun ini, putranya tidak memiliki kesulitan untuk berpuasa di usia 13 tahun.

Anak keduanya, Aleena Naira Hana Hutapea juga sudah mulai belajar puasa Ramadan di usianya yang baru menginjak 4 tahun.

Olla berkata bahwa putrinya tersebut belajar untuk berpuasa setengah hari. Menurut Olla hal tersebut dapat dijadikan Aleena untuk pengalaman belajar berpuasa.

Kalau Moms mulai mengajarkan anak puasa dari usia berapa? Kalau mau tahu bagaimana cara yang tepat untuk anak mulai puasa, baca lengkapnya yuk!

Baca Juga: Harmonis, Begini 7 Potret Keluarga Olla Ramlan Saat Umrah

1. Menanamkan Identitas Muslim Sejak Kecil

1.jpg

Untuk anak-anak, Puasa Ramadan membutuhkan keterampilan ekstra karena pada awalnya, tentu tidak nyaman untuk menahan rasa lapar.

Berdasarkan Washington Post, puasa Ramadan menjadi salah satu cara untuk menanamkan identitas Muslim sejak kecil, karena agama Islam di beberapa tempat adalah minoritas.

Baca Juga: Tak Hanya Olla Ramlan, Para Selebritis Ini Juga Memberikan Hadiah Mewah untuk Asisten Rumah Tangga

2. Memberi Penghargaan Atas Kerja Keras Si Kecil

Tips_Menu_Sahur_Sehat_di_Bulan_Ramadhan.jpg

Jangan lupa memberikan penghargaan atas usaha Si Kecil yang belajar untuk menahan rasa lapar dan haus pada usaha pertamanya. Meski kecil, tentu hal ini akan sangat berarti bagi dirinya.

Lebih jauh di Amerika Serikat misalnya, misalnya, komunitas muslim di Washington dan Baltimore selama enam tahun terakhir mulai memasang 150 foto anak Muslim yang menjalankan ibadah puasa untuk pertama kali.

Selain untuk si anak, wajah mereka yang terpampang di surat kabar terbukti membuat bangga pula para orang tua.

Baca Juga: Beda Karakter Anak, Beda Pula Cara Mengajarkan Puasa

3. Tidak Ada Pakem yang Jelas untuk Anak-anak Berpuasa

shutterstock_276860054.jpg

Di dalam ajaran Islam, tidak ada patokan yang jelas soal kapan anak-anak harus belajar puasa. Yang pasti, saat anak tersebut telah sampai pada masa pubertas maka dia wajib menjalankan ibadah puasa.

Sementara itu, banyak orang tua yang mulai mengajarkan anaknya mulai berpuasa pada usia 7 hingga remaja akhir.

Banyak anak Muslim tampaknya mulai puasa sebagian atau penuh sekitar usia 10, di usia tersebut anak sudah bisa mengontrol dirinya sendiri dalam menjalani aturan-aturan puasa.

Sementara itu, ada pula anak-anak yang meski tidak sehari penuh menjalankan ibadah puasa namun tetap melakukan santap sahur. Beberapa anak merasa dewasa hanya dengan ikut bangun sahur bersama orangtuanya. Nah kalau moms, kapan sih mulai mengajarkan anak puasa?

(TPW/INT)

Artikel Terkait