KESEHATAN
16 Oktober 2019

Apa Semua Gigi Bungsu Harus di Operasi?

Jangan buru-buru operasi, tidak semua gigi bungsu harus di angkat lho
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Gigi bungsu adalah gigi terakhir yang didapatkan orang pada usia belasan atau awal dua puluhan.

Kadang-kadang gigi ini tidak menjadi masalah bagi mulut ketika tumbuh sehat dan sejajar, tetapi lebih sering, mereka tumbuh tidak sejajar dan membutuhkan pengangkatan/operasi.

Dilansir dari Mayo Clinic, pencabutan gigi bungsu adalah prosedur bedah untuk menghilangkan satu atau lebih gigi bungsu yang terletak di sudut belakang mulut Moms di bagian atas dan bawah.

Jika gigi bungsu tidak memiliki ruang untuk tumbuh (gigi bungsu impaksi), biasanya mengakibatkan rasa sakit, infeksi atau masalah gigi lainnya, Moms mungkin perlu mencabutnya. Operasi gigi bungsu dapat dilakukan oleh ahli bedah mulut.

"Entah rahang terlalu kecil atau gigi itu sendiri terlalu besar, Anda mungkin perlu melakukan operasi gigi bungsu supaya tidak merasakan sakit atau rasa kurang nyaman,” ujar Thomas Dodson, DMD, MPH, profesor bedah mulut dan maksilofasial di Sekolah Kedokteran Gigi Harvard.

Baca Juga: 4 Bahan Rumahan Ini Efektif Atasi Nyeri saat Gigi Bungsu Tumbuh

Berikut Orami Parenting akan merangkum apa saja alasan operasi gigi bungsu harus dilakukan:

Rasa Sakit

operasi gigi bungsu

Rasa sakit ini bisa dialami karena berbagai hal. Namun seringkali, rasa sakit muncul karena gigi bungsu ini tumbuh secara abnormal, seperti tumbuh miring ke arah pipi atau mendorong gigi depannya.

Jika hal ini dibiarkan lebih lanjut, maka Moms akan mengalami kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari, karena biasanya rasa sakitnya sungguh sangat mengganggu.

Pembusukan Pada Gigi Bungsu

operasi gigi bungsu

Operasi gigi bungsu mungkin harus dilakukan bila terjadi pembusukan. Posisi gigi bungsu yang keluar horizontal dan belum erupsi sepenuhnya memiliki risiko tinggi menyebabkan kerusakan pada gigi bungsu dan juga pada gigi di depan.

Hal ini biasanya karena sisa makanan menempel pada gigi yang tumbuh abnormal tapi sulit dibersihkan baik oleh sikat gigi maupun benang gigi.

Jika dibiarkan, maka akan terjadi pembusukan dan dapat menyebabkan rasa sakit pada kedua gigi. Jika sampai gigi di depan mengalami kerusakan juga, mungkin gigi tersebut perlu diperbaiki oleh dokter gigi setelah gigi bungsu dicabut.

Baca Juga: Ajak Si Kecil Merawat Gigi! Hindari 3 Penyebab Sakit Gigi Balita yang Tidak Diduga Ini

Muncul Kista di Sekitar Gigi Bungsu

operasi gigi bungsu

Kista gigi bisa menjadi sangat serius jika dibiarkan, dan dapat menyebabkan komplikasi yang lebih parah, disertai dengan rasa sakit yang hebat serta terasa sangat tidak nyaman.

Jika terdapat kista di sekitar gigi bungsu, maka operasi gigi bungsu perlu dilakukan, baru setelah itu dilakukan pengangkatan kista.

Gusi Bengkak

operasi gigi bungsu

Gusi yang bengkak dapat membuat kantong di antara gigi, hal ini yang membantu pertumbuhan bakteri dan terbentuknya gigi berlubang.

Jika hal ini terjadi, tentu akan menimbulkan rasa sakit yang parah dan membuat ketidaknyamanan jangka panjang karena bisa terus terjadi.

Beberapa dokter memang menyarankan untuk melakukan operasi gigi bungsu, karena sulitnya melakukan perawatan pada gigi bungsu.

Selain letaknya yang sangat jauh di belakang, membuat sikat gigi biasanya tidak dapat menjangkau dan membersihkan gigi tersebut secara maksimal.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Sakit Gigi Akibat Behel

Jika Moms sedang mengalami proses gigi bungsu keluar dari gusi dan menyebabkan rasa sakit atau bahkan keluhan lainnya, baiknya Moms langsung memeriksakan diri kepada dokter spesialis ya.

(DH)

Artikel Terkait