DI ATAS 5 TAHUN
10 Maret 2018

Orang Tua Merokok Berisiko Membuat Anak Merokok Sejak Remaja

Ternyata kebiasaan merokok dapat menurun pada anak.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Apakah Moms atau Dads memiliki gaya hidup yang kurang baik? Misalnya, jarang berolahraga, banyak makan junk food dan makanan instan, merokok, juga mengonsumsi alkohol.

Tahukah Moms, ternyata gaya hidup kita yang tidak baik dapat berpengaruh pada kondisi kesehatan anak kita, terutama kebiasaan merokok.

Baca juga: Tidak Merokok, Ibu Hamil Malah Pilih Vape. Bolehkah?

Gaya Hidup Diturunkan Orang Tua Kepada Anak

Sandy Tubeuf, profesor Health Economics di University of Leeds, Inggris melakukan riset pada 21.000 orang dari 13 negara untuk mencari tahu apakah gaya hidup orang tua memengaruhi kesehatan anak mereka, bahkan sampai anak dewasa.

Penelitian tersebut menunjukkan kalau orang tua merokok saat anak mereka masih kecil, anak itu kemungkinan besar akan merokok sejak usia remaja sampai dewasa nanti. Anak dari orang tua yang kecanduan rokok dan alkohol juga cenderung anak mengalami obesitas.

Selain melihat orang tua yang merokok, kebiasaan melibatkan anak pada aktivitas merokok juga dapat memengaruhi keinginan anak untuk merokok. Misalnya, meminta anak membeli rokok di warung, meminta anak mengambil rokok yang tertinggal di mobil, atau meminta anak menyalakan korek api untuk menyulut rokok.

Baca juga: Merokok Di Dekat Bayi, Apa Dampak Bagi Kesehatannya?

Menghentikan Kebiasaan Merokok

maxresdefault

Para peneliti membuktikan bahwa kebiasaan merokok diturunkan pada anak karena mereka terbiasa meniru apa yang orang tua lakukan.

Mereka melihat bahwa merokok dapat mengatasi stres yang dirasakan orang tua dan terlihat keren secara sosial, oleh sebab itu anak menganggap bahwa mereka juga anak merasakan hal-hal itu jika merokok.

Agar anak tidak merokok, orang tua tentunya terlebih dahulu perlu menghentikan kebiasaan merokok. Selain itu, jelaskan pada anak tentang bahaya merokok bagi kesehatan, penampilan, juga keuangan.

“Orang tua biasanya mengatakan kalau tidak suka jika anak mereka merokok, tapi tetap meneruskan kebiasaan merokok mereka. Jika orang tua tidak ingin anak mereka merokok, hal yang paling penting adalah menghentikan kebiasaan merokok mereka terlebih dahulu,” ujar Karl Hill, Ph.D., profesor di University of Washington Social Development Project.

Bagaimana Moms? Lebih baik hentikan kebiasaan merokok Moms dan Dads daripada anak jadi mengikuti kebiasaan tersebut.

(INT)

Artikel Terkait