PARENTING
11 November 2019

Orangtua Harus Meminta Maaf Dahulu Saat Berbuat Salah, Tak Perlu Gengsi!

Jangan biarkan Si Kecil tidak suka minta maaf ya Moms!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms, berbuat salah rupanya tak hanya dilakukan Si Kecil saja lho. Terkadang Moms atau Dads juga bisa berbuat salah.

Tak perlu gengsi ataupun malu mengakuinya, Moms hanya perlu meminta maaf jika Moms atau Dads berbuat salah. Pun dengan Moms dan Dads yang selalu mengajarkan Si Kecil berbuat hal demikian.

Namun, bagi sebagian Moms dan Dads, rupanya meminta maaf merupakan hal yang sulit dilakukan. Mengapa hal seperti demikian bisa terjadi?

Ternyata ada beberapa hal yang menyebabkan Moms dan Dads sulit meminta maaf. Padahal Moms dan Dads tak perlu gengsi atau meminta maaf terlebih dahulu.

Melansir dari Focusonthefamily, berikut beberapa alasan mengapa Moms dan Dads yang tak perlu gengsi meminta maaf terlebih dahulu:

1. Jangan Biarkan Si Kecil Tidak Suka Meminta Maaf

si kecil minta maaf

Foto: pixabay

Moms, jika Moms berbuat salah, yang harus dilakukan adalah meminta maaf.

Jika di keluarga Moms dan Dads tidak terbiasa meminta maaf, maka mulai sekarang biasakanlah meminta maaf, apalagi meminta maaf. Pun saat Moms atau Dads salah berbuat dengan hal-hal yang kecil.

Jika Moms tidak membiasakan akan hal itu, hal yang tidak diinginkan mungkin akan terjadi di kemudian hari. Si Kecil akan tidak suka meminta maaf, seperti yang Moms dan Dads terapkan.

Hal ini tentu saja akan berpengaruh pada kehidupan Si Kecil di kemudian hari.

Baca Juga: Bocah ini Tulis Permintaan Maaf yang Manis untuk Seorang Pelayan

2. Orangtua Juga Bukan Makhluk Sempurna

si kecil minta maaf

Moms, seperti halnya manusia biasa, orangtua bukanlah makhluk yang sempurna. Jika selama ini Moms dan Dads menerapkan prinsip pada Si Kecil bahwa orangtuanya merupakan makhluk yang sempurna, maka mulai sekarang tanamkan bahwa orangtua bukan makhluk yang sempurna.

Terkadang Moms dan Dads bisa berbuat salah pada Si Kecil, dan orangtua juga hatus mengakui itu. Tak perlu gengsi mengakui bahwa Moms dan Dads tidaklah sempurna. Jika Moms dan Dads dapat memberikan pemahaman pada Si Kecil, maka ia akan mengerti.

Baca Juga: Ini 4 Akibat Buruk Jika Memaksa Balita Untuk Meminta Maaf

3. Meminta Maaf Bukanlah Hal yang Memalukan

si kecil minta maaf

Moms, meminta maaf bukanlah hal yang memalukan. Orang yang meminta maaf tentu saja memiliki jiwa yang besar, dan Moms harus tunjukkan itu pada Si Kecil.

Tak perlu malu mengakui bahwa Moms dan Dads memiliki kekurangan akan suatu hal. Jika berbuat salah, maka yang harus dilakukan adalah meminta maaf.

Baca Juga: 4 Tips Mengajari Anak Minta Maaf

4. Orangtua Menjadi Rolemodel Bagi Si Kecil

si kecil minta maaf

Setiap orangtua pasti menjadi rolemodel bagi anak-anaknya. Si Kecil akan terus meniru perbuatan yang telah dilakukan orangtua, pun dengan sengaja maupun tidak.

Untuk itu, Moms harus mengajarkan kepada Si Kecil budaya meminta maaf, agar kelak Si Kecil juga tidak akan malu untuk meminta maaf terlebih dahulu. Tanamkan bahwa meminta maaf bukanlah hal yang berat untuk dilakukan.

Artikel Terkait