KEHAMILAN
11 Desember 2019

Moms, Cegah Osteopororsis Saat Hamil Dengan 4 Cara Berikut Ini

Ini rahasia tulang sehat, kuat, dan bebas osteoporosis di masa kehamilan.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms, apakah Anda mengalami sakit pada tulang belakang, pinggang, terlebih di kaki selama masa kehamilan? Dikutip dari website womenshealth.gov, salah satu penyebab Moms mengalami osteoporosis saat hamil adalah kurangnya jumlah kalsium yang diperlukan janin.

"Janin di dalam kandungan memerlukan banyak kalsium untuk membentuk tulangnya, jika kalsium yang ia terima tidak mencukupi maka mau tidak mau ia akan mengambil kalsium dari tubuh ibunya,” jelas Murray Favus, MD, direktur program tulang dan professor di University of Chicago, Amerika Serikat.

Penyebab Masalah Osteoporosis saat Hamil

Inilah yang menyebabkan Moms dapat mengalami osteoporosis saat hamil. Namun, Moms tak perlu khawatir karena sangat banyak hal yang bisa Moms lakukan untuk mencegah masalah osteoporosis saat hamil, termasuk 4 cara berikut ini.

Mengonsumsi Makanan Kaya Kalsium

hamil, kehamilan

Foto: parenting.firstcry.com

Meski janin akan terus mengambil kalsium yang dibutuhkan, tetapi alam berpihak pada Moms. Secara natural, saat hamil proses penyerapan kalsium dalam tubuh Moms akan bekerja lebih cepat dari biasanya.

"Tubuh seorang ibu hamil dapat merasakan peningkatan kebutuhan janinnya dan kebutuhan akan vitamin D. Ini membuat tubuh ibu hamil menyerap kalsium lebih cepat.” Jelas Ruth Frechman, ahli nutrisi dari American Dietetic Association, Los Angeles.

Oleh sebab itu, sangat disarankan agar Moms terus mengonsumsi makanan kaya kalsium, seperti susu, yoghurt, brokoli, kale, selada, bokcoy, bayam, ikan teri, telur, edamame, almond, tofu, dan jeruk. Pastikan Moms sudah cukup mengonsumsi kalsium setiap hari. Jumlah minimal yang wajib Moms penuhi adalah 1000-1300mg setiap harinya, ya.

Baca juga: 10 Makanan yang Mengandung Kalsium, Baik Dikonsumsi Ibu dan Anak

Berolahraga untuk Melatih Tulang

hamil, kehamilan

Foto: parents.com

Tak ada yang salah dengan berolahraga saat hamil apalagi berguna untuk masalah osteoporosis saat hamil. Dalam The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism bahkan para ibu hamil sangat disarankan untuk berolahraga ringan untuk tetap memperkuat tulang. Olahraga yang disarankan adalah mengangkat beban ringan selama 20 menit setiap hari.

Moms juga bisa jogging di taman, naik turun tangga, dan juga menari. Olahraga itu juga sekaligus melatih pernapasan Moms, lho. Untuk olahraga lainnya, pastikan Moms sudah berkonsultasi dahulu dengan dokter kandungan, ya. Hal ini untuk mengurangi risiko terjadinya patah tulang atau hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.

Berjemur Setiap Pagi

hamil, kehamilan

(Foto: quotabulary.com)

Tak hanya anak kecil, orang dewasa pun masih membutuhkan bantuan sinar matahari di pagi hari. Sinar matahari membantu tubuh Moms untuk memproduksi Vitamin D yang dapat membantu tulang jadi lebih kuat.

Mengonsumsi makanan yang kaya Vitamin D itu baik untuk masalah osteoporosis saat hamil, tetapi akan lebih baik jika Moms bisa menggabungkannya dengan berjemur sinar matahari setiap pagi.

Baca juga: Risiko Osteoporosis Ibu Hamil Lebih Tinggi, Benarkah?

Mengonsumsi Suplemen Tambahan

hamil, kehamilan

(Foto: babycenter.com)

Kalsium banyak dikandung di susu dan kacang-kacangan. Jika Moms alergi susu atau kacang maka tak perlu cemas. Moms bisa mengonsumsi suplemen kalsium untuk menambah jumlah kalsium yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Tentunya sesuai dengan rekomendasi dokter kandungan Moms, ya.

Baca juga: Harus Tahu! Ini Pentingnya Menambah Asupan Kalsium Bagi Ibu Hamil

Sudah tak cemas lagi, bukan Moms mengenai osteoporosis saat hamil?

ERN/KM

Artikel Terkait