KESEHATAN
28 Oktober 2019

Pahit tapi Mujarab, Ini 5 Manfaat Brotowali untuk Kesehatan

Meski rasanya pahit, tanaman ini punya banyak manfaat kesehatan
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Tanaman brotowali (Tinospora Cordifolia), atau bahasa Inggrisnya dinamakan giloy, adalah tanaman yang kerap diolah menjadi jamu karena dianggap berkhasiat.

Nyatanya, brotowali juga dijadikan sebagai ramuan Ayurvedic yang telah digunakan dan dianjurkan dalam pengobatan India selama berabad-abad.

"Batang brotowali memiliki banyak manfaat, tetapi akarnya juga dapat digunakan. Manfaat dan penggunaannya bahkan telah disetujui oleh FDA (Food and Drug Administration)", terang Anshul Jaibharat, ahli gizi berbasis di Delhi, mengutip Food NDTV.

Selain diolah menjadi jamu, tanaman brotowali biasanya dikonsumsi dalam bentuk jus, bubuk atau kapsul. Ketahui manfaat brotowali mengutip dari Food NDTV berikut ini.

Baca Juga: DIY Cara Membuat Jamu Penambah Vitalitas Pria

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Pengaruh demam terhadap janin - sumber republika.jpg

Dr. Ashutosh Gautam, ahli gizi di Delhi, mengatakan, "Brotowali adalah ramuan universal yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh".

Tanaman brotowali memiliki kandungan antioksidan yang melawan radikal bebas, menjaga sel-sel tubuh tetap sehat dan menyingkirkan penyakit.

Brotowali membantu menghilangkan racun, membersihkan darah, melawan bakteri penyebab penyakit dan juga memerangi penyakit hati dan infeksi saluran kemih.

"Brotowali digunakan oleh para ahli dalam mengobati kondisi terkait jantung, dan juga bermanfaat dalam mengatasi ketidaksuburan," terang Dr. Ashutosh.

2. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

efek samping cuka apel - masalah pencernaan.jpg

Selain itu, tanaman brotowali bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan.

"Brotowali sangat bermanfaat dalam meningkatkan kinerja pencernaan dan mengobati masalah terkait usus dan sembelit," kata Anshul.

Baca Juga: Ini Dia 4 Masalah Pencernaan Bayi yang Paling Umum Beserta Pengobatannya

3. Mengobati Demam Kronis

Lebih lanjut, Dr. Ashutosh mengatakan, "Brotowali membantu mengatasi demam berulang."

Tanaman ini dapat mengurangi tanda dan gejala beberapa kondisi yang mengancam seperti demam berdarah, flu babi, dan juga malaria.

4. Mengobati Arthritis

manfaat kunyit asam - meredakan nyeri sendi.jpg

"Brotowali mengandung sifat anti-inflamasi dan anti-rematik yang membantu mengobati radang sendi dan beberapa gejalanya," ungkap Dr. Ashutosh.

Untuk nyeri sendi, bisa mencampur bubuk dari batang brotowali dengan susu, rebus, dan langsung dikonsumsi. Tambah jahe untuk mengobati rheumatoid arthritis.

Baca Juga: Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati Radang Sendi

5. Mengurangi Gejala Asma

Sering Stres Hati-Hati Terkena Jenis Asma Ini! 01.jpg

Asma menyebabkan sesak dada, sesak napas, batuk, mengi, dll. Namun, konsumsi brotowali dapat mengurangi gejala asma yang berisiko.

"Mengunyah akar brotowali atau minum jus brotowali membantu penderita asma, dan cara ini sering direkomendasikan para ahli," terang Dr. Manoj K. Ahuja, radiologis dari Fortis Hospital, Delhi.

Itu dia Moms, manfaat kesehatan brotowali, terlepas memiliki rasa yang pahit dan tidak mengenakkan untuk dikonsumsi.

(AP/DIN)

Artikel Terkait