NEWBORN
18 September 2017

Panduan Memerah ASI di Kantor untuk Ibu Bekerja

Siapkan perlengkapannya dan rencanakan dengan baik agar memerah ASI dan bekerja bisa berjalan seimbang
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Setelah cuti melahirkan selesai, sebagian ibu harus kembali ke rutinitas kerja. Agar kebutuhan ASI si kecil tetap terpenuhi, ibu bekerja harus pandai-pandai mengelola waktu agar bisa memerah ASI tanpa membuat pekerjaan kantor terbengkalai.

Memang diperlukan perencanaan dan strategi khusus jika sudah berkomitmen memberikan ASI eksklusif meski bekerja. Tips ini bisa mempermudah Mama memerah ASI setiap hari di kantor:

Tempat Memerah ASI di Kantor

Mama perlu mencari tempat di mana Mama bisa bersantai sekaligus mempunyai privasi. Tempat kerja yang baik memiliki ruang laktasi/ruang menyusui/nursery room khusus. Namun, jika tidak ada, Mama mungkin bisa menggunakan ruang kosong atau musala. Toilet adalah pilihan terakhir.

Namun, kalau tempat kerja memungkinkan dan Mama merasa nyaman, memerah ASI di meja kerja sebenarnya bisa saja dilakukan agar Mama bisa melakukannya sambil bekerja. Tentu, dengan ditutupi apron menyusui.

Perlengkapan ASI Perah yang Perlu Dibawa

Mama juga bisa menyiapkan sabun cuci piring khusus bayi serta pemanas air elektrik untuk mensterilkan botol (jika tidak ada dispenser air panas) jika dirasa perlu.

Perencanaan Memompa ASI di Tempat Kerja

  • Cuci tangan sebelum memompa ASI.
  • Penggunaan double breastpump membutuhkan waktu sekitar 20 menit: 10-15 menit untuk memompa ASI dan 5 menit untuk membersihkan pompa ASI.
  • Waktu untuk membersihkan pompa ASI dapat dikurangi dengan membeli spare part pompa ASI tambahan. Mama dapat membersihkannya saat di rumah.

Perencanaan Penyimpanan ASI

  • Jika Mama menyimpan ASI di ruangan dengan temperatur 19-22 celcius, ASI dapat bertahan tanpa pendingin selama 6 - 10 jam.
  • Untuk mendinginkan ASI agar lebih tahan lama, gunakan cooler bag atau kulkas.

Sebaiknya Berapa Kali Memerah ASI di Tempat Kerja?

Mama bisa memerah ASI sebanyak 3 kali selama di tempat kerja. Memerah ASI bisa dilakukan setiap 3 jam sekali atau 2 jam sekali jika sedang ingin menaikkan pasokan ASI.

Selamat mencoba, Ma. Semoga Mama bisa mengimbangi pekerjaan dengan komitmen memberikan ASI, ya.

(EMA)

Artikel Terkait