2-3 TAHUN
12 Juli 2017

Panduan Singkat Etiket Pesta Ulang Tahun Untuk Balita

Mulai dari hadiah sampai sopan santun, ini panduannya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Sejak masuk preschool, balita Mama jadi sering diundang ke pesta ulang tahun? Sebagian besar orang tua mungkin akan merasa bingung saat undangan datang, karena khawatir si kecil nanti akan rewel, atau berkelahi dengan teman lain. Belum lagi memikirkan baju pesta dan hadiah yang sesuai.

Menjadi tamu pesta ulang tahun yang kalem dan berperilaku baik memang bukan sesuatu yang mudah bagi balita, apalagi saat dikelilingi banyak teman, keriaan, hadiah, dan kue! Supaya Mama dan balita bisa tenang saat akan menghadiri pesta ulang tahun, ikuti panduan ini ya.

1. Hadiah

Supaya lebih mudah dalam mengambil keputusan, Mama bisa tetapkan anggaran hadiah untuk setiap pesta ulang tahun anak yang akan dihadiri si kecil. Tidak masalah berapapun anggarannya, tapi pertimbangkan juga untuk bertanya pada orang tua anak yang berulang tahun mengenai hobi atau kesukaannya, agar hadiah jadi lebih berkesan.

Bagaimana kalau situasi keuangan di rumah sedang tidak memungkinkan untuk membeli hadiah ulang tahun? Mama bisa buatkan hadiah berupa setoples kue favorit yang dibuat sendiri di rumah, bingkai berisi gambar tokoh kartun kesukaan yang di print sendiri, atau kreasi hemat lainnya.

2. Pakai Baju Yang Nyaman

Saat ini sudah umum kalau pesta ulang tahun anak dirayakan dengan tema tertentu, dan setiap tamu undangan biasanya diminta untuk mengenakan baju atau kostum yang sesuai dengan <dresscode. Bila Mama merasa bahwa si kecil akan merasa tidak nyaman, lebih baik datang ke pesta ulang tahun dengan menggunakan baju rapi yang tetap terasa nyaman saat anak banyak bergerak.

Sebagai salah satu faktor yang membuat balita bisa menikmati acara pesta tanpa rewel atau tantrum, ada baiknya kalau Mama juga membawa baju cadangan.

3. Beri Pengertian

Karena tidak semua balita bisa segera mengerti bahwa yang ia datangi bukanlah pesta ulang tahunnya sendiri, sebaiknya Mama bicarakan dan beri pengertian sejak seminggu sebelumnya. Persiapkan anak agar tahu bahwa di pesta ulang tahun nanti hanya temannya yang boleh memotong kue, meniup lilin, dan membuka kado.

Hal ini wajib Mama lakukan supaya si kecil tidak jadi rewel atau tantrum dan mengganggu kelangsungan acara pesta ulang tahun.

4. Ingatkan Tentang Sopan Santun

Tentunya Mama sudah pernah mengajarkan sopan santun pada balita kesayangan kan? Sebelum berangkat, berikan gambaran singkat mengenai hal yang akan terjadi, serta ingatkan anak untuk selalu mengucapkan “Tolong” dan “Terima kasih” pada tuan rumah saat datang.

Misalnya: “Nanti kita akan memberikan hadiah ulang tahun pada Anna. Setelah mengucapkan terima kasih pada ibu Anna untuk undangannya, kamu bisa bermain dengan teman yang lain.”

5. Buat Rencana Darurat

Yang satu ini khusus untuk Mama. Jika balita rewel atau tantrum dan sulit untuk diredakan supaya tidak mengganggu acara, lebih baik segera ajak balita untuk pulang lebih awal. Segera bereskan barang anak lalu pamit dan beritahukan situasinya pada tuan rumah.

Jangan sedih, akan ada banyak kesempatan lain untuk melatih balita kesayangan Mama menjadi tamu pesta yang kalem dan berperilaku baik.

Jadi penasaran, bagaimana pengalaman Mama mengajak balita ke pesta ulang tahun?

(WA)

Artikel Terkait