PERNIKAHAN & SEKS
14 November 2020

15 Panggilan Suami Istri, Mulai yang Romantis hingga Islami dan Ala Drama Korea

Panggilan sayang untuk suami dan istri diperlukan untuk menjaga hubungan tetap manis. Di antara daftar berikut ini, mana yang Moms and Dads pakai?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dewi
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Daftar isi artikel

Di belahan dunia mana pun, Moms and Dads tentu sudah terbiasa mendengar seseorang memanggil pasangannya dengan julukan 'baby'. Sebagai bahasa internasional, julukan dalam bahasa Inggris ini pun diadaptasi juga oleh pasangan di banyak negara. Baby termasuk salah satu panggilan suami istri romantis juga di Indonesia.

Menurut Oxford English Dictionary, seperti yang ditulis oleh New Republic, kata 'baby' pertama kali digunakan pada abad ketujuh belas, sebagai panggilan romantis dan penuh sayang. Hingga kini 'baby' menjadi sapaan bagi pasangan atau panggilan suami istri romantis di seluruh dunia.

15 Panggilan Suami Istri

Selain 'baby', sebenarnya masih banyak kok panggilan suami istri yang bagus lainnya. Mengutip salah satu tulisan dari Brides.com, ada beberapa panggilan suami istri romantis yang bisa Moms and Dads pakai. Atau mungkin bahkan kalian sudah memakai salah satunya dari daftar berikut ini:

1. Babe

15 panggilan suami istri 1.jpg

Photo by Polina Zimmerman from Pexels

Termasuk panggilan suami istri romantis, 'babe' merupakan kata lain dari 'baby'. Sama seperti 'baby' kata ini juga berarti 'bayi'. Seperti yang kita semua tahu, bayi adalah sosok yang mungil dan diliputi kasih sayang. Seperti itu pula panggilan ini dimaksudkan.

2. Honey

Honey juga salah satu panggilan suami istri romantis. Dalam bahasa Indonesia, honey berarti madu, yang punya sifat manis dan lengket. Harapannya, dengan memanggil 'honey', pasangan akan lebih manis dan terus lengket satu sama lain.

3. Honey Bunny

Kalau panggilan suami istri romantis yang satu ini sih sama artinya dengan 'honey'. Hanya saja mereka menambahkan kata bunny yang terdengar mengandung rima dan enak diucapkan. Bunny sendiri artinya kelinci, yang identik dengan binantang lucu dan disayang banyak orang.

Baca Juga: Apa Manfaat Panggilan Sayang untuk Keharmonisan Hubungan?

4. Bear

15 panggilan suami istri 2.jpg

Photo by Lisa Fotios from Pexels

Panggilan suami istri romantis yang yang satu ini mungkin lebih banyak diberikan pada suami. Merujuk pada binatangnya, beruang memang tampak menggemaskan. Panggilan ini cocok untuk suami berbadan besar dan nyaman dipeluk. Apakah itu Dads?

5. Sweetheart

Yang satu ini adalah panggilan suami istri romantis dalam arti yang sesungguhnya. Dalam bahasa Indonesia, sweetheart berarti kekasih. Kadang Dads juga bisa menyingkatnya menjadi 'sweetie' untuk memanggil Moms. Sungguh romantis bukan?

6. Ayah dan Ibu

Dalam bahasa Indonesia panggilan suami istri yang baik salah satunya adalah ayah dan ibu, atau bisa juga bapak dan ibu. Panggilan ini sekaligus memberi contoh pada si kecil untuk juga memanggi Moms and Dads dengan sebutan itu.

Baca Juga: 5 Tips Memberikan Nama Panggilan Kesayangan untuk Anak

7. Mama dan Papa

15 panggilan suami istri 3.jpg

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Masih punya arti yang sama dengan poin sebelumnya, banyak juga pasangan yang punya panggilan suami istri yang baik seperti mama dan papa. Dengan panggilan ini, diharapkan anak-anak juga akan terbiasa memanggil orang tuanya dengan sebutan mama dan papa.

8. Sayang

Seperti artinya sesungguhnya, 'sayang' juga jadi salah satu panggilan suami istri romantis yang disebutkan dalam bahasa Indonesia. Kadang panggilan ini juga disebut sepenggal saja, 'yang'. Panggilan ini sama seperti panggilan suami istridalam bahasa Inggris yang sudah disebutkan di atas.

9. Mas dan Dik

Panggilan suami istri yang baik salah satunya adalah mas, atau abang, atau bahasa daerah apapun di Indonesia yang berarti kakak laki-laki. Dengan panggilan ini, Moms jadi terkesan hormat pada Dads. Meski mungkin tak banyak, tapi sampai kini masih ada pasangan yang memakainya.

Sedangkan untuk istri, biasanya sang suami memanggil dengan sebutan dik yang berasal dari kata adik. Diharapkan suami bisa berperan sebagai kakak juga dalam hubungan rumah tangga. Kakak laki-laki bertugas menjaga adik perempuannya dengan baik, bukan?

10. Abi dan Umi

15 panggilan suami istri 4.jpg

Gambar oleh Bessi dari Pixabay

Disebutkan dalam bahasa Arab, abi dan umi adalah salah satu panggilan suami istri dalam Islam yang paling sering dipakai. Abi yang berarti ayah dan umi yang berarti ibu, jadi panggilan suami istri yang baik juga untuk memberi contoh pada anak-anak bagaimana mereka harus memanggil orang tuanya.

11. Habibi dan Habib Albi

Masih juga dalam bahasa Arab, dua kata ini memang identik sebagai panggilan suami istri dalam Islam. Habibi sendiri artinya kekasih. Panggilan dalam bahasa Arab untuk menggambarkan kesayangan. Sedangkan seperti dilansir dari Language Drops, habib albi juga punya arti serupa, yaitu 'kekasih hatiku'.

12. Sodiqi dan Humaira

Mungkin jarang dipakai, tapi kata dalam bahasa Arab yang satu ini termasuk salah satu panggilan suami istri dalam Islam yang juga baik artinya. Sodiqi panggilan untuk Dads, yang artinya setia. Kata ini menggambarkan pasangan yang jadi teman seumur hidup.

Sedangkan Humaira merupakan panggilan sayang dari Nabi Muhammad SAW kepada istrinya, Siti Aisyah. Dalam bahasa Indonesia, humaira punya arti sebenarnya 'kemerah-merahan'. Kata ini dipakai untuk menggambarkan istri yang pipinya merona.

13. Yeobo

15 panggilan suami istri 5.jpg

Gambar oleh pmsjsj dari Pixabay

Belakangan ini, seiring makin maraknya drama Korea ditonton di Indonesia, panggilan suami istri romantis pun juga mengambil dari bahasa Korea. Beberapa pasangan yang mungkin gemar apapun tentang Korea, memanggil suami atau istri mereka dengan sebutan yeobo.

Yeobo sendiri punya arti sama dengan honey. Dalam bahasa Indonesia honey punya arti sesungguhnya sebagai madu, tapi kata ini juga bisa diartikan jadi 'sayang'. Yeobo bisa dipakai untuk memanggi dua belah pihak, baik itu Moms maupun Dads.

Baca Juga: 7 Serial Drama Korea Jadul yang Bikin Kangen Ingin Nonton Lagi

14. Aein

Yang satu ini juga panggilan suami istri romantis yang diambil dari bahasa Korea. Seperti yang ditulis Tripzilla, aein punya arti dalam bahasa Indonesia yaitu kekasih. Sama seperti Yeobo, panggilan ini juga netral, bisa dipakai untuk memanggil Dads maupu Moms.

15. Oppa

Nah, kalau yang ini bukan panggilan suami istri sih. Oppa hanya bisa ditujukan untuk Dads saja. Beberapa Moms, terutama yang suka nonton drama Korea, memanggil suaminya dengan sebutan oppa, yang berarti kakak laki-laki untuk adik perempuan.

Artikel Terkait