PERNIKAHAN & SEKS
26 Juni 2019

Para Suami Perlu Perhatian Pada Istri Saat Hamil, Ini Alasannya

Dampaknya juga sampai ke tumbuh kembang janin loh!
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Kehamilan adalah saat-saat yang menggembirakan bagi pasangan, tetapi juga bisa menjadi saat yang memprihatinkan, ketakutan, dan bahkan ketakutan bagi ibu hamil. Maka, banyak orang yang mengatakan bahwa ibu hamil diperhatikan suami adalah yang penting.

Dampak Ibu Hamil Diperhatikan Suami

Para Suami Perlu Perhatian Pada Istri Saat Hamil, Ini Alasannya 01.jpg

Foto: videoblocks.com

Menurut Dr. Gareth Forde, dukungan yang diterima seorang wanita hamil selama kehamilan dapat memiliki beberapa dampak pada kesejahteraan emosional dan fisiknya, yang keduanya pada gilirannya mempengaruhi kesehatan bayi yang belum lahir.

Studi tentang hubungan prenatal dan kesehatan telah menemukan bahwa salah satu penyebab utama gejolak emosi ibu hamil adalah hubungan yang stres antara dia dan pasangannya.

Di sisi lain, para ibu hamil yang merasa didukung memiliki lebih sedikit masalah kesehatan mental, dan kecil kemungkinannya akan terpengaruh secara negatif oleh hal-hal seperti tanggung jawab pekerjaan dan masalah keuangan.

Jurnal BMC Public Health melaporkan bahwa hubungan yang buruk dengan orang lain yang signifikan selama kehamilan adalah prediktor terkuat stres selama kehamilan.

Hubungan positif dengan orang lain yang signifikan selama kehamilan dapat membantu menangkal stres emosional, dapat meningkatkan kekebalan tubuh dari pilek dan penyakit umum lebih mudah, dan bahkan menyediakan fondasi yang stabil dan dibutuhkan ketika masalah kehamilan yang tidak terduga muncul.

Dukungan suami tidak hanya bermanfaat untuk para ibu menjalankan kehamilannya tetapi juga janin dalam kandungan. Moms perlu memberikan informasi pada suami sebenarnya hal-hal apa saja yang perlu dilakukan untuk memberikan perhatian pada istri saat hamil.

Baca Juga: Pertolongan Pertama Atasi Cedera Saat Olahraga Setelah Melahirkan

Cara Suami Memberikan Perhatian pada Istri saat Hamil

Para Suami Perlu Perhatian Pada Istri Saat Hamil, Ini Alasannya 02.jpg

Foto: momspresso.com

Orang lain yang signifikan memiliki peran emosional yang penting untuk dimainkan selama kehamilan yang dapat membantu calon ibu dan bayi yang sedang tumbuh. Kesehatan emosional seorang wanita hamil dapat mengurangi tingkat stresnya, sehingga mengurangi tekanan darahnya dan membantunya membuat pilihan yang positif dan sehat untuknya dan anaknya yang belum lahir.

Dukungan emosional juga dapat meningkatkan harga dirinya selama masa perubahan besar bagi tubuhnya, yang pada gilirannya memiliki dampak positif pada kesehatan mental. Ada beberapa cara agar pasangan dapat mendukung orang lain yang sedang hamil secara emosional.

Pasangan bisa mengajukan pertanyaan tentang ketakutan, kekhawatiran, dan kekhawatiran, dan dengarkan jawabannya tanpa mencoba menghakiminya. Kekhawatiran itu mungkin tampak tidak logis, tetapi kehamilan sering kali membawa ide-ide ekstrem tentang kekhawatiran untuk masa depan dan yang tidak diketahui.

Baca Juga: 5 Film Romantis Terbaik untuk Tingkatkan Kemesraan Suami Istri

Moms bisa mengajak pasangan untuk menghadiri kelas prenatal dan membaca buku bersama. Meskipun Moms yang akan banyak merawat Si Kecil, ketika seorang pasangan mengambil langkah-langkah ini dapat meyakinkannya bahwa dia tidak sendirian dan bahwa dia memiliki pasangan dalam perjalanan ini.

Moms dan pasangan juga bisa membicarakan rencana kelahirannya yang ideal,. Bahkan hanya berbicara tentang rencana kelahiran dapat menghibur bagi beberapa ibu hamil. Tetapi penting untuk membiarkan ibu hamil menjadi orang yang memutuskan tentang detail yang akan mempengaruhi dia dan bayinya. Diskusi bersama yang penting seperti memutuskan mau melahirkan di rumah sakit mana, apakah memerlukan doula hingga teknik melahirkan yang diinginkan.

Baca Juga: 7 Aktivitas Setelah Bercinta yang Semakin Hangatkan Hubungan Suami-Istri

Wah ternyata besar pengaruh perhatian suami pada ibu hamil. Moms jangan sungkan untuk mengungkapkan kebutuhan emosional ini pada suami. Apakah ada Moms yang mengalami kebahagiaan saat mendapatkan perhatian dari suami saat hamil?

(GSA)

Artikel Terkait