KESEHATAN
31 Maret 2020

Total Kasus Pasien Corona di Indonesia Capai 1.414 Jiwa, Tersebar di 31 Provinsi

DKI Jakarta masih jadi provinsi dengan total kasus tertinggi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Hingga per hari Senin (30/3/2020) total keseluruhan pasien corona di Indonesia sudah mencapai 1.414 kasus. Total seluruh kasus COVID-19 ini tersebar di 31 provinsi di Indonesia.

"Terjadi penambahan konfirmasi positif sebanyak 129 orang, total menjadi 1.414 kasus," katanya Jubir Pemerintah untuk COVID-19, dr. Achmad Yurianto pada konferensi pers di Gedung BNPB, Senin (30/3) kemarin mengutip siaran pers di situs Kementerian Kesehatan.

Cari tahu lebih lanjut tentang penjelasan dari total kasus pasien corona di Indonesia berikut ini, Moms.

Baca Juga: Tengok Cara 5 Artis Ini dalam Menghadapi Virus Corona

Penambahan Kasus Pasien Sembuh dan Meninggal

pasien corona di Indonesia-1

Foto: pexels.com

Tidak hanya bertambahnya jumlah kasus, tetapi juga pasien sembuh dan yang meninggal karena COVID-19.

Diketahui, terjadi penambahan 11 kasus pasien sembuh dari COVID-19. Hal ini menambah total kasus yang sembuh sebanyak 75 orang. Sementara, jumlah pasien yang meninggal bertambah 8 kasus, sehingga total ada 122 orang.

Provinsi DKI Jakarta masih memegang status sebagai total pasien corona terbanyak di Indonesia, diikuti oleh Jawa Barat, Banten, dan Jawa Timur. Berikut ini rincian data 5 provinsi dengan total pasien terbanyak:

  1. DKI Jakarta: 698 total kasus positif, 48 sembuh, 74 meninggal
  2. Jawa Barat: 180 total kasus positif, 8 sembuh, 20 meninggal
  3. Banten: 128 total kasus positif, 1 sembuh, 4 meninggal
  4. Jawa Timur: 91 total kasus positif, 16 sembuh, 8 meninggal
  5. Jawa Tengah: 81 total kasus positif, 0 sembuh, 7 meninggal

Pentingngya untuk mencuci tangan dengan air dan sabun, serta menjaga jarak juga kembali diingatkan oleh dr. Achmad, dalam upaya menekan angka infeksi virus COVID-19 di Indonesia.

"Saya mengingatkan sekali lagi, jaga jarak, jangan berdekatan, hindari tempat berkumpul padat, cuci tangan pakai sabun, manakala ada yang sakit segera berobat ke fasilitas kesehatan terdekat," ujarnya.

Baca Juga: Benarkah COVID-19 Bisa Menular Lewat Udara?

Upaya Pemerintah Memberikan Alat Pelindung Diri

pasien corona di Indonesia-9

Foto: pexels.com

Alat Pelindung Diri (APD) menjadi kekhawatiran utama bagi para petugas kesehatan dalam menangani kasus corona di Indonesia.

Pihak pemerintah pusat telah menyediakan dan mendistribusikan 191.666 set APD ke seluruh provinsi di Indonesia, serta rumah sakit yang membutuhkan. Selain itu, masker bedah sebanyak 12.272.500, masker N95 sebanyak 133.640, dan rapid test kit sebanyak 425.000 set.

"Kita akan tetap berupaya secara maksimal memenuhi kebutuhan-kebutuhan pokok ini di dalam kaitan untuk penanganan kasus COVID-19," ucap dr. Achmad.

Menjaga jarak fisik dalam berkomunikasi dengan orang lain lebih dari 1 meter diimbau oleh dr. Achmad kepada masyarakat, sebagai tindakan yang paling benar dan rasional.

Jika Moms merasakan gejala COVID-19 seperti batuk, demam, sesak napas, atau ingin mengetahui informasi yang terpercaya tentang virus COVID-19 di Indonesia, bisa menghubungi Hotline Virus Corona 119 ext. 9.

Baca Juga: 9 Istilah Selama Pandemi COVID-19, Moms Sudah Tahu Semuanya?

Artikel Terkait