BALITA DAN ANAK
28 Oktober 2019

Patut Dicoba, Ini 4 Ide Permainan Anak Usia Dini dari Barang Bekas

Moms bisa dengan mudah mendapatkan bahan utamanya di rumah
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Mainan untuk anak-anak bisa membuat pengeluaran membengkak, karena harganya yang lumayan mahal. Nah salah satu cara untuk menghemat pengeluaran biasanya dilakukan dengan cara membuat mainan dari benda bekas untuk anak.

Selain mengontrol pengeluaran bulanan, hal ini juga bisa membantu kita untuk membuat barang yang ramah terhadap bumi, karena menggunakan bahan yang didaur ulang.

Baca Juga: Puzzle, Mainan Edukatif untuk Mengasah Otak Anak

Proyek-proyek seni daur ulang ini bisa Moms buat untuk anak-anak dengan menggunakan kotak sereal, gulungan handuk kertas, gabus, karton telur, tutup toples dan banyak lagi lainnya.

Berikut adalah beberapa mainan untuk anak dengan menggunakan bahan bekas yang masih bisa dipakai dengan baik. Ada apa saja? Berikut barangnya.

1. Mainan Gitar

mainan dari barang bekas

Foto: parents.com

Nah, jika anak Moms menunjukkan ketertarikan terhadap musik, lagu, atau grup band, Moms bisa membuatkannya mainan gitar.

Mainan dari barang bekas ini bisa Moms buat dari kardus sereal atau kardus bekas susu anak yang tidak terpakai. Siapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan, seperti gunting, lem, benang, dan gabus sebagai gagang gitarnya, tentu anak akan senang dengan alat musiknya.

2. Kereta Kardus

mainan dari barang bekas

Foto: smarthome.danieledance.com

Kardus-kardus tidak terpakai, memang mudah untuk dijadikan sebagai mainan dari barang bekas.

Kereta kardus mudah disatukan dan akan memberi anak Moms cara yang baik untuk berkreasi dengan barang-barang daur ulang. Mintalah Si Kecil untuk mulai memikirkan kotak apa yang akan disimpan, dalam berbagai bentuk serta ukurannya.

Baca Juga: Yuk Ajak Anak Mengenal Kereta Api di 5 Museum Ini!

Lalu persiapkan bahan yang dibutuhkan, seperti lem, car, gambar, dan tentu kardus, baru mulai berkreasi.

3. Kereta dari Roll Bekas Tisu

mainan dari barang bekas

Foto: instructables.com

Tabung karton dari gulungan kertas toilet, dan barang-barang lainnya sangat bagus untuk membuat mainan anak dari barang bekas.

Mintalah anggota keluarga kita untuk menyimpan gulungan tisu toilet yang sudah tidak terpakai. menyelamatkan mereka daripada melemparkannya. Kereta mainan dari barang bekas ini murah untuk dibuat karena Moms memiliki semua bahan di rumah. Kumpulkan mereka dan lihat betapa senangnya anak dengan mainan ini.

4. Drum Dari Kaleng Kosong

mainan dari barang bekas

Foto: kiwico.com

Jika Moms memiliki banyak kaleng kosong di rumah, Moms bisa membuat mainan kreatif ini. Dengan kaleng kosong, kita bisa membuat mainan drum dari kaleng kosong, yang bisa dijadikan sebagai alat musik mainan Si Kecil.

Anak kita bisa mengembangkan kreativitasnya dengan membuat drum yang ia inginkan dari bahan kaleng bekas ini. Jika sudah selesai dibuat, dijamin anak akan betah memainkannya berjam-jam dan bernyanyi dengan alat musik baru yang dimiliki.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Mainan Alat Musik untuk Anak, Banyak Manfaatnya!

5. Rumah Bermain dari Kardus

mainan dari barang bekas

Foto: kidsomania.com

Kardus-kardus tidak terpakai di rumah memang bisa digunakan untuk membuat mainan dari barang bekas. Nah, jika Moms memiliki kardus bekas menyimpan Aqua gelas atau kardus indomie, bisa dijadikan rumah bermain untuk anak lho Moms.

Kita bisa mengemasnya menjadi mainan portable. Coba gunting menjadi 3 panel berbeda, lalu satukan dengan benang atau tali apapun. Dengan panel yang berbeda ini, anak bisa melukisnya menjadi beberapa adegan yang berbeda, sesuai imajinasinya.

Wah ternyata membuat mainan dari barang bekas mudah dan seru ya. Yuk Moms, mulai ajak Si Kecil.

(AWD/DIN)

Artikel Terkait