DI ATAS 5 TAHUN
25 Februari 2019

Patut Dicoba! Ini 6 Superfood yang Baik untuk Kesehatan Anak

Makanan yang satu ini memang kaya akan zat besi, kalsium, serat, vitamin C, asam lemak omega-3, dan folat
Artikel ditulis oleh (mentari.delita)
Disunting oleh (mentari.delita)

Anak yang masih dalam tahap tumbuh kembang, membutuhkan banyak sekali dukungan dalam berbagai aspek.

Bukan hanya pendidikan yang dapat menstimulasi kecerdasannya, tetapi juga makanan sehat yang dapat menunjang kecerdasan dan kesehatannya.

Inilah beberapa rekomendasi superfood atau makanan sehat yang baik untuk anak:

1. Ikan dan Makanan Laut

Ikan adalah sumber DHA, asam lemak omega-3 yang bermanfaat dalam perkembangan otak.

Jika anak Moms tida suka makan ikan khususnya salmon makan cobalah untuk memberinya jenis makanan laut lain seperti udang atau cobalah untuk membuat sesuatu yang lebih menarik untuk mereka seperti mencampurkan potongan ikan ke dalam salad.

Baca Juga: Makanan Ini Berbahaya Jika Dikonsumsi Bersamaan!

2. Biji-bijian

Mengonsumsi biji-bijian membantu anak-anak memenuhi kebutuhan mereka akan lemak, magnesium, protein, dan serat yang baik.

Biji-bijian ini dapat Moms berikan dalam bentuk makanan ringan, ditaburkan dalam sup atau salad atau tambahkan ke smoothie.

Ingat bahwa biji-bijian perlu digiling untuk dicerna dan bahwa semua biji sebaiknya disimpan di lemari es untuk mencegah pembusukan.

3. Sayuran Hijau

Moms tentu pernah mendengar tentang keunggulan nutrisi sayuran. Makanan yang satu ini memang kaya akan zat besi, kalsium, serat, vitamin C, asam lemak omega-3, dan folat.

Namun demikian bukanlah hal yang mudah untuk membuat mereka menyukainya.

Jangan lantas menyerah bila Si Kecil menolak, teruslah beri mereka sayuran hijau atau olahan sayuran hijau dengan cara yang lebih kreatif atau sajian yang lebih nikmat.

4. Kacang

Kacang merupakan makanan pokok ramah anak yang sangat bergizi dan layak disebut sebagai makanan sehat.

Kacang tentu tidak mahal, mudah disimpan, disukai anak, dan 2 sendok makan menyediakan hampir setengah dari kebutuhan protein anak prasekolah, selain magnesium, vitamin B, dan lemak sehat.

Baca Juga: Mulai Hidup Sehat di 2019, Ganti Menu dengan 7 Makanan dan Minuman Ini

5. Buah yang Kaya Kandungan Air

Penelitian menunjukkan bahwa lebih dari separuh anak-anak mengalami dehidrasi. Untuk membantu anak mendapatkan cukup air, manfaatkan lewat segarnya rasa buah seperti semangka, melon, jeruk, dan mentimun.

Selain hidrasi, anak juga akan mendapatkan dosis serat, vitamin, dan mineral yang sehat. Jika Si Kecil tidak suka makan buah utuh maka cobalah untuk membuatnya dalam bentuk es yang sehat.

6. Yogurt

Yogurt mengandung bakteri, protein, dan kalsium yang bermanfaat serta semua hal baik yang anak-anak butuhkan agar tubuh kecil mereka tetap sehat.

Jangan merasa tergoda untuk membeli variasi yogurt tambahan gula atau buah.

Lebih baik belilah yoghurt polos kemudian tambahkan sedikit gula, madu, atau selai untuk membantu anak lebih mudah untuk menyukainya.

Nah, itulah superfood atau makanan sehat yang sangat baik untuk anak. Jangan lupa untuk mencatatnya ya, Moms.

 

(MDP)

Artikel Terkait