BALITA DAN ANAK
25 Juli 2019

Patut Dicoba, Ini Cara Seru Bikin Anak Suka Sains

Ajak anak belajar sains dengan cara yang menyenangkan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Orami

Memang tidak semua anak menyukai sains, namun ilmu pengetahuan alam dan eksak ini akan sangat berguna lho untuk masa depan Si Kecil.

Banyak alasan yang membuat Si Kecil tidak suka sains. Salah satunya karena anak merasa sains adalah pelajaran yang terlalu serius dan rumit sehingga mereka tidak menyukainya.

Dikutip dari situs workingmother.com, membuat anak menyukai sains ternyata sangatlah mudah. Moms tidak membutuhkan tenaga bantuan atau membayar les agar anak bisa belajar tentang sains.

Makanya untuk membantu anak suka sains, mungkin Moms bisa mencoba cara-cara efektif di bawah ini. Apa saja yang bisa dicoba agar anak suka sains? Yuk kita cari tahu Moms.

Baca Juga: Ajak Anak Belajar Sains Lewat 3 Permainan Ini

1. Dorong Keingintahuannya

membuat anak menyukai sains

Foto: woodgeekstore.com

Cara yang bisa dilakukan agar anak suka sains yang pertama adalah dorong keingintahuannya. Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang besar. Jadi saat mendapati sesuatu yang tidak mereka ketahui, mereka akan sering bertanya-tanya.

Mungkin Moms tidak bisa menjawabnya saat itu juga. Solusinya, siapkan sebuah buku catatan, lalu catat pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh anak.

Setelahnya, di waktu senggang, coba lihat apa pertanyaan yang diajukan oleh anak, agar Moms bisa mencari jawabannya. Saat sudah menemukan, Moms bisa menjelaskannya pada Si Kecil di hari berikutnya agar tidak lupa.

2. Rencanakan Field Trip

membuat anak menyukai sains

Foto: childrensmuseum.org

Cara yang bisa dilakukan agar anak suka sains yang selanjutnya adalah merencanakan field trip. Agar tidak membosankan dan bisa lebih menyenangkan, Moms bisa mengajak anak untuk melakukan field trip ke tempat-tempat yang memiliki program untuk membantu anak belajar tentang sains secara langsung.

Museum dan perpustakaan sering memiliki program bagi anak-anak untuk membantu mereka mempelajari sains secara langsung. Ajak anak ke tempat atau acara sains yang menarik. Temani anak agar mereka tidak kebingungan saat ada yang kurang dimengerti.

Baca Juga: Cari Tempat Rekreasi Sekaligus Edukasi Anak di Jakarta? Ke 5 Museum Ini Saja

3. Ajak Anak Bertemu dengan Seseorang yang Menyukai Sains

005418_elementary-students_sancar_lab_visit039.jpg

Foto: Unc.edu

Cara yang bisa dilakukan agar anak suka sains yang selanjutnya adalah ajak anak bertemu dengan orang yang menyukai sains. Cara membuat anak menyukai sains selanjutnya adalah dengan membuat mereka bertemu dengan seseorang yang bisa menceritakan atau sharing pengalaman tentang sains dengan Si Kecil.

Ceritakan bagaimana serunya belajar tentang sains dan apa saja yang bisa anak buat dengan sains. Dengan begitu anak akan lebih bersemangat dan semakin menyukai sains jika tahu bahwa ia bisa menghasilkan sesuatu dari sains ini.

4. Ajak Anak Turut Berperan

membuat anak menyukai sains

Foto: childrensmuseum.org

Cara yang bisa dilakukan agar anak suka sains yang selanjutnya adalah ajak anak ikut serta. Misalnya Moms sedang memperbaiki jam tangan, jam dinding, radio, mesin tik, komputer atau yang lainnya, cobalah ajak anak kita untuk turut membantu atau sekedar melihat saja.

Lihat apa yang bisa anak bantu dengan bagitu anak akan lebih tertarik.

Baca Juga: 5 Keterampilan Dasar yang Harus Dikuasai Anak Sebelum Masuk SMA

5. Melawan Stigma tentang Sains

Science-2.jpg

Foto: Educationcentral.co.nz

Cara yang bisa dilakukan agar anak suka sains yang selanjutnya adalah melawan stigma tentang sains. Sains sering dianggap sebagai pelajaran yang berat dan membosankan, bahkan untuk kita para orang dewasa.

Moms harus buang jauh-jauh pikiran tersebut terlebih dahulu, jika ingin membuat anak menyukai sains.

Misalnya dari hal-hal sederhana yang terjadi di sekeliling kita. Saat ada daun jatuh, saat hujan turun, saat memotong sayuran, semuanya adalah peristiwa sains yang bisa kita bagikan untuk anak.

Itulah Moms beberapa cara sederhana untuk membuat anak menyukai sains. Sangat mudah dan sederhana kan Moms, bahkan bisa coba dilakukan kapanpun.

Artikel Terkait