KESEHATAN
21 Februari 2020

5 Makanan Berserat untuk Lancarkan Pencernaan, Patut Dikonsumsi Lebih Banyak

Makanan berserat ini bisa dimasukan dalam menu makan harian kita

Sumber: Healthline.com

Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Saluran pencernaan memainkan peran penting dalam kesehatan kita, karena bertanggung jawab untuk menyerap nutrisi dan menghilangkan limbah di perut.

Sayangnya, banyak orang menderita berbagai masalah pencernaan seperti kembung, kram, sakit perut, diare, dan sembelit karena berbagai alasan.

Kondisi tertentu, seperti Irritable Bowel Syndrome (IBS), Gastroesophageal Reflux Disease (GERD), penyakit Crohn, dan penyakit pencernaan lainnya, dapat menempatkan kita pada risiko masalah pencernaan yang lebih parah.

Baca Juga: 10 Makanan Berserat Tinggi untuk Program Hamil

Makanan Berserat untuk Melancarkan Pencernaan

Dikutip dari Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics, orang yang sehat juga dapat mengalami masalah pencernaan karena hal-hal seperti kurangnya serat atau makanan yang kaya probiotik dalam makanan mereka.

Oleh karena itu, untuk melancarkan pencernaan, ada baiknya Moms dan keluarga mengonsumsi makanan berserat di bawah ini.

1. Buah Apel

makanan berserat, melancarkan pencernaan

Foto: Orami Photo Stocks

Dikutip dari situs Healthline, apel merupakan sumber makanan yang kaya akan pektin, serat yang larut.

Pektin mengelilingi pencernaan di usus kecil kita, baru kemudian dipecah oleh bakteri ramah di usus besar kita.

Hal ini akan meningkatkan volume feses. Oleh karena itu, buah ini biasanya digunakan untuk mengatasi sembelit dan diare.

Selain itu juga telah terbukti mengurangi risiko infeksi usus, serta peradangan pada usus besar.

2. Biji Chia

makanan berserat, melancarkan pencernaan

Foto: Orami Photo Stocks

Biji chia adalah makanan berserat yang sangat baik, yang membuat jenis makanan ini dapat membentuk zat seperti gelatin di perut kita, setelah dikonsumsi.

Makanan ini bekerja seperti prebiotik, mendukung pertumbuhan bakteri sehat di usus kita dan berguna untuk melancarkan pencernaan.

Baca Juga: Kenalkan Bayi pada 3 Makanan Tinggi Serat ini Di Awal MPASI

Kandungan seratnya juga membantu meningkatkan keteraturan usus dan feses yang sehat.

3. Sayuran Hijau

makanan berserat, melancarkan pencernaan

Foto: Orami Photo Stocks

Sayuran hijau, seperti bayam atau kangkung, adalah sumber serat yang sangat baik, serta kaya akan nutrisi seperti folat, vitamin C, vitamin K, dan vitamin A.

Penelitian menunjukkan bahwa sayuran hijau juga mengandung jenis gula tertentu yang membantu mendorong pertumbuhan bakteri usus sehat yang baik untuk melancarkan pencernaan.

"Makan banyak serat dan sayuran hijau memungkinkan kita mengembangkan mikrobioma usus yang ideal," kata Linda Lee, kepala staf Johns Hopkins Aramco Healthcare sekaligus ahli gastroenterologi.

4. Gandum Utuh

merk roti gandum untuk diet

Foto: Orami Photo Stocks

Nasi putih atau merah? roti gandum atau putih?

Bila Moms ingin usus bekerja lebih baik, pilihlah makanan berserat seperti gandum utuh karena agar fungsi usus bisa optimal membutuhkan setidaknya 25 gram serat setiap hari.

Jika sudah terpenuhi, maka akan melancarkan pencernaan.

“Dibandingkan dengan karbohidrat olahan, seperti roti putih dan pasta, biji-bijian menyediakan banyak serat, serta nutrisi tambahan, seperti asam lemak omega-3,” jelas Linda Lee.

Baca Juga: Ini Panduan Memadukan Pasta dengan Saus yang Tepat

5. Avokad

makanan berserat, melancarkan pencernaan

Foto: Orami Photo Stocks

Avokad adalah makanan super yang dikemas dengan serat dan nutrisi penting, seperti potasium, yang membantu melancarkan pencernaan.

Selain itu juga merupakan makanan rendah fruktosa, jadi kecil kemungkinannya menyebabkan gas.

"Makanan berserat seperti kacang-kacangan dan alpukat benar-benar padat nutrisi," kata Linda Lee.

Ia menambahkan bahwa hal ini dikarenakan jenis makanan ini memiliki banyak lemak, jadi harus memakan secukupnya.

Itu dia makanan berserat yang penting untuk melancarkan pencernaan kita. Jangan lupa dimasukkan dalam menu harian kita ya.

Artikel Terkait