2-3 TAHUN
22 Januari 2019

Patut Tahu! Ini 5 Manfaat Zucchini Untuk Balita

Si hijau yang bisa membantu mencegah diabetes hingga obesitas
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Diantara sekian banyak makanan balita yang bisa dijadikan pendamping ASI (MPASI), rupanya zucchini juga bisa menjadi pilihan yang baik lho, Moms.

Selain mudah didapatkan di pasar dan swalayan tanpa mengenal musim, sayuran yang memiliki tekstur lembut dan rasa sedikit manis ini juga mudah diolah menjadi berbagai hidangan yang disukai oleh balita.

Bukan hanya itu, zucchini juga memiliki komposisi gizi dan nutrisi yang baik bagi tubuh balita, seperti rendah karbohidrat dan tinggi serat, rendah indeks glikemik dan tinggi kadar air, kaya akan kalsium, magnesium, dan fosfor, serta mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks.

Baca Juga : Pertolongan Pertama Jika Balita Alami Keracunan Makanan

Yang harus diingat, zucchini baru boleh diberikan pada balita setelah umurnya sudah 8 atau 10 bulan untuk menghindari alergi ya, Moms.

Yuk, baca lebih lanjut untuk tahu lebih banyak tentang manfaat zucchini untuk balita.

Membantu Menjaga Berat Badan Ideal

shutterstock 643798324

Moms khawatir balita mengalami obesitas karena banyak makan dan sering ngemil? Coba deh, mulai tambahkan zucchini kedalam pola makan hariannya.

Kandungan serat dan airnya yang tinggi bisa membantu balita merasa kenyang lebih lama sekaligus mengurangi keinginan ngemil lho, Moms. Dengan begitu, berat badan ideal balita bisa terus terjaga.

Mendukung Kesehatan Tulang dan Gigi

shutterstock 403635982

Zucchini adalah salah satu makanan balita yang mengandung kalsium, magnesium, dan fosfor. Nah, ketiga mineral ini memiliki peran penting dalam perkembangan tulang dan gigi balita yang masih dalam masa pertumbuhan.

Tapi bukan hanya itu, Moms. Semua mineral tadi juga membantu mendistribusikan nutrisi didalam tubuh, melancarkan pencernaan, menjaga fungsi organ tubuh, serta mendukung perkembangan otak balita.

Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

shutterstock 400913152

Apa Moms tahu, kalau perkembangan sistem kekebalan tubuh bergantung pada kadar vitamin C yang dibutuhkan untuk memproduksi lendir dan cairan tubuh yang melindungi tubuh balita?

Dalam 1 buah zucchini dengan berat 124 gram, terkandung sekitar 21.1 miligram vitamin C. Nah, jumlah tersebut sudah bisa memenuhi kebutuhan vitamin C balita, yaitu sekitar 15 miligram sampai 25 miligram setiap harinya.

Saat kebutuhan vitamin C terpenuhi, kekebalan tubuh balita menjadi optimal sehingga bisa melindunginya dari infeksi, membuat luka lebih cepat sembuh, hingga membantu tubuh menyerap zat besi dari dalam makanan.

Baca Juga : 7 Makanan Peningkat Memori Anak

Meningkatkan Kesehatan Mata

shutterstock 334705433

Ini dia manfaat zucchini untuk balita yang belum banyak diketahui orang tua.

Zucchini adalah salah satu makanan yang kaya akan lutein dan zeaxanthin, dua jenis antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan mata. Selain itu, zucchini juga mengandung vitamin A yang penting untuk perkembangan dan perawatan mata.

Itulah kenapa rutin mengonsumsi zucchini dapat membantu melindungi balita dari penyakit mata serius seperti glaukoma.

Mengurangi Resiko Diabetes

shutterstock 120250897

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Jerman menyatakan bahwa serat tidak larut seperti yang banyak terkandung dalam zucchini, bisa secara efektif mencegah diabetes tipe 2 lho, Moms.

Serat tidak larut dalam dalam zucchini dapat menunda penyerapan gula kedalam darah dan mengurangi resiko sindrom metabolik, dua hal yang penting untuk mengurangi resiko diabetes.

Wah, ternyata banyak juga manfaat zucchini untuk balita ya, Moms. Menurut Moms, sajian zucchini seperti apa yang akan disukai oleh anak dan balita?

(WA)

Artikel Terkait