BALITA DAN ANAK
24 Juni 2019

Patut Tahu! Ini Berbagai Manfaat Seni untuk Balita

Anak berusia 20 hingga 36 bulan adalah usia terbaik untuk mengenalkan Si Kecil terhadap seni.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Kelas seni untuk balita saat ini tengah meledak dengan beragam pilihan. Hal ini tentu membuat orang tua dan anak memiliki banyak pilihan untuk mencari yang terbaik.

Nah untuk Moms yang sedang bingung menentukan kapan waktu yang tepat dan segala hal tentang seni untuk balita simak beberapa hal ini agar tidak salah dalam mencari kelas terbaik untuk Si Kecil.

Baca Juga : Seni Adalah Salah Satu Cara Mengatasi Stres Pada Anak

Usia Terbaik untuk Menjelajahi Seni

shutterstock_1109943536.jpg

Anak berusia 20 hingga 36 bulan adalah usia terbaik untuk mengenalkan Si Kecil terhadap seni.

Meski begitu, tentu saja butuh pendampingan untuk anak, baik bersama orang tua maupun pengasuh.

Biasanya kelas pada usia seni pada usia dini sudah dirancang khusus untuk si anak dan juga orang tua sebagai pendamping utama.

Pada kelas pengenalan ini, bukan hanya akan yang berkenalan dengan keterampilan seni yang sesuai dengan perkembangan dan usianya.

Jenis Kegiatan Seni Terbaik untuk Balita

shutterstock_363607601.jpg

Anak-anak kecil mendapat manfaat dari menemukan seni dengan melakukan dan menjelajahi berbagai bahan seni.

Mereka secara alami ingin tahu dan suka bereksperimen dengan warna, tekstur, dan alat seni.

Dengan menggunakan bahan-bahan seni yang aman dan tidak beracun, balita dapat menjadi berantakan menggunakan tangan mereka untuk merasakan dan mengaplikasikan cat, mencoret-coret spidol dan krayon, melukis dengan spons, kuas dan alat-alat lainnya.

Ditambah lagi, memeras bahan pemodelan yang aman, memotong semua jenis produk kertas dengan gunting yang aman, menempelkan bahan untuk membuat sesuatu yang baru, dan bermain dengan bentuk.

Jenis kegiatan ini membantu balita mengembangkan keterampilan motorik halus dan kemampuan kognitif, yang tentu saja akan sangat baik pula untuk perkembangan otak anak.

Baca Juga : Menumbuhkan Jiwa Seni Pada Anak Sejak Dini

Yang Terjadi di Kelas Seni Balita

shutterstock_646269262.jpg

Balita diajarkan oleh instruktur yang dilatih khusus untuk memastikan praktik terbaik ketika bekerja dengan anak-anak yang sangat muda.

Ini membantu anak-anak untuk memiliki pengalaman yang benar-benar menyenangkan, sambil juga membangun keterampilan.

Guru-guru pada kelas ini diharapkan bisa membantu orang tua merasa diberdayakan untuk membangun kreativitas anak mereka tanpa menghambat proses pembelajaran penemuan aktif yang sangat penting.

Pada tahap ketika pembelajaran mereka didorong oleh indrawi yang sangat tajam, seniman kecil kita akan didorong untuk secara bebas menjelajahi materi seni dan akan belajar yang berhubungan dengan pelajaran mereka.

Karena pengembangan bahasa juga sangat penting, instruktur seni ini diharapkan juga bisa mengajar dengan mengajukan banyak pertanyaan, seperti: Warna apa itu? Menurut kamu apa yang akan terjadi jika kita mencampur dua warna ini?

Kita tahu bahwa ketika bahasa berkembang, seni adalah cara yang bagus untuk membantu anak-anak mengekspresikan diri. Ini membantu anak-anak mengatakan sesuatu dengan dan tanpa kata-kata.

Apakah Moms tertarik untuk memasukan Si Kecil ke kelas seni? Sudah adakah referensi terbaik? Selamat mencoba!

(TPW/CAR)

Artikel Terkait