KESEHATAN
13 November 2018

Patut Tahu Nih, 3 Tips Aman Makan Durian Untuk Penderita Diabetes

Harus tahu aturannya ya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla


Penderita diabetes harus betul-betul menjaga makan mereka. Agar gula darahnya tetap terkontrol, penderita diabetes harus bisa memilih makanan yang ”aman”.

Tidak jarang hal itu dirasa berat oleh penderita diabetes karena makanan “aman” selalu identik dengan cita rasa yang tidak enak.

Menurut Dr. dr. Aris Wibudi, Sp.PD.,KEMD, Ketua Perkumpulan Edukator Diabetes Indonesia (PEDI), penderita diabetes tidak harus selalu menjauhi makanan-makanan enak, termasuk durian yang bisa meningkatkan gula darah dengan sangat cepat.

“Boleh-boleh saja, asalkan tahu triknya,” kata dr Aris pada peluncuran aplikasi teman Diabetes di Kolega Coworking, Kuningan, Jumat (10/8).

Bagaimana trik makan durian untuk para penderita diabetes agar gula darah tidak naik secara drastis? Cari tahu yuk!

Baca Juga : Jenis Kelamin Bayi Ternyata Berpengaruh pada Gestasional Diabetes Ibu

Siapkan Sayuran Mentah

shutterstock 736767952

Sebelum mengonsumsi durian, para penderita diabetes harus melakukan “ritual” terlebih dahulu.

Ritual pertama adalah menyiapkan 200 gram sayuran mentah. Setelah dicuci bersih, sayuran mentah seperti salad dan lalapan itu bisa langsung dikonsumsi.

Baca Juga : Pentingnya Mencuci Sayur dan Buah

Siapkan 1 Buah Mentimun

shutterstock 297523988

Setelah ritual makan sayur mentah selesai, para penderita diabetes harus melakukan ritual lainnya, yakni memakan satu buah mentimun.

Baca Juga : Wajah Terlihat Flawless Berkat Masker Mentimun

Siapkan 1 Buah Tomat

shutterstock 1020502231

Ritual terakhir adalah makan satu buah tomat segar. Kombinasi sayuran ini disebut dr Aris ampuh untuk mencegah gula darah naik drastis setelah makan durian.

“Konsumsi sayuran tadi, satu buah mentimun, dan satu buah tomat bisa menghambat penyerapan gula,” ungkap dokter yang juga merupakan purnawirawan TNI itu.

Baca Juga : Benarkah Tomat Bisa Meningkatkan Kesuburan Pria? Ini Kata Ahli!

Dr Aris mengatakan, saat pertama kali dilakukan, ritual tersebut akan terasa berat. Namun, setelah dua atau tiga kali, penderita diabetes akan mulai terbiasa dan nyaman melakukan ritual sehat tersebut.

Nah, dengan melakukan ritual itu, dr Aris mengatakan bahwa penderita diabetes tidak perlu khawatir lagi jika ingin mengonsumsi makanan “enak” yang bisa menaikkan kadar gula darah secara signifikan.

Selamat mencoba!

(AND)

Artikel Terkait