PASCA MELAHIRKAN
29 Januari 2020

Payudara Lecet Saat Menyusui? Atasi dengan 4 Cara Berikut Ini

Payudara terasa sakit selama menyusui? Tenang Moms, atasi dengan cara ini.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, menyusui bukanlah hal yang mudah dilakukan. Khususnya untuk ibu yang baru saja melahirkan sang buah hati. Berbagai macam kendala bisa dialami ibu menyusui, mulai dari ASI yang tidak keluar, payudara bengkak, hingga payudara lecet.

Banyak Ibu menyusui yang mengalami kondisi payudara lecet saat memberikan ASI kepada Si Kecil. Payudara lecet biasanya diawali dengan adanya benjolan berwarna putih yang cukup menyakitkan dan kondisi ini akan terjadi selama beberapa hari hingga beberapa minggu.

Ketika Si Kecil mengisap payudara Moms, maka akan terasa nyeri dan sakit. “Payudara lecet bisa menyebabkan ASI tidak mengalir dengan tepat dan bisa membuat saluran tersumbat, hingga terjadi mastitis. Penanganan yang cepat dan tepat harus segera Moms lakukan,” ujar Pam Davey, seorang doula bersertifikat dan konsultan laktasi di Edmonton, Kanada.

Baca Juga: 18 Perlengkapan Menyusui yang wajib dimiliki Mama

Cara untuk Mengatasi Payudara Lecet

Adapun beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk mengatasi payudara lecet saat menyusui, seperti berikut ini:

1. Kompres Air Hangat

holding-hands_1112-1531.jpg

Foto: Freepik.com

Dikutip dari Medical News Today, ketika payudara lecet saat menyusui, Moms bisa mengompres dengan air hangat sebagai salah satu cara mengatasinya. Lakukan hal ini sebelum mulai menyusui.

Siapkan air hangat, kain atau waslap bersih, kemudian celupkan waslap tersebut, peras, dan tempelkan secara perlahan di bagian payudara sampai bagian puting yang lecet. Lakukan selama 15 menit.

Baca Juga: 4 Tips Lancar Menyusui

2. Menyusui di Payudara Lainnya

young-mother-breastfeeding-newborn-baby-home_1139-1687.jpg

Foto: Freepik.com

Cara mengatasi payudara lecet saat menyusui adalah dengan mengarahkan Si Kecil menyusui di payudara lain yang tidak lecet. Hisapan menyusui Si Kecil ternyata lebih kuat di awal-awal.

Setelah menyusui beberapa menit, kembalikan Si Kecil untuk menyusui di payudara yang lecet. Biasanya daya hisapannya akan berkurang secara tidak langsung.

3. Gunakan Pompa ASI

BReastMilkSupply-5a789d236edd6500365e9028.jpg

Foto: verywellfamily.com

Dikutip dari verywellfamily.com, Moms bisa menggunakan pompa ASI apabila sudah tidak bisa menyusui karena rasa sakit akibat payudara lecet.

Biarkan payudara tersebut sembuh terlebih dahulu. Memompa tetap bisa membantu menjaga persediaan ASI Moms, kok.

Baca Juga: Kelebihan Pompa ASI Manual Dibanding Pompa ASI Elektrik

4. Oleskan ASI

charming-newborn-boy-sleeps-mother-s-arms_8353-7545 (1).jpg

Foto: Freepik.com

Moms juga bisa mengoleskan ASI ke sekitar payudara atau puting yang mengalami lecet. ASI dipercaya memiliki sifat antimikroba yang efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengoleskan ASI dipercaya bisa mempercepat penyembuhan lecet yang terjadi.

Belum ada penelitian yang membuktikan hal ini, tetapi patut dicoba karena bisa juga menambah kenyamanan Moms dalam menyusui Si Kecil.

Artikel Terkait