DI ATAS 5 TAHUN
20 Maret 2019

Pelajar Tewas karena Saling Ejek di Facebook, Ini 5 Cara untuk Mencegah Anak Menjadi Korban Cyberbullying

Moms harus tetap mengawasi aktivitas Si Kecil di media sosial
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Foto: Parents.com

Seorang pelajar di Bogor, Jawa Barat kembali harus kehilangan nyawa akibat saling ejek di media sosial. AH (17) tewas setelah mendapat luka bacokan di kepala oleh MR (13) dengan menggunakan celurit setelah berduel sebagai buntut saling ejek yang mereka lakukan lewat Facebook.

Kasus ini sendiri bukan menjadi yang pertama mengingat telah banyak kejadian serupa akibat saling ejek lewat internet melalui media sosial atau kerap disebut sebagai cyberbullying.

AH dan MR menjadi segelintir dari sekian banyak remaja yang saat ini sudah melek teknologi dan aktif sebagai pengguna media sosial.

Namun, hal tersebut tidak diimbangi dengan kecerdasan emosional sehingga mereka mudah menjadi pribadi yang suka merundung teman atau bahkan orang yang tidak mereka kenal.

Untuk itu, penting bagi orang tua untuk tetap melakukan pengawasan ketika anak-anaknya tengah bermain media sosial.

Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan orang tua agar cyberbullying tidak terjadi pada buah hati mereka.

1. Ajarkan Anak untuk Bertanggung Jawab

mobile phone 1026122 1920

Bagi Moms dan Dads, penting bagi kalian untuk mengajarkan anak-anak bertanggung jawab saat bermain internet. Oleh sebab itu, anak-anak harus diajarkan untuk tetap berbuat baik dan sopan dalam ranah online.

Mereka juga harus diberikan pemahaman untuk tidak berkata-kata kasar kepada siapapun di media sosial.

Anak-anak juga harus diajarkan bahwa media sosial adalah tempat untuk mendapatkan teman-teman baru, bukan sebaliknya. Dengan begitu, mereka akan tetap menjadi pribadi yang santun di dunia maya.

Baca Juga: Ketika Cyberbullying Mengancam Buah Hati

2. Pelajari Seluk Beluk Internet dan Media Sosial

child computer cute 159848

Sebagai orang tua, Moms dan Dads sekalian harus memahami dan mempelajari bagaimana kerja internet dan media sosial saat ini. Dengan kata lain, Moms dan Dads tidak boleh menjadi orang tua yang kudet atau kurang update dengan tren digital saat ini.

Hal itu menjadi sangat penting karena jika Moms dan Dads tidak mengetahuinya bagaimana bisa menolong atau memberikan pemahaman kepada anak-anak?

Belajar untuk update terhadap internet dan media sosial pun saat ini sangat mudah sehingga tidak ada lagi alasan bagi Moms dan Dads untuk tidak menjadi orang tua yang melek internet.

3. Komunikasi secara Intens

blur bokeh boy 821948

Komunikasi secara berkala menjadi hal penting yang dilakukan oleh Moms dan Dads sebagai orang tua. Berikan pemahaman kepada anak-anak agar selalu bercerita tentang apa yang didapatkannya dari internet atau media sosial, bahkan ketika mereka dirundung oleh temannya.

Sebagai orang tua, Moms dan Dads juga harus bisa memberikan pemahaman agar anak-anak mau berbicara ketika misalnya mereka dirundung atau didekati orang yang ingin berbuat tidak baik.

Pastikan kepada anak-anak bahwa kalian sebagai orang tua tidak akan marah jika mereka bercerita tentang hal tersebut. Pastikan pula jika kalian sebagai orang tua akan menolong mereka.

4. Berikan Penjelasan tentang Cyberbullying

people 2564425 340

Sebagai orang tua, Moms dan Dads harus bisa menjelaskan bahwa perilaku perundungan via internet atau cyberbullying adalah sikap tercela dan tidak bisa diterima oleh siapapun.

Moms dan Dads juga mesti berdiskusi dengan anak-anak tentang perilaku-perilaku yang boleh dan tidak boleh dilakukan di dunia maya serta pastikan bahwa segala tindakan yang mereka lakukan akan ada konsekuensinya.

Baca Juga: Anak Ussy Sulistiawaty Dibully di Medsos, Begini 7 Cara Hadapi Cyberbullying Pada Anak

5. Tetap Pantau Kegiatan Anak di Dunia Maya

boy child female 1181211

Terakhir, Moms dan Dads harus tetap memantau segala kegiatan anak-anak ketika bermain internet atau media sosial. Moms dan Dads sekalian bisa menempatkan komputer yang kerap digunakan anak-anak di tempat terbuka seperti ruang keluarga.

Jika menggunakan smartphone atau gawai lainnya, Moms dan Dads juga tetap perlu memantau kegiatan online anak dengan memasang software parenting control. Jelaskan juga kepada anak-anak bahwa sikap yang kalian lakukan tersebut adalah semata-mata untuk menjaga keamanan mereka selagi berselancar di dunia maya.

Yuk moms lebih perhatian soal bahayanya cyberbullying!

(TPW)

Foto: Pexels.com, Pixabay.com

Artikel Terkait