GAYA HIDUP
3 Juni 2020

Pelajaran Hidup dari Drakor Reply 1988, Old but Gold!

Apa saja yang bisa kita petik?
placeholder

Foto: kdramapal.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Selama masa pandemi COVID-19, salah satu hal yang banyak dilakukan orang selama #dirumahaja, terutama Moms, mungkin adalah menonton drama korea.

Jika iya, salah satu drama korea atau yang dikenal juga dengan istilah drakor yang wajib ditonton adalah Reply 1988. Drakor satu ini berbeda dengan drakor kebanyakan yang menceritakan tentang kisah percintaan yang kadang dibumbui dengan perselingkuhan.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Drakor tentang Zaman Kerajaan, Seru!

Jika menonton Reply 1988, kita akan melihat indahnya persahabatan dan kehidupan keluarga yang hangat, yang ditentunya ditambahkan dengan bumbu komedi yang menyenangkan. Makanya jangan heran, jika drakor ini sarat akan pelajaran hidup bagi mereka yang menonton.

Pelajaran Hidup dari Drakor Reply 1988

Apa saja pelajaran hidup yang bisa kita petik dari drakor Reply 1988? Yuk simak di bawah ini, Moms.

1. Indahnya Persahabatan

pelajaran hidup dari drakor Reply 1988

Foto: asianwiki.com

Ada kalanya kita sedang berada dalam titik terendah kehidupan kita. Di saat hal itu terjadi, biasanya kita membutuhkan orang lain untuk memberikan kita dukungan atau sekedar mendengarkan kita, seperti sahabat.

Inilah yang diajarkan dalam drakor Reply 1988, sahabat sejati yang akan selalu ada saat kita sedang terpuruk, selalu menyemangati dan membantu mencari solusi. Sahabat ini akan selalu ada di saat hari bahagia kita, atau saat kita sedih.

2. Orang Tua Selalu Menyayangi Anaknya

pelajaran hidup dari drakor Reply 1988

Foto: twtext.com

Di episode awal, kita akan dibawa masuk mendalami karakter Deok Seon, perempuan yang merupakan anak kedua di sebuah keluarga sederhana. Dirinya tidak jarang harus mengalah pada kakak dan adiknya.

Baca Juga: Pelajaran Cinta yang Bisa Diambil dari Drakor The World Of The Married

Namun ada saatnya orang tua lebih mementingkan kakak atau adik dibandingkan dengan diri kita. Tapi sebenarnya, cinta orang tua pada anak-anaknya adalah sama, tidak membeda-bedakan.

3. Harus Saling Menyayangi Sesama Saudara

pelajaran hidup dari drakor Reply 1988

Foto: soompi.com

Deok Seon digambarkan sebagai seorang kakak yang peduli pada adik laki-lakinya (saat Deok Seon marah karena ada perempuan yang menyakiti adiknya).

Di sisi lain, persaudaraan antara Jung Hwan dengan kakaknya, Jung Bong sangat menyentuh juga. Jung Bong digambarkan memiliki penyakit jantung di usia muda, sementara Jung Hwan digambarkan sering mimisan. Ada adegan mengharukan ketika Jung Bong baru saja selesai operasi, dia justru menanyakan apakah adiknya tidak mimisan lagi.

Meskipun kita mungkin sering bertengkar dengan saudara kita, ingatlah bahwa kita harus tetap saling menyayangi satu sama lain.

4. Penting untuk Terbuka pada Orang Tua

pelajaran hidup dari drakor Reply 1988

Foto: pinterest.com

Kim Jung Hwan, digambarkan sebagai orang yang terlihat sangat cuek dan tidak terlalu terbuka pada orang lain, termasuk pada ibunya. Hal ini lantas membuat ibunya sedih dan mencoba untuk meyakinkan Jung Hwan bahwa ibunya juga ingin mendengarkan cerita-cerita anaknya.

Baca Juga: Baru Tayang Perdana, Ini Fakta Drakor Oh My Baby

Sekecil apapun masalah atau hal yang kita alami, tidak adalah salahnya untuk diceritakan pada orang tua, karena mereka juga akan bahagia melihat anaknya yang terbuka.

5. Kasih Sayang Orang Tua Tidak Terbatas

pelajaran hidup dari drakor Reply 1988

Foto: today.line.me

Adalah Choi Taek dan ayahnya. Dalam drama Reply 1988, Choi Taek diceritakan hanya hidup berdua dengan ayahnya karena ibunya sudah meninggal.

Ayah Choi Taek sangat pendiam, sama seperti Choi Taek. Sampai suatu hari ada sebuah berita tayang yang menampilkan sebuah insiden yang diduga menimpa Taek. Sontak, ayahnya yang pendiam itu langsung menunjukkan sisi lain yang tidak pernah diperlihatkannya, panik secara berlebihan.

Dari sini drakor Reply 1988 mengajarkan kita bahwa seorang ayah memang lebih cenderung pendiam dan seolah tidak peduli karena jarang bertanya tentang keseharian kita. Tapi percayalah, seorang ayah itu memiliki kasih sayang yang sangat luar biasa pada kita. Hanya saja jarangan mengungkapkan perasaannya.

Baca Juga: Fakta Drama Korea Dinner Mate yang Baru Tayang, Tengok di Sini!

6. Kerja Keras Tidak Akan Mengecewakan

pelajaran hidup dari drakor Reply 1988

Foto: asianwiki.com

Pelajaran lainnya dari drakor Reply 1988 adalah bahwa kerja keras akan membuahkan hasil. Mulai dari Kim Jung Hwan dan Sung Sun Woo yang rajin belajar hingga larut malam, yang membuat mereka selalu di peringkat satu dan dua, dan pada akhirnya mampu meraih impiannya masing-masing.

Ada Choi Taek yang rajin berlatih Baduk hingga putus sekolah demi mendalami permainan tersebut, yang membawanya menjuarai banyak kompetisi Baduk hingga tingkat Internasional.

Ada pula Deok Seon dan Dong Ryong yang meskipun awalnya kurang pandai dan tidak suka belajar, tapi pada akhirnya dapat meraih mimpi mereka karena kerja keras.

Itu dia Moms beberapa pelajaran berharga yang bisa kita petik dari drakor Reply 1988. Sangat menyentuh ya.

Artikel Terkait