PROGRAM HAMIL
6 Juli 2020

Ini Peluang untuk Hamil Menurut Usia Wanita, Wajib Tahu!

Kualitas sel telur akan semakin berkurang seiring pertambahan usia
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Dalam merencanakan kehamilan, ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Tidak hanya menjaga pola hidup sehat dan makan makanan bergizi, tetapi juga dipengaruhi oleh faktor usia.

Semakin bertambahnya usia seorang wanita, kemungkinan untuk hamil juga semakin berkurang. Lalu, seberapa besar peluang hamil menurut usia? Berikut ini penjelasannya.

Baca Juga: Berapa Usia Ideal untuk Hamil? Yuk Cari Tahu!

Kualitas Sel Telur Menurun Seiring Pertambahan Usia

peluang hamil menurut usia-1

Foto: Orami Photo Stock

Perlu diketahui, bahwa peluang terjadinya kehamilan sangat dipengaruhi oleh usia wanita. Karena itu, salah satu faktor peluang terjadinya kehamilan bisa diketahui menurut usia.

"Hal ini disebabkan oleh semakin berkurangnya jumlah dan kualitas sel telur seiring dengan bertambahnya usia seorang wanita," jelas dr. Gita Pratama, Sp.OG-KFER, M.RepSc, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Fertilitas, Endokrinologi dan Reproduksi RS Pondok Indah - Pondok Indah.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa saat wanita dilahirkan, ia memiliki kurang lebih 1-2 juta telur di dalam indung telur atau ovariumnya. Saat pubertas atau pertama kali haid, jumlah sel telur berkurang menjadi kurang lebih 500.000.

"Kurang lebih hanya 400 telur yang akan berkembang selama masa reproduksi wanita dan mengalami ovulasi (1-2 telur) setiap bulannya. Sedangkan, sisanya (sekitar 1.000 telur setiap bulan) akan mengalami kerusakan (atresia)," terang dr. Gita.

Baca Juga: Ketahui Usia yang Tepat Untuk Hamil dan Memiliki Anak

Peluang Hamil Menurut Usia Wanita

peluang hamil menurut usia-2

Foto: Orami Photo Stock

Lebih lanjut, dr. Gita menerangkan tentang peluang untuk bisa hamil berdasarkan usia wanita:

  • Wanita usia 25 tahun, peluang terjadinya kehamilan mencapai 15 persen.
  • Wanita usia 30 tahun, peluang terjadinya kehamilan sekitar 13 persen.
  • Wanita usia 35 tahun, peluang terjadinya kehamilan 10 persen
  • Wanita usia di atas 40 tahun, peluang terjadinya kehamilan kurang dari 5 persen.

Ada penurunan tajam dalam kemampuan wanita untuk hamil secara alami di usia 40-an. Menurut jurnal dalam Public Library of Science (PLOS) peluang wanita usia 40 tahun untuk hamil setelah 3 bulan mencoba adalah sekitar 7 persen.

Ini karena seiring waktu, jumlah dan kualitas telur akan menurun. Pada sel telur yang lebih tua, bisa memiliki lebih banyak masalah kromosom, sehingga meningkatkan kemungkinan memiliki bayi dengan cacat lahir.

Itu dia, penjelasan tentang pengaruh peluang kehamilan terhadap usia wanita. Bila Moms sudah berusia 30 tahun dan ingin merencanakan kehamilan, konsultasikan diri terlebih dahulu ke dokter, ya.

Baca Juga: Benarkah Yoga Meningkatkan Peluang Hamil? Ini Faktanya

Artikel Terkait