BALITA DAN ANAK
16 November 2019

Pembengkakan Kelenjar Getah Bening pada Balita, Apa Penyebab dan Gejalanya?

Ketahui juga kapan harus membawa Si Kecil ke dokter
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Tahukah Moms, kalau pembengkakan kelenjar getah bening pada balita lebih mudah terlihat karena ukurannya yang lebih besar dari orang dewasa?

Menurut informasi dari Raising Children Network, pembengkakan kelenjar getah bening pada balita bisa terjadi karena berbagai sebab, tapi pada sebagian besar kasus tidak berbahaya dan bukan pertanda masalah kesehatan serius.

Selain memproduksi zat kimia yang penting untuk membunuh kuman penyebab infeksi, kelenjar getah bening juga berfungsi untuk menyaring bakteri dan virus dalam tubuh yang harus dihancurkan oleh sel darah putih.

Yuk Moms, simak informasi berikut sampai selesai untuk tahu lebih banyak tentang gejala serta penyebab pembengkakan kelenjar getah bening pada balita.

Baca Juga: 4 Tanda Moms Mengalami Gangguan Kelenjar Getah Bening

Penyebab Pembengkakan Kelenjar Getah Bening Pada Balita

Gejala dan Penyebab Pembengkakan Kelenjar Getah Bening Pada Balita 1.jpg

Foto: Barnakuten.nu

Kelenjar getah bening adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh, dan pada balita umumnya berukuran diameter 0.5 sampai 1.5 sentimeter atau sebesar biji kacang, yang letaknya ada di leher, ketiak, selangkangan, dada, dan perut.

Menurut ensiklopedia kesehatan University of Rochester Medical Center, limfadenopati atau pembengkakan kelenjar getah bening pada balita umumnya terjadi karena beberapa hal, seperti:

  • Infeksi akibat virus atau bakteri.
  • Infeksi pada kelenjar getah bening (limfadentitis).
  • Eczema, luka bakar, atau gigitan serangga.
  • Reaksi terhadap konsumsi obat tertentu, seperti antibiotik atau obat kejang.
  • Artritis dan kondisi lain pada sendi.
  • Kanker, tapi sangat jarang terjadi.

Kelenjar getah bening yang membengkak biasanya berada dekat dengan sumber infeksi. Contohnya, pembengkakan kelenjar getah bening di belakang leher terjadi karena infeksi kulit kepala atau pembengkakan di sekitar rahang terjadi karena ada infeksi gigi atau mulut.

Baca Juga: Ini Perbedaan Gejala Infeksi Getah Bening dan Kanker Getah Bening yang Perlu Moms Ketahui

Gejala Pembengkakan Kelenjar Getah Bening Pada Balita

Gejala dan Penyebab Pembengkakan Kelenjar Getah Bening Pada Balita 2.jpg

Foto: Snt.az

Pembengkakan kelenjar getah bening pada balita mudah dikenali dari munculnya benjolan di bagian bawah rahang, bagian bawah atau belakang leher, ketiak, selangkangan, dada, atau perut.

Nah, benjolan tadi terjadi karena sel dan cairan menumpuk di dalam kelenjar getah bening untuk memerangi penyakit dan infeksi. Biasanya juga disertai dengan gejala area benjolan yang sedikit nyeri serta berwarna kemerahan dan terasa hangat.

Kapan Harus Ke Dokter?

Gejala dan Penyebab Pembengkakan Kelenjar Getah Bening Pada Balita 3.jpg

Foto: Vk.com

Walau sebagian kasus pembengkakan kelenjar getah bening pada balita tidak berbahaya, Moms perlu memeriksakan Si Kecil ke dokter kalau terjadi kondisi seperti berikut:

  • Kelenjar getah bening membengkak tanpa alasan jelas, seperti luka, radang tenggorokan, hidung meler, atau infeksi ringan.
  • Ukuran benjolan kelenjar getah bening lebih besar dari ukuran kelereng atau diameter 4 sentimeter.
  • Benjolan kelenjar getah bening terletak di leher dan Si Kecil tampak kesakitan saat menelan atau sulit bernapas.
  • Area kulit di sekitar benjolan kelenjar getah bening berwarna merah dan sakit.
  • Benjolan kelenjar getah bening di leher disertai dengan gejala demam, ruam, serta tangan, telapak kaki, bibir, dan lidah yang berwarna merah. Itu adalah tanda penyakit Kawasaki.

Baca Juga: Kelenjar Getah Bening di Leher Bengkak? Ini 5 Obat Alaminya!

Moms juga sebaiknya segera membawa buah hati ke dokter kalau tidak yakin dengan cara yang tepat untuk mengatasi pembengkakan kelenjar getah bening atau merasa khawatir dengan kondisi Si Kecil.

Oh ya Moms, kesehatan dan fungsi kelenjar getah bening pada balita bisa dijaga dengan pijatan rutin, minum cukup air putih, menjalankan pola makan sehat, serta bergerak aktif.

Apa buah hati Moms pernah mengalami pembengkakan kelenjar getah bening? Apa yang Moms lakukan untuk mengatasinya?

(WA)

Artikel Terkait