KESEHATAN
7 Februari 2019

Pemerintah Bagikan Vitamin A dan Obat Cacing Gratis Sepanjang Februari, Ini Segudang Manfaatnya

Obat cacing juga bisa membantu penyebaran cacing yang membahayakan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Andra Nur
Disunting oleh Andra Nur

Pemerintah kembali membagikan vitamin A dan obat cacing secara gratis bagi masyarakat Indonesia.

Program yang rutin diadakan pada Februari dan Agustus melalui Posyandu dan Puskesmas itu merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memenuhi kecukupan asupan vitamin A secara nasional dan menekan jumlah kasus kaki gajah.

Terdapat dua jenis kapsul, yaitu kapsul biru dengan dosis 100.000 IU untuk bayi berusia 6 hingga 11 bulan dan kapsul merah dengan dosis 200.000 IU untuk anak berusia 12 hingga 59 bulan serta ibu dalam masa nifas.

Pemberian vitamin dosis tinggi ini dapat mengurangi risiko kematian akibat campak pada anak usia di bawah 2 tahun.

Baca Juga : Apa Saja Efek Imunisasi Bagi Kesehatan Anak?

Sementara itu, obat cacing dijelaskannya sebagai langkah pencegahan penyakit Filariasis (kaki gajah).

Obat cacing dikonsumsi untuk usia 12 bulan atau 23 bulan sebanyak setengah tablet. Sementara untuk usia satu tahun sampai 70 tahun perlu mengkonsumsi obat cacing sebanyak satu tablet.

Selain untuk itu, vitamin A dan obat cacing juga punya banyak manfaat lain dan memberikan dampak yang baik untuk pertumbuhan Si Kecil. Apa saja? Yuk kita cari tahu Moms!

Manfaat Vitamin A

  • Perkembangan tulang, gigi dan jaringan, sehingga membantu membangun struktur tubuh yang tepat.
  • Perbaikan cepat tulang, otot, dan jaringan jika ada kerusakan. Anak-anak cenderung sering jatuh dan mengalami kecelakaan.
  • Pengembangan penglihatan yang tepat karena vitamin A sangat penting untuk retina yang sehat. Vitamin A bisa membantu meningkatkan penglihatan dalam kondisi cahaya redup.
  • Pertumbuhan selaput lunak dan sel kulit yang sehat.
  • Daya tahan tubuh Si Kecil yang cukup mendapat vitamin A akan menjadi lebih kebal. Apabila terkena diare, campak, atau penyakit infeksi lain, tidak mudah menjadi parah sehingga tidak membahayakan jiwa Si Kecil.

Baca Juga : Anak Sulit Tidur, Jangan-Jangan Terkena Cacingan!

Manfaat Obat Cacing

  • Obat cacing bisa membuat Si Kecil terbebas dari cacingan. Ini akan berdampak langsung pada kehadiran di sekolah dan peningkatan kemampuan menyerap pelajaran. Anak-anak yang menderita cacing kronis menderita bisa jadi terpaksa tidak masuk sekolah ketika sakit. Ketidakhadiran bisa jadi masalah karena mereka akan ketinggalan pelajaran dan kegiatan di sekolah.
  • Dengan mengonsumsi obat cacing, penyebaran cacing juga bisa dikurangi. Jika tidak dicegah dengan cara ini, cacing bisa dengan mudah menular ke orang lain. Orang lain juga kemudian akan sakit karena mengalami infeksi akibat cacing tersebut.

Nah, ternyata manfaat vitamin A dan obat cacing cukup banyak ya Moms. jadi, jangan sampai lupa mengajak Si Kecil ke Puskesmas atau Posyandu terdekat untuk mendapatkan vitamin A dan obat cacing gratis.

(AND)

Artikel Terkait