KESEHATAN
30 September 2019

Penasaran dengan Manfaat Buah Plum? Simak 4 di Antaranya untuk Kesehatan Moms!

Bahkan bermanfaat untuk mencegah kanker
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Moms pasti familiar dengan buah plum, buah yang berwarna merah kehitaman, dan bentuknya mirip dengan buah apel namun lebih kecil. Buah plum sangat bergizi dan memiliki beragam manfaat untuk kesehatan lho.

Selain mengandung banyak vitamin dan mineral, juga diperkaya dengan serat dan antioksidan tinggi, yang dapat membantu mengurangi risiko beberapa macam penyakit kronis.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan, Bisa untuk MPASI!

Moms bisa mengonsumsinya secara langsung ataupun dibuat kering. Buah plum kering atau utuh terkenal mampu memperbaiki beberapa masalah kesehatan, termasuk sembelit dan osteoporosis.

Untuk mendapatkan informasi lebih detail mengenai manfaat buah plum, langsung cek di bawha ini ya Moms.

1. Mengatasi Sembelit

manfaat buah plum

Foto: healthline.com

Menurut US National Library of Medicine, buah plum yang kaya akan serat dapat membantu mengatasi sembelit. Senyawa fenolik dalam buah ini memiliki efek pencahar.

Buah plum kering juga bermanfaat untuk meningkatkan frekuensi dan konsistensi feses, sehingga meningkatkan fungsi pencernaan. Memakan buah plum secara rutin dapat meningkatkan konsistensi feses lebih baik daripada psyllium (pisang raja, yang bijinya digunakan sebagai pencahar).

2. Mengurangi Risiko Diabetes

manfaat buah plum

Foto: kataeb.org

Dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh Departemen Kinesiologi dan Nutrisi, Universitas Illinois di Chicago, AS, ditemukan bahwa berbagai senyawa bioaktif dalam plum seperti sorbitol, asam kuinat, asam klorogenat, vitamin K1, tembaga, kalium, dan boron, mampu bekerja secara sinergis membantu mengurangi risiko diabetes.

Baca Juga: 3 Gejala Diabetes yang Mudah Dikenali

Manfaat buah plum juga meningkatkan kadar adiponektin dalam serum, hormon yang mengatur kadar gula darah. Sedangkan serat dalam plum berperan untuk membantu memperlambat penyerapan karbohidrat.

Jenis buah ini juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga membantu pengobatan diabetes. Senyawa fenolik dalam plum juga membantu memberikan efek ini.

Ditambah jika kita ngemil buah plum kering juga dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi risiko diabetes dan penyakit serius lainnya. Namun batasi konsumsi 4-5 buah plum per hari, karena buah ini juga padat gula. Akan lebih sempurna jika konsumsinya dibarngi dengan beberapa protein, seperti kacang.

3. Mencegah Kanker

manfaat buah plum

Foto: news.sky.com

Dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh Departemen Ilmu dan Nutrisi Makanan, University of Minnesota, St. Paul, ditemukan bahwa manfaat buah plum kering dapat membantu mengubah faktor risiko kanker kolorektal.

Baca Juga: 10 Fakta Seputar Kanker Payudara Yang Perlu Mama Tahu

Diketahui bahwa ekstrak buah plum berhasil membunuh bahkan bentuk sel kanker payudara yang paling agresif sekalipun. Lebih menariknya, sel-sel sehat normal tetap tidak terpengaruh.

Efek ini dikaitkan dengan dua senyawa dalam plum, asam klorogenat dan asam neoklorogenik. Meskipun asam ini sangat umum dalam buah-buahan, kadar dalam buah plum tampaknya lebih tinggi.

4. Melindungi Hati

manfaat buah plum

Foto: froghollow.com

Manfaat buah plum dapat mengendalikan hipertensi, sehingga melindungi jantung. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Departemen Farmakologi & Terapi, Fakultas Kedokteran Shifa, Pakistan, individu yang mengonsumsi jus buah plum memiliki tingkat tekanan darah yang lebih rendah.

Selain itu, orang-orang ini juga memiliki kadar kolesterol jahat dan kolesterol total yang lebih rendah. Asupan buah plum secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol.

Itu dia Moms beberapa manfaat buah plum untuk kesehatan. Bahkan penyakit kronis pun bisa diobati lho.

Artikel Terkait