KESEHATAN
29 Mei 2019

Penelitian Menunjukkan Bahwa Orang yang Mandi Lama Merupakan Tanda Tak Bahagia, Apa Moms Termasuk?

Mandi lama dengan air hangat merupakan tanda tak bahagia?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Biasanya, salah satu cara untuk merelaksasi tubuh dan pikiran adalah dengan mandi. Ya, demi mendapat tubuh dan pikiran yang rileks, bukan tak mungkin kita menghabiskan waktu berjam-jam di kamar mandi.

Namun, tahukah kamu bahwa mandi terlalu lama bisa menjadi tanda tak bahagia? Mandi terlalu lama bisa dikatakan bahwa diri kita merasa kesepian.

Departemen Psikologi di Universitas Chicago mendefinisikan kesepian sebagai kesusahan yang dihasilkan dari perbedaan antara hubungan sosial yang ideal dan yang dirasakan.

Baca Juga: Trik Mengatasi Balita yang Susah Mandi dengan 4 Cara Menyenangkan

Menurut para peneliti di Universitas Yale, orang-orang yang mandi air hangat atau mandi terlalu lama cenderung tidak bahagia dengan hidupnya.

"Semakin kesepian seseorang, semakin sering mandi. Semakin sering mereka mandi, mereka akan semakin lama berendam atau di bawah shower," kata psikolog John Bargh, PhD, seorang peneliti di Yale University.

Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa air panas di bak mandi atau dari pancuran bertindak sebagai pengganti teman dan benar-benar dapat menghilangkan perasaan terisolasi dan pengucilan.

Menurut psikolog dari Harvard University, Matthew Killingsworth dan Daniel Gilbert, fokus mental memengaruhi kebahagiaan seseorang.

“Mereka menemukan bukti bahwa sebagian besar pikiran kita tidak sejalan dengan apa yang kita lakukan.”

Baca Juga: Benarkah Mandi Malam Bisa Bikin Rematik?

Manfaat Mandi dengan Air Hangat

mandi terlalu lama

Walaupun penelitian mengungkapkan jika mandi terlalu lama yang menggunakan air hangat bisa mengindikasikan tanda tak bahagia, ternyata banyak manfaat dari mandi dengan air hangat lho!

Menurut psikolog Neil Morris, yang menyurvei 80 orang, mandi dapat mengurangi perasaan depresi dan pesimis.

Dr. John Harcup, ketua Komite Penasihat Medis untuk British Spa Foundation mengatakan bahwa mandi memberi kita semacam kombinasi indah antara keterasingan, ketenangan, dan kenyamanan.

Tidak hanya itu, mandi lama dengan air hangat juga bisa membuat tidur lebih nyenyak.

Berendam dalam bak air hangat akan menaikkan suhu tubuh kita dan tubuh lebih cepat mendingin kembali, sehingga memicu produksi melatonin dan hal tersebut membuat kita lebih cepat untuk tidur.

Bahkan, mandi lama dengan air hangat bisa membakar banyak kalori sebaik kita berjalan kaki.

Baca Juga: Bolehkah Memandikan Balita Menggunakan Air Dingin?

Waktu Ideal untuk Mandi

mandi terlalu lama

Jika penelitian telah mengungkapkan bahwa mandi terlalu lama tanda tak bahagia, ternyata ada waktu ideal untuk mandi.

Ternyata, rata-rata yang diperlukan seseorang untuk mandi bersih adalah 8-10 menit. Waktu ini dianggap ideal karena bisa membersihkan seluruh tubuh.

Namun, jika melihat pemakaian air yang digunakan yang bisa berimbas kepada ramah lingkungan, waktu 5 menit bisa menjadi waktu ideal untuk mandi.

Walau begitu, masih diperbolehkan untuk mandi lama hanya untuk relaksasi tubuh. Tetapi, cukup seminggu sekali. Kalau Moms sendiri, biasanya berapa lama menghabiskan waktu untuk mandi?

(SA/INT)

Artikel Terkait