DI ATAS 5 TAHUN
4 April 2019

Pengaruh Alergi Pada Berat Badan Anak

Ketika anak mengalami alergi, apakah dapat memengaruhi berat badannya? Ini penjelasannya.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama


Kesehatan tubuh anak tentunya menjadi perhatian orangtua karena berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangannya. Hal yang wajib diperhatikan orangtua ketika anak mempunyai alergi tertentu.

Ya, alergi tak hanya dapat dialami orang dewasa namun juga rentan terjadi pada anak-anak.

Alergi pada anak dapat membahayakan kesehatannya hingga berdampak untuk pertumbuhannya karena kekebalan tubuh anak masih rendah dibandingkan orang dewasa.

Alergi pada anak tentunya tidak bisa disamaratakan karena semua kembali pada masing-masing anak. Umumnya, alergi dipicu oleh makanan, hewan, udara, debu, hingga bakteri dan virus.

Baca Juga : Kenali Penyebab dan Ciri-ciri Anak Terkena Alergi Dingin

Alergi dapat menyerang berbagai bagian tubuh anak seperti kulit dan saluran pernapasannya. Alergi ternyata juga memengaruhi pertumbuhan anak yaitu berat badannya.

Perlu diketahui bahwa pertumbuhan anak akan berjalan pesat ketika anak berusia 1 tahun dan semakin melambat setelah usia tersebut.

Memantau pertumbuhan anak seperti berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepalanya ke dokter atau fasilitas kesehatan dapat dilakukan.

Moms juga bisa memantau pertumbuhan anak dengan acuan memakai KMS atau Kartu Menuju Sehat.

Lalu, bagaimana alergi pada anak berpengaruh pada pertumbuhan anak? Simak ulasan selengkapnya!

Hubungan Alergi dengan Berat Badan Anak

Foto: guidelineshealth

Seorang dokter spesialis gizi klinik, DR. dr. Francisca A Tjakradidjaja, yang praktik di RS Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa mengungkapkan hubungan antara alergi yang dialami anak dan berat badan anak.

“Anak yang memiliki alergi dan tidak punya alergi sama-sama punya kesempatan untuk naik berat badannya. Jadi, hal yang dihindari adalah pemicu alergi anak itu sendiri,"  ujar dr. Francisca saat Kulwap Orami Community pada Kamis (26/2) lalu.

Menurut dr. Francisca, jika anak sering kambuh reaksi alerginya, dapat berpengaruh pada nafsu makan yang menurun, asupan gizi yang kurang, sehingga berat badannya sulit untuk naik,” 

Untuk itu, penting bagi orangtua mengetahui penyebab atau pemicu alergi pada anak. Kemudian, memastikan anak menjauh atau terhindar dari pemicu tersebut.

“Penting juga untuk menjaga anak tidak berkontak langsung dengan alergen penyebab alergi. Jika anak alergi pada jenis makanan tertentu, kita bisa memilih bahan makanan dari sumber lainnya agar gizi dan nutrisi anak tetap terpenuhi,” lanjut dr. Francisca.

Baca Juga : Waspadai 5 Gejala Anak Alergi Makanan Berikut Ini

Tips agar Berat Badan Anak Cepat Naik

Foto: smh

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan pertumbuhan berat badan anak sesuai dengan usianya. Nah, jika berat badan sulit naik, tak perlu khawatir, Moms.

Hal ini bisa diatasi dengan mengevaluasi terlebih dulu menu makanan harian anak dan aktivitas yang anak lakukan setiap hari.

Menurut dr. Francisca, berat badan anak sulit naik sering terjadi juga karena asupan makanan tidak sebanding dengan aktivitas yang anak lakukan sehari-hari.

“Seiring dengan pertambahan usia, berat badan anak juga harus bertambah. Menu makanan yang diberikan harus memenuhi gizi seimbang," jelas dr. Francisca.

Lalu, sambung dr. Francisca, lihat juga porsi makan anak sebaiknya cukup, tidak berlebih atau kurang. Kemudian perhatian kebutuhan aktivitas anak harus sesuai dengan porsi makannya.

Selalu memantau kesehatan anak itu penting dilakukan. Jika terjadi gangguan penyakit, seperti infeksi penyakit tertentu, gangguan pada pencernaannya seperti cacingan, segera periksakan agar pertumbuhan anak tidak terganggu.

Jadi, anak dengan alergi atau tidak, sama-sama membutuhkan perhatian agar berat badannya bisa naik secara konsisten, ya, Moms.

(DG/CAR)

Artikel Terkait