PASCA MELAHIRKAN
25 November 2019

Pengaruh Korset Setelah Melahirkan, Benarkah Ampun Melangsingkan?

Banyak perubahan yang terjadi pada tubuh ibu hamil
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Yuk, Moms. Simak pengaruh korset setelah melahirkan berikut ini.

Banyak artis luar negeri yang menggunakan korset pasca persalinan, yang konon bisa membantu mengembalikan bentuk tubuh. Artis-artis itu termasuk, Kim Kardashian dan juga Jessica Alba.

Di dalam negeri, Yulia Baltschun, bukan sekadar endorsement, juga mempelajari bagaimana kerja korset pasca-melahirkan.

Kata Sherry Ross, MD, seorang OB-GYN dan kesehatan wanita, spesialis di Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica, California mengatakan pengaruh korset setelah melahirkan cukup besar, bisa membantu posisi pinggang seperti sebelum hamil.

Namun, bukan berarti bisa melangsingkan seperti yang banyak diklaim produk tersebut.

Ini dia pengaruh korset setelah melahirkan yang bisa Moms ketahui.

Baca Juga: Stagen alias Gurita, Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan?

Apakah Bisa Menurunkan Berat Badan?

Pengaruh Korset Setelah Melahirkan 01.jpg

Foto: reviews.in

Banyak perubahan yang terjadi pada tubuh ibu hamil. Secara biologis terjadi perubahan retensi air dan hormon yang tidak serta-merta berubah begitu si kecil lahir. Bahkan ada beberapa perempuan yang kadar air dan hormonnya justru meningkat usai persalinan.

Dr Ross mengatakan kalau dibutuhkan sekitar dua minggu agar retensi tiba-tiba menghilang, dan sekitar dua minggu lagi untuk sisanya memudar. Sementara itu, seorang ibu baru masih menunggu rahimnya menyusut dari ukuran semangka ke ukuran pir, yang bisa memakan waktu hingga enam minggu, kata Dr. Ross.

Selama ini, pengaruh korset setelah melahirkan diklaim bisa membantu mengurangi retensi air dan mengecilkan rahim. Padahal, hal ini tidak terbukti secara ilmiah.

"Faktanya, belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa sabuk pemulihan postpartum membantu menurunkan berat badan," kata Dr Ross.

Holly Perkins, spesialis kekuatan dan pengkondisian bersertifikat dan penulis Lift to Get Lean mengatakan bahwa pengaruh korset setelah melahirkan tidak serta merta membakar lemak atau pun mengurangi retensi air pada beberapa bagian tubuh.

Baca Juga: Manfaat, Prosedur, dan Biaya Laser Vagina untuk Mengencangkan Otot Organ Intim Usai Melahirkan Normal

Haruskah Mencoba Korset?

Pengaruh Korset Setelah Melahirkan 02.jpg

Foto: nydailynews.com

Jika hanya bertujuan untuk efek pelangsingan sementara, tidak ada salahnya mencoba korset yang dibuat khusus untuk pasca-melahirkan.

"Korset ideal untuk keluar malam di kot untuk mendukung perut yang lebih kencang sehingga menambah kepercayaan diri. Apalagi kepercayaan diri ibu baru bisa sangat membantu dalam penyembuhan trauma yang kerap dialami ibu baru," kata Dr. Ross.

Tetapi jika seorang ibu baru ingin mengenakan korset yang benar-benar opsional, Dr. Ross lebih suka ia memakai celana pendek kompresi.

"Celana pendek kompresi bertingkat dapat memainkan peran penting dalam menambahkan dukungan ke panggul, pinggul, dan paha segera setelah melahirkan dan membantu dengan aliran limfatik," catat Marianne Ryan, seorang ahli terapi fisik di New York City, yang sering merekomendasikan celana pendek kompresi.

Baca Juga: Stretch Mark Setelah Melahirkan? Ini Cara Alami Menghilangkannya

Korset untuk Operasi Caesar

Pengaruh Korset Setelah Melahirkan 03.jpg

Foto: flo.health

Bagaimana dengan pengaruh korset setelah melahirkan yang diperuntukkan bagi mereka yang menjalani operasi caesar?

Menurur sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Kansas Journal of Medicine, sabuk postpartum C-section dapat memperkuat otot perut, membantu menyembuhkan bekas luka C-section, dan mencegah infeksi.

Bicaralah dengan dokter tentang apakah harus menggunakan pakaian ini setelah operasi bedah Caesar.

Jika demikian, ia juga dapat membantu menemukan sabuk pascapersalinan terbaik.

Nah, Moms. Itulah pengaruh korset setelah melahirkan yang bisa Moms ketahui. Sekarang, apakah Moms berniat untuk memakainya?

(TPW/DIN)

Artikel Terkait