KEHAMILAN
27 Februari 2020

Penglihatan Kabur Selama Kehamilan, Apa Penyebabnya?

Berkurangnya produksi air mata merupakan salah satu penyebab penglihatan kabur saat hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Mual, kaki bengkak, pertambahan berat badan, sakit punggung merupakan dampak dari kehamilan yang umumnya Moms rasakan. Selain itu, tidak sedikit juga ibu hamil merasakan keanehan pada penglihatan mereka saat hamil.

Banyak calon ibu yang mengalami penglihatan kabur selama kehamilan. Atau menemukan bahwa mata menjadi kering dan gatal selama kehamilan bahkan kacamata atau lensa kontak Anda pun berubah sementara waktu.

Baca Juga: Benarkah Mata Minus Tinggi Harus Melahirkan Caesar?

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Deutsches Ärzteblatt International, perubahan penglihatan terjadi pada sekitar 15 persen kehamilan dan tidak berbahaya untuk sebagian besar yang mengalaminya.

Perubahan ini dapat terjadi kapan saja selama kehamilan, dan penglihatan kabur secara spesifik dapat terjadi sebagai gejala yang berdiri sendiri, atau sebagai bagian dari gejala lain, seperti mual di pagi hari atau migrain.

Penyebab Penglihatan Kabur saat Hamil

Untungnya, penglihatan kabur selama kehamilan ini bersifat sementara dan penglihatan Moms akan kembali normal setelah melahirkan. Lalu, Apa penyebab penglihatan kabur selama kehamilan? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Berkurangnya Produksi Air Mata

Ilustrasi mata

Foto: Orami Photo Stock

Moms, berkurangnya produksi air mata merupakan salah satu penyebab penglihatan kabur selama kehamilan. Hal ini karena hormon kehamilan yang dapat menyebabkan mata kering, iritasi, dan ketidaknyamanan.

2. Tekanan Mata

Retina Mata.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Hormon kehamilan juga menyebabkan penumpukan cairan di mata Moms, seperti halnya membuat pergelangan kaki membengkak. Hal ini dapat menyebabkan perubahan kelengkungan mata yang dapat memengaruhi penglihatan kabur selama kehamilan.

3. Penebalan Kornea

Mata-Hero.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Menurut sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam The Turkish Journal of Ophthalmology, edema kornea dapat menyebabkan penebalan kornea selama akhir kehamilan, yang dapat membuat mata terasa lebih sensitif dan dapat menghasilkan gangguan visual seperti penglihatan kabur.

Perubahan ini juga terkadang membuat memakai lensa kontak menjadi kurang bisa ditoleransi.

4. Perubahan pada Penglihatan

4 Penyebab Penglihatan Buram selama Kehamilan, Simak di Sini!.jpg

Kelenjar pituitari Moms tumbuh selama kehamilan. Hal ini dapat menyebabkan perubahan pada penglihatan. Banyak wanita mengalami penurunan penglihatan tepi atau berkurangnya penglihatan selama kehamilan.

Baca Juga: Usia Berapa Bayi Bisa Melihat dengan Jelas? Ketahui Tahap Perkembangan Penglihatannya

5. Preeklamsia

penyebab [englihatan buram saat hamil

Preeklamsia merupakan kondisi serius yang menyebabkan peningkatan tekanan darah dan protein dalam urin. Jika tidak diobati, preeklamsia dapat mengancam jiwa bagi ibu dan anak.

  • Gejala visual termasuk perubahan dalam penglihatan, penglihatan kabur, kehilangan penglihatan, dan sensitivitas cahaya.
  • Gejala terkait lainnya termasuk sakit kepala, mual, muntah, sesak napas, dan kenaikan/pembengkakan berat badan.
  • HELLP adalah varian preeklampsia yang juga dapat menghasilkan gejala penglihatan kabur.

6. Diabetes Kehamilan

penyebab penglihatan kabur saat hamil

Diabetes gestasional adalah komplikasi kehamilan yang menghasilkan kadar gula darah tinggi dan biasanya terjadi pada pertengahan hingga akhir kehamilan.

  • Ketika gula darah tidak seimbang, Moms mungkin mengalami gejala visual seperti penglihatan kabur.
  • Penglihatan kabur mungkin juga disertai dengan pusing, pingsan, kehilangan konsentrasi, atau sakit kepala.
  • Jika memiliki diabetes gestasional, penglihatan kabur mungkin merupakan tanda bahwa gula darah Moms tidak terkontrol dengan baik, dan Moms harus mendiskusikan hal ini dengan dokter kandungan sehingga masalahnya dapat diatasi.

Baca Juga: Bisakah Ibu dengan Mata Minus Melahirkan Normal?

Mengalami serangan penglihatan kabur selama kehamilan bisa menakutkan dan membingungkan. Mungkin menyenangkan mengetahui bahwa Moms tidak sendirian.

Begitu banyak ibu hamil mengalami penglihatan kabur di beberapa titik selama kehamilan. Tak lupa untuk memberitahu dokter kandungan bila Moms menderita gejala penglihatan kabur selama kehamilan. Karena ada kemungkinan bahwa apa yang Moms alami menunjukkan masalah yang lebih serius.

Namun, berdasarkan banyak kasus, sebagian besar contoh penglihatan kabur adalah normal dan diselesaikan segera setelah bayi lahir.

Artikel Terkait