KEHAMILAN
30 Mei 2020

5 Pengobatan Rumahan Jerawat pada Ibu Hamil, Mudah

Cuka sari apel hingga mentimun diyakini bisa menjadi obat rumahan jerawat saat hamil, loh!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Dina Vionetta

Tidak semua calon ibu mengalami glowing saat kehamilan. Beberapa malah merasakan kulit yang bermasalah seperti jerawat saat hamil. Perubahan hormon selama kehamilan diyakini sebagai penyebab jerawat saat hamil.

Menurut American College of Obstetricians and Gynaecologists, jerawat adalah salah perubahan yang paling umum terjadi selama kehamilan. Walupun obat serta resep bertebaran bebas, Moms tentu memiliki kekhawatiran tentang kemungkinan risiko menggunakan produk tersebut selama kehamilan.

Obat Rumahan Jerawat Saat Hamil

Keuntungannya, jerawat saat hamil bersifat sementara dan akan hilang setelah hormone kembali seimbang selepas melahirkan. Tapi, ada beberapa obat rumahan jerawat saat hamil yang bisa Moms lakukan :

1. Cuka Sari Apel

08 SARI CUKA APEL - sumber momlovesbest.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Moms memiliki cuka sari apel? Nah, cuka sari apel diyakini bisa menjadi obat rumahan jerawat saat hamil. Caranya, campurkan satu bagian cuka sari apel mentah tanpa filter ke tiga bagian air suling. Hal ini akan menghasilkan toner yang kaya akan enzim alami dan asam alfa hidroksi.

Rendam bola kapas dengan campuran cuka sari apel yang diencerkan dan oleskan ke kulit secara perlahan.

Penting untuk mencairkan cuka sari apel dengan air suling, dan jika terjadi kekeringan yang berlebihan, perawatan ini harus dihentikan. Jangan gunakan cuka murni pada kulit, karena sangat asam dan dapat menyebabkan luka bakar.

2. Buah Citrus

Obat rumahan jerawat saat hamil

Foto: Orami Photo Stocks

Moms, asam alfa hidroksi ditemukan dalam buah jeruk seperti lemon dan limau. Ketika jus lemon atau jeruk nipis dioleskan ke kulit, maka membantu membuka pori-pori dan melepaskan sel kulit mati, sifat astringen dan antibakteri ini membuatnya efektif sebagai exfoliant.

Peras jus dari lemon atau jeruk nipis dan oleskan langsung ke bintik-bintik dengan bola kapas. Biarkan selama 10 menit atau sampai kering, lalu bilas dengan air dingin.

Baca Juga:Mencegah Jerawat Saat Hamil, Lakukan 4 Cara Ini

3. Madu

Madu

Foto: Orami Photo Stocks

Madu memiliki sifat antibakteri dan antiseptic, sehingga mampu menenangkan kulit serta bisa menjadi alternative obat rumahan jerawat saat hamil.

Untuk mengaplikasikannya, bilas dulu wajah Moms dengan air hangat. Oleskan madu langsung ke daerah yang terkena. Biarkan di kulit Anda selama 20 hingga 30 menit. Bilas dengan air hangat.

4. Minyak Kelapa

Obat rumahan jerawat saat hamil

Foto: Orami Photo Stocks

Berdasarkan International Journal of Molecular Sciences, minyak kelapa memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Sumber terpercaya. Ini juga menenangkan kulit dan sangat mudah diserap. Oleskan minyak kelapa murni alih-alih pelembab sebelum tidur.

5. Oatmeal dan Mentimun

Obat rumahan jerawat saat hamil

Foto: Orami Photo Stocks

Mentimun dan oatmeal menawarkan sifat menyejukkan dan mendinginkan bagi kulit. Untuk obat rumahan jerawat saat hamil, Cukup campur, masukkan ke dalam freezer, dan oleskan ke wajah Moms selama 10 hingga 15 menit sebelum dicuci.

Untuk memaksimalkan obat rumahan jerawat saat hamil, Moms pun bisa memulai langkah-langkah kecil berikut ini:

  • Cuci area bermasalah dengan pembersih yang lembut. Dua kali sehari, gunakan tangan untuk mencuci wajah dengan sabun lembut dan air hangat. Hindari produk-produk tertentu, seperti lulur wajah, astringen dan masker, karena mereka cenderung mengiritasi kulit, yang dapat memperburuk jerawat. Mencuci dan menggosok secara berlebihan juga bisa mengiritasi kulit.
  • Shampo secara teratur. Jika cenderung mengembangkan jerawat di sekitar garis rambut, keramas rambut setiap hari.
  • Jangan memencet jerawat. Hal itu dapat menyebabkan infeksi atau jaringan parut.
  • Perhatikan apa yang menyentuh kulit. Jaga rambut bersih dan jauh dari wajah. Juga hindari meletakkan tangan atau benda di wajah.

Baca Juga:Tea Tree Oil untuk Mengatasi Jerawat saat Hamil, Amankah?

Jerawat saat hamil merupakan kondisi yang alami dan normal.Walaupun tidak menyenangkan, jangan membuat Moms merasa terlarut dalam hal yang negative. Bila tak kunjung selesai, bicarakan dengan dokter tentang apa yang terbaik serta aman untuk diri sendiri dan Si Kecil dalam kandungan.

Artikel Terkait