DI ATAS 5 TAHUN
25 November 2019

Penting Memasang Behel untuk Anak Remaja! Bukan Sekadar Tren!

Moms, peduli dengan kondisi gigi dan gusi anak yuk!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms, saat Si Kecil mulai tumbuh menjadi seorang remaja, tentu saja gaya hidup Si Kecil akan jadi berubah. Bersama teman sebayanya, anak remaja cenderung akan mengikuti tren yang sedang muncul dari hari ke hari.

Belakangan ini, tren yang sedang ramai digandrungi oleh para remaja adalah penggunaan behel pada gigi mereka. Memasang behel seolah menjadi hal yang harus dilakukan oleh remaja masa kini.

Mereka seperti berlomba-lomba dalam memasang behel untuk menunjukkan keikutsertaan mereka dalam mengikuti tren yang sedang berkembang.

Baca Juga: Anak Takut ke Dokter Gigi? Ini Cara Atasinya!

Melihat fenomena tersebut, para Moms terkadang bingung untuk menyikapinya. Dalam benak Moms biasanya akan terbesit pertanyaan seberapa penting memasang behel pada remaja.

Tak perlu khawatir lagi Moms, kini akan dibahas seberapa penting pemasangan behel pada remaja. Melansir dari Babygaga, ada beberapa hal yang membuat remaja penting memasang behel.

Berikut alasan mengapa penting memasang behel tepat pada gigi para remaja:

Kondisi Gigi Underbite

memasang behel

Foto: pixabay

Kondisi gigi setiap orang berbeda-beda, pun dengan Si Kecil yang kini sudah memasuki usia remaja.

Sebagian remaja mengalami underbite pada kondisi giginya. Kondisi gigi underbite adalah kondisi gigi bawah yang lebih maju dibanding dengan gigi bagian atas.

Menurut AWBraces.com, jika anak remaja mengalami kondisi underbite, kemungkinan dapat mempengaruhi kemampuan makan dan berbicara.

Baca Juga: Yuk, Ketahui 5 Penyebab Gigi Berlubang Pada Anak

Kondisi Gigi Overbite

memasang behel

Foto: pixabay

Tak hanya underbite, sebagian anak mengalami kondisi overbite pada giginya. Berbeda dengan underbite, kondisi overbite terjadi saat gigi atas lebih maju dibanding dengan gigi bawah.

AWBraces mentarakan bahwa anak remaja yang mengalami kondisi overbite dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan gusinya.

Gigi Tumbukan

memasang behel

Foto: pixabay

Senyum setiap orang berbeda, dan gigi kita tidak lurus secara alami. Dokter gigi mungkin menyadari bahwa gigi dewasa anak remaja telah rapi, tetapi gigi itu terlalu penuh.

Kepadatan adalah ketika tidak ada cukup ruang untuk gigi mereka di mulut mereka. Memasang behel pada gigi remaja dapat membantu meluruskan gigi mereka dan memperluas palet mereka sehingga ada ruang yang cukup untuk semua gigi mereka.

TDOrtho.com telah melaporkan bahwa kepadatan yang berlebihan dapat memberi orang kesempatan lebih tinggi terkena penyakit gusi karena mereka mungkin tidak dapat membersihkan gigi secara efisien. Dalam kondisi ini, anak yang memasuki usia remaja penting memasang behel.

Baca Juga: Apa Akibatnya Jika Lalai Memeriksakan Anak ke Dokter Gigi?

Kecelakaan

memasang behel

Foto: pixabay

Moms, kadang kala kita tidak menginginkan sesuatu buruk terjadi pada diri sendiri maupun orang tersayang di sekitar.

Namun jika takdir berkata lain, kita harus menerima hal tersebut. Pun misal dengan kecelakaan yang melanda anak remaja secara tiba-tiba.

Saat kecelakaan itu menyebabkan gigi anak remaja tidak rata bahkan rontok, maka solusi yang pas untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan memasang behel untuk dirinya.

Hal itu membuat gigi anak remaja yang rusak karena kecelakaan kembali rapi setelah memasang behel.

Baca Juga: Trauma Gigi dan Gusi pada Anak, Ini Cara Mengatasinya

Menurut The Journal of The American Dental Association, behel disebut "peralatan ortodontik", dapat sama tidak menariknya - atau sebagai nyata - seperti yang diinginkan pasien.

Behel terbuat dari logam, keramik, plastik atau kombinasi dari bahan-bahan ini. Beberapa behel punya warna jelas atau berwarna gigi. Tersedia dua jenis behel: behel fix, yang dipakai sepanjang waktu dan hanya bisa dilepas oleh dokter gigi.

Lalu, behel yang dapat dilepas, yang bisa dikeluarkan pasien dari mulutnya. Dokter gigi akan memilih jenis berdasarkan kebutuhan perawatan pasien dan seberapa baik ia akan mengikuti instruksi mengenai perawatan dan kebersihan mulut.

Yuk, ajak anak Moms ke dokter gigi untuk memeriksakan kondisi giginya dan penting memasang behel ketika giginya bermasalah!

Artikel Terkait