DI ATAS 5 TAHUN
17 Agustus 2018

Pentingkah Behel Gigi untuk Anak-anak?

Sekadar ikut tren atau memang butuh, nih?
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Merawat dan membentuk gigi memang seharusnya sudah dilakukan sejak dini. Jangan sampai menunggu sampai anak sudah dewasa baru mengatasi beragam masalah gigi dan mulut.

Namun, apa saja tanda kalau anak memang perlu pasang kawat gigi (behel)? Atau jangan-jangan hanya karena ikut tren saja maka anak minta pakai behel? Supaya lebih jelas, Moms bisa simak penjelasan lengkap berikut ini.

Mengapa Anak Butuh behel Gigi?

Si kecil mungkin membutuhkan kawat gigi anak untuk merapikan bentuk dan formasi gigi yang berantakan. Misalnya kalau gigi tumbuh tumpang tindih, banyak gingsul, atau gigi atas dan gigi bawah tidak rata.

Menurut seorang dokter anak sekaligus editor medis di Kids Health, Amerika Serikat, dr. Larissa Hirsch mungkin juga gigi anak tumbuh terlalu banyak sehingga gusi jadi penuh dan sesak. Tentu hal ini bikin anak merasa tidak nyaman.

Selain itu, mungkin ada alasan medis lainnya mengapa anak butuh behel gigi. Cara terbaik untuk mencari tahu apakah anak perlu pasang behel adalah dengan periksa ke dokter gigi anak. Dokter gigi akan menganjurkan perawatan terbaik apa yang dibutuhkan anak.

Manfaat Behel Gigi Untuk Anak-Anak

Behel gigi memang bermanfaat untuk mendorong anak agar lebih percaya diri dengan penampilannya nanti. Gigi yang rapi dan mulut yang sehat tentu bakal membuat si kecil jadi tampak lebih menarik.

Di samping itu, behel gigi bisa membantu proses pencernaan si kecil. Pasalnya, kalau makanan sudah dikunyah dengan sempurna oleh rahang, usus dan lambung tak perlu bekerja lebih keras lagi. Behel gigi untuk anak-anak juga akan mencegah masalah gigi tidak rata di kemudian hari.

Kapan Harus Mulai Pasang Behel?

Sesuai anjuran dari The American Association of Orthodontists, Moms bisa memeriksakan gigi anak ke dokter mulai usia tujuh tahun. Setelah itu, dokter akan mempertimbangkan setiap kemungkinannya. Misalnya apakah semua gigi susu anak sudah tanggal dan kalau ada gigi yang harus dicabut.

Biasanya, anak umur enam atau tujuh tahun sudah bisa pasang behel. Ingat, sebaiknya Moms tidak menunggu sampai anak menginjak usia remaja. Semakin dini anak pasang behel, semakin mudah pula gigi dan gusinya dibentuk.

Bagaimana Kalau Anak Takut Pakai Behel Gigi?

Bila si kecil memang harus pakai kawat gigi tapi ia gugup dan takut, Moms bisa coba tunjukkan foto-foto selebritis kesukaan anak yang pakai kawat gigi.

Berikan kebebasan bagi anak untuk memilih sendiri jenis behel yang disukainya, misalnya yang transparan atau warna biru favoritnya. Lama-lama anak pun akan terbiasa dengan penampilan barunya.

Apakah buah hati Moms juga pakai behel gigi untuk anak-anak? Ceritakan pengalaman Moms dan si kecil di bagian komentar, yuk!

 

(IA)

Artikel Terkait