KESEHATAN
12 Juli 2020

Pentingkah Minum Multivitamin untuk Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh?

Apa saja yang dibutuhkan tubuh kita?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Amelia Puteri

Menggunakan masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan adalah peraturan umum yang dijalankan semua orang di seluruh dunia saat ini. Tidak ada lagi yang bisa dilakukan, kecuali menunggu vaksin COVID-19 selesai dikembangkan.

Namun ada hal lainnya yang sekarang juga penting dan seharusnya tidak kalah pentingnya dari kebersihan tangan yang baik, yaitu menjaga sistem kekebalan tubuh dengan baik.

Menjaga sistem kekebalan tubuh biasa kita lakukan dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Selain itu, biasa dilakukan juga dengan minum multivitamin yang tepat.

Jadi pentingkah konsumsi multivitamin untuk sistem kekebalan tubuh? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: 5 Manfaat Grapefruit Bagi Anak, Bagus untuk Kekebalan Tubuh!

Pentingkah Multivitamin untuk Sistem Kekebalan Tubuh?

multivitamin untuk sistem kekebalan tubuh

Foto: Orami Photo Stock

Banyak yang mungkin bertanya-tanya, pentingkah peran multivitamin untuk sistem kekebalan tubuh kita?

"Langkah-langkah yang diambil semuanya penting. Tetapi penting juga untuk memperhatikan status gizi kita sehingga sistem kekebalan tubuh kita bisa berfungsi dengan baik," jelas Adrian Gombart, ahli biokimia.

Ini sangat penting dalam masa-masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, ketika kita cenderung menghibur diri dengan makan junk food.

Namun vitamin C, D, dan zat gizi mikro lainnya seperti seng, zat besi, dan selenium lebih penting untuk dikonsumsi. Jika kekurangan nutrisi ini dapat membuka pintu bagi virus karena tubuh tidak dapat mempertahankan diri terhadap benda jahat.

Artinya, setiap sel dalam tubuh kita menggunakan mikronutrien yang berbeda untuk berfungsi dengan baik. Zat gizi mikro termasuk vitamin, mineral dan asam lemak omega.

Tidak seperti makronutrien lain layaknya lemak, karbohidrat dan protein, mikronutrien tidak menyediakan energi bagi tubuh, tetapi tetap penting untuk fungsi dasar organisme. Tidak hanya untuk metabolisme sel, tetapi juga untuk sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Vitamin C di Bawah 100 Ribu untuk Jaga Daya Tahan Tubuh

Bisakah Suplemen Vitamin Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh?

multivitamin untuk sistem kekebalan tubuh

Foto: Orami Photo Stock

Dalam The Journal of Allergy and Clinical Immunology, sistem kekebalan tubuh membantu menghilangkan zat beracun atau alergi yang masuk melalui permukaan mukosa.

Lalu, bisakah konsumsi suplemen vitamin meningkatkan sistem kekebalan tubuh?

"Tidak ada data yang membuktikannya, namun satu pengecualian untuk seng," ujar Profesor Tim Spector, penulis buku 'The Diet Myth’.

Menurutnya, ada juga beberapa bukti bahwa jika kita mengonsumsi pil dalam jumlah yang banyak saat terkena flu biasa, dapat mengurangi gejalanya. Tapi kita harus mengatur waktu dengan tepat.

Jadi, bukti bahwa suplemen vitamin meningkatkan sistem kekebalan tubuh cukup samar. Kebanyakan dari multivitamin ini tidak bekerja pada sebagian orang. Banyak yang tidak diserap dengan baik oleh tubuh.

Baca Juga: Perlukah Memberi Suplemen Vitamin Pada Bayi yang Diberi Sufor?

Artikel Terkait