PERNIKAHAN & SEKS
8 Februari 2019

Pentingnya Bergabung di Komunitas untuk Membangun Keluarga yang Lebih Kuat

Komunitas bisa menjadi support system bagi para ibu
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan
Disunting oleh Intan

Ada beberapa hal yang bisa diperhatikan dalam membangun keluarga yang lebih kuat, yakni meminimalisir konflik, membentuk tujuan hidup, mengatasi masalah bersama pasangan, membangun ritual keluarga, dan memikirkan tujuan jangka panjang dalam keluarga.

“Dalam membangun ritual keluarga misalnya, atur momen untuk bertemu dan berkumpul dengan keluarga, serta atur waktu untuk kencan berdua dengan pasangan. Tidak ketinggalan, community ritual juga diperlukan,” ujar psikolog Eka Oktavia, M.Psi., dalam acara Parents Meet Up & Talkshow yang diselenggarakan oleh Super Special Mom.

Super Special Mom sendiri merupakan support group bagi moms yang dikaruniai anak berkebutuhan khusus dengan diagnosa seputar brain injured (cedera otak) dan GDD (Global Developmental Delayed). Acara yang diadakan pada Sabtu, 2 Februari 2019 itu juga dilanjutkan dengan sharing session.

Baca Juga: 9 Tipe Ibu yang Pasti Ada di Grup Chat, Moms Termasuk yang Mana?

dscf0528 edit

Talkshow tersebut juga dilaksanakan sekaligus dalam rangka launching akun Instagram Super Special Mom (@superspecialmom) dan perayaan satu tahun berdirinya komunitas Super Special Mom.

Disebutkan oleh Eka, komunitas ibu dan anak seperti Super Special Mom nyatanya juga memiliki fungsi untuk menumbuhkan kepercayaan diri, terutama bagi anak yang dikaruniai kebutuhan khusus.

Hal ini berfungsi agar ibu dan anak memiliki support system, sehingga mereka tidak merasa sendiri saat berjuang melawan kondisi spesial tersebut.

“Pada dasarnya percaya diri itu ketika kita merasa tidak berbeda dengan lingkungan, misalnya menjadi bagian dari lingkungan yang kita tinggali,” ucapnya.

Founder Super Special Mom, Namira Monda, berharap bahwa ke depannya komunitas ini menjangkau lebih banyak Moms dengan anak berkebutuhan khusus bahkan di luar grup Super Special Mom.

“Banyak request dari Moms yang membutuhkan sharing dan ingin mengikuti talkshow seperti ini, namun karena kapasitas peserta yang terbatas, saat ini hanya dilaksanakan untuk internal Super Special Mom. Untuk ke depannya semoga bisa dilaksanakan dengan cakupan peserta yang lebih besar,” ujar Namira.

(FIN)

Artikel Terkait