BALITA DAN ANAK
16 Agustus 2019

Pentingnya Menanamkan Sifat Empati pada Anak Sejak Dini

Tidak hanya pretasi, kepedulian anak terhadap orang di sekitarnya juga penting
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Pendidikan untuk anak memang penting, namun mengajarkan nilai-nilai lainnya pada anak, seperti sifat empati pada anak juga tidak kalah pentingnya. Meski anak Moms pintar namun tidak memiliki sifat empati terhadap orang lain, akan terasa ada yang kurang.

Semua orang tua pasti akan bahagia jika si anak juga tumbuh menjadi anak yang memiliki kepedulian yang besar terhadap orang lain. Penting untuk kita mengajarkan pada anak tidak hanya melihat segala sesuatu dari sudut pandang kita, namun juga dari sudut pandang orang lain.

Bagaimana cara menanamkan sifat empati pada anak sejak dini? Cara di bawah ini bisa menjadi jawaban yang tepat untuk para ibu.

Baca Juga: 6 Tips Membesarkan Anak Tunggal agar Tumbuh Mandiri dan Penuh Empati

1. Berbicara Mengenai Perasaan

sifat empati pada anak, peduli

Foto: mamahood.com.sg

“Gerbang menuju empati adalah kepekaan terhadap emosional,” kata Michele Borba, psikolog pendidikan, sekaligus penulis berbagai buku pengasuhan anak.

Menurut Michele, cara sederhana untuk menumbuhkan kepekaan emosional pada anak adalah dengan melakukan komunikasi tatap muka, dengan kata lain orang tua harus banyak berkomunikasi dengan anak.

Jika orang tua membiarkan anak banyak berkutat dengan handphonenya, maka mereka akan lupa belajar mengenai emosi karena berbagai emoji yang digunakan.

“Buatlah peraturan di rumah yang menyediakan waktu khusus untuk berkomunikasi satu sama lain, serta jangan lupa untuk memandang mata si pembicara, karena dapat membantu anak mendengarkan orang lain,” tambah Michele.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan kata-kata yang menyentuh saat berbicara dengan anak. Misalnya “Moms merasa kamu sedang kesal” atau “mengapa kamu terlihat frustasi?”.

Menurut Laura Dell, asisten profesor di Sekolah Pendidikan Universitas Cincinnati, perkataan-perkataan seperti adalah bahasa emosi, sehingga secara tidak langsung, Moms juga mengajarkan anak bagaimana cara mendefinisikan emosinya masing-masing.

Baca Juga: Ini Manfaat Mengajarkan Anak Peduli Lingkungan Sejak Dini

2. Gunakan Media sebagai Alat Bantu

empati pada anak, peduli, empati,

Foto: sheknows.com

Madeleine Sherak, mantan pendidik dan penulis buku anak-anak tentang nilai kebaikan, mengatakan bahwa menonton TV atau membaca buku bersama dengan anak, juga akan menghadirkan kesempatan yang besar untuk menumbuhkan sifat empati pada anak.

“Diskusikan hal-hal seperti siapa karakter yang baik dan memiliki sifat empati pada anak, juga diskusikan pada anak saat si karakter tersebut berubah jadi jahat. Jangan lupa untuk membicarakan juga bagaimana cara setiap karakter mengendalikan situasi yang ada,” tambah Madeleine.

Sebagai rekomendasi film bagus yang bisa ditonton untuk menumbuhkan empati anak adalah film seri Harry Potter.

Baca Juga: Ajarkan Nilai Kerja Sama pada Si Kecil dengan 4 Aktivitas Sederhana Ini

3. Berikan Contoh Nyata

empati pada anak, peduli, empati,

Foto: expertrain.com

Orang tua harus menjadi pemberi contoh pertama jika ingin Si Kecil memiliki rasa empati sejak dini. Anak-anak akan lebih mudah memahami apa yang mereka lihat dibandingkan melalui perkataan saja. Misalnya saat kita berkata bahwa anak harus peduli pada orang lain, tetapi tanpa melihat contohnya secara langsung, mereka tidak akan paham.

Ravi Rao, ahli bedah saraf pediatrik yang menjadi host acara anak-anak, menekankan bahwa penting bagi orang tua untuk menggunakan bahasa dalam menyampaikan emosional mereka sendiri. Anak-anak dapat melatih empatinya dengan bermain peran bersama teman atau boneka kesayangannya.

“Penting juga bagi orang tua untuk mengenali dan menghormati emosi anaknya,” ucap Laura Dell.

Sudah tahukan Moms bagaimana cara mengajarkan memiliki sifat empati pada anak dalam dirinya? Selamat mencoba ya Moms.

Artikel Terkait