2-3 TAHUN
14 November 2019

Pentingnya Mengajarkan Anak Cuci Tangan

Seberapa pentingnya mengajarkan anak untuk rutin mencuci tangannya?
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Tahukah Moms bahwa setiap tanggal 15 Oktober diperingati sebagai Global Handwashing Day atau Hari Cuci Tangan Sedunia? Nyatanya, perihal kebiasaan mencuci tangan itu penting bagi kesehatan, lho!

Jarang mencuci tangan memudahkan infeksi bakteri atau virus yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Untuk itu, penting banget bagi Moms mengajarkan anak pentingnya cuci tangan, terutama pada waktu-waktu tertentu.

Nyatanya, anak-anak kerap tidak mendengarkan perkataan orang tua yang menyuruh untuk mencuci tangan.

Padahal, mencuci tangan menjadi cara terbaik untuk mencegah penyebaran kuman dan mengurangi risiko anak jatuh sakit.

Baca Juga: Malas Cuci Tangan? Ini Bahayanya Bagi Kesehatan!

Bahaya Tidak Mencuci Tangan

Pentingnya Mengajarkan Anak Cuci Tangan-1.jpg

Mencuci tangan adalah kebiasaan yang dapat mencegah penyakit dan penyebaran infeksi penyakit.

Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention, ini bahaya kalau Moms tidak mengajarkan anak untuk cuci tangan, yaitu:

  • Anak sering menyentuh mata, hidung, dan mulut tanpa menyadarinya. Kuman bisa masuk ke tubuh melalui mata, hidung, dan mulut dan membuat jatuh sakit.
  • Kuman dari tangan yang tidak dicuci dapat masuk ke makanan dan minuman. Kuman juga dapat berkembang biak di dalam beberapa jenis makanan atau minuman tertentu.
  • Kuman dari tangan yang tidak dicuci dapat ditransfer ke benda lain, seperti pegangan tangan, puncak meja atau mainan, yang kemudian ditransfer ke tangan orang lain.
  • Menghapus kuman lewat cuci tangan dapat membantu mencegah diare, infeksi saluran pernapasan, dan membantu mencegah infeksi kulit serta mata.

Ada beberapa penyakit yang dapat menyebar melalui sentuhan tangan yang kotor, seperti meningitis, flu, bronkitis, hepatitis A, hingga diare.

Selain itu, saat tangan anak kotor dan bersentuhan dengan kuman, secara tidak sadar mereka akan menyentuh mata, hidung atau mulut mereka. Nah, inilah yang membuat penularan penyakit menjadi lebih cepat terjadi.

Baca Juga: Usia Berapa Anak Bisa Diajarkan Cuci Tangan Sendiri? Perhatikan Cara yang Benar!

Waktu Tepat untuk Mencuci Tangan

Pentingnya Mengajarkan Anak Cuci Tangan-3.jpg

Mencuci tangan memang penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh, namun bukan berarti anak diajarkan untuk setiap waktu untuk mencuci tangan.

Melainkan, ada waktu-waktu tertentu untuk anak mencuci tangan. Hal ini diungkapkan oleh Dr. Aaron Glatt, dokter spesialis penyakit menular di Oceanside, New York.

“Anak tidak perlu mencuci tangan sampai 40 kali sehari. Tapi, cucilah tangan pada waktu yang tepat, seperti saat keluar dari kamar mandi, sebelum makan, dan setelah memegang hewan peliharaan,” ujar dokter Aaron, menjelaskan.

Menurut Dr. Aaron, dapur dan kamar mandi adalah dua area utama yang harus diperhatikan kebersihan secara rutin.

Jadi, langkah-langkah penting lainnya yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan bakteri atau virus adalah membersihkan setiap peralatan makanan sebelum memakainya, membersihkan permukaan meja makan secara rutin, dan mencuci serbet setelah digunakan agar tidak menyebarkan banyak kuman.

Hewan peliharaan juga bisa menjadi penularan infeksi penyakit apabila tidak dirawat dengan benar, untuk itu selalu cuci tangan setelah merawat atau bermain dengan hewan peliharaan kesayangan.

Baca Juga: 6 Penyakit yang Bisa Dicegah Jika Rajin Mencuci Tangan

Waktu lainnya yang tepat untuk mencuci tangan adalah setelah bersin atau batuk, dan setelah memegang daging, buah-buahan, atau sayuran mentah.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan Moms saat mengajarkan anak cuci tangan, namun yang terutama adalah mencontohkan kepada anak.

Umumnya, orang tua akan menjadi role model bagi anak, sehingga menularkan pola hidup yang sehat akan membuat anak juga menirunya. Nah Moms, mulai saat ini yuk mulai mengajarkan anak mencuci tangan!

(DG)

Artikel Terkait