PERNIKAHAN & SEKS
4 Oktober 2017

Pentingnya Menjadi Partner Guru di Sekolah dalam Mendidik Anak

Bekerja sama dengan guru di sekolah membuat mereka lebih memahami anak Mama
Artikel ditulis oleh -
Disunting oleh -

Bekerja sama dengan guru anak di sekolah memiliki pengaruh besar terhadap cara mendidik anak. Saat Mama dan guru anak Mama memiliki hubungan yang baik serta rutin berkomunikasi, kalian akan lebih mudah berbagi pikiran. Alhasil, anak Mama bisa berkembang dengan baik di sekolah.

Manfaat Menjaga Hubungan Baik antara Guru dengan Orang Tua Siswa:

  1. Membantu Diri Sendiri
partner guru 1

Menjadi partner dengan guru anak di sekolah merupakan cara terbaik untuk menunjang pembelajaran si buah hati. Sebab, Mama dan guru berbagi satu tujuan: menyediakan pengalaman belajar terbaik untuk anak.

Mama pasti tahu yang terbaik untuk anak. Namun, bekerja sama dengan gurunya akan memberikan Mama pemahaman lebih tentang si kecil. Mama jadi punya kesempatan untuk berbagi pikiran atau hal-hal yang biasa Mama lihat di rumah, namun tidak di kelas. Gurupun bisa memberitahu Mama bagaimana anak saat di sekolah.

Sebagai contoh, jika anak merasa frustrasi dengan tugas-tugas di kelas, guru pasti akan melihatnya mengeluh. Mamapun juga melihat reaksi yang sama di rumah ketika ia mengerjakan PR. Dengan saling memberi info sama lain, Mama dan guru bisa bekerja sama untuk mengatasi rasa frustasi yang dialami anak. Akan lebih mudah pula untuk menciptakan pesan yang ‘sama’ dan membantu si kecil memahami pentingnya tugas sekolah yang diberikan.

  1. Membantu Guru
partner guru 2

Guru akan merasa sangat terbantu jika ia mendapatkan pemahaman lebih tentang anak Mama. Karena waktunya sangat terbatas di sekolah, sulit bagi guru untuk mengenal anak lebih jauh. Informasi yang Mama berikan kepada guru akan memudahkannya melewati proses tersebut. Mungkin Mama bisa memberi tahu guru mengenai kelebihan dan kekurangan anak Mama, serta bagaimana cara mengatasinya.

Ingatlah bahwa semakin guru mengenal anak Mama, semakin mudah bagi guru dan anak Mama untuk terhubung saat proses mengajar.

  1. Membantu Anak
partner guru 3

Menjadi partner guru si kecil di sekolah juga bisa memberikan manfaat untuk anak. Mengetahui bahwa pihak sekolah dan orang tuanya bekerja sama untuk membantunya sukses di sekolah membuat anak merasa lebih percaya diri.

Selain itu, mengetahui ibunya berhubungan baik dengan guru di sekolah membuat anak berani meminta pertolongan ketika membutuhkannya. Hal itu membantunya menjadi pelajar yang lebih termotivasi dan mandiri.

Cara Mulai Ber-partner dengan Guru Anak di Sekolah

Menjadi partner guru di sekolah anak Mama bisa dimulai dari pertemuan guru-orangtua. Selanjutnya, Mama bisa menjaga hubungan baik dengan menelepon atau mengirimkan pesan singkat. Agar lebih nyaman, sebaiknya tanyakan di awal kepada guru bagaimana komunikasi yang diinginkan. Bisa dimulai dengan berusaha mengetahui bagaimana fokus anak saat di kelas dan bagaimana ia menyerap pelajaran. Jika komunikasi sudah terjalin, terus jaga hubungan baik dengan guru di sekolah.

Baca juga: Tips Menjaga Hubungan Baik Guru dan Orang Tua Murid

(GLW)

Foto: Shutterstock

Artikel Terkait