KEHAMILAN
9 Juli 2020

Pentingnya Nutrisi Ibu Hamil dan Ini yang Terjadi Ketika Kekurangan

Moms yakin nutrisinya sudah tercukupi?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms tentunya menginginkan sang buah hati lahir dengan selamat, sehat, cerdas, dan kuat bukan? Namun terkadang, Moms sering melupakan atau bahkan melalaikan persiapan kehamilan di minggu-minggu pertama.

Padahal, nutrisi Ibu hamil terus meningkat selama periode kehamilan. Nutrisi Ibu hamil ini dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Selain itu, nutrisi Ibu hamil juga berguna untuk menambah jaringan tubuh Ibu untuk mempertahankan kesehatan dan kekuatan badan Moms sendiri.

Baca Juga: Ini Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil Bayi Kembar

Ini yang Terjadi Ketika Kekurangan Nutrisi Ibu Hamil

nutrisi ibu hamil

Foto: narikaa.com

Menurut Hipotesi Barker (Fetal Programming Hypothesis) mengatakan bahwa ketika nutrisi Ibu hamil kurang, langsung akan memberikan “sinyal” kepada bayi dan ditandai dengan kondisi luar rahim yang “keras”. Lalu, bayi akan menyesuaikan diri untuk menghadapi situasi tersebut dan kemudian terjadi perubahan ukuran tubuh serta metabolisme bayi.

Menurut parenting.firstcry.com, kekurangan nutrisi Ibu hamil mempunyai efek buruk pada perkembangan sistem perkembangan dan sistem kekebalan tubuh bayi baru lahir. Maka dari itu, Moms harus melihat tanda-tandanya ketika kekurangan nutrisi Ibu hamil:

1. Berat Badan Tak Bertambah

Jika selama kehamilan, Moms tidak mengalami perubahan berat badan atau lambat perubahannya, bisa jadi ada yang salah pada asupan nutrisi Ibu hamil. Idealnya, berat badan Moms akan terus meningkat seiring semakin membesarnya janin, cairan ketuban, darah, plasenta, dan juga massa lemak.

2. Terus Sakit Selama Hamil

Kurangnya nutrisi Ibu hamil dapat membuat Moms lebih gampang sakit. Hal ini dikarenakan daya tahan tubuh Moms yang menurut dan virus penyakit mudah menghampiri. Mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin dan mineral sebagai solusi terbaiknya.

3. Perkembangan Janin yang Bermasalah

Ketika Moms memantau janin melalui USG, biasanya dokter akan menemukan masalah ketika kekurangan nutrisi Ibu hamil. Misalnya detak jantung yang tidak teratur, ukuran janin kecil, perkembangan organ terhambat.

Namun, Moms bisa menghindari semua itu agar tidak terjadi dengan mengatasi sejak usia kehamilan dini. Di mana cara yang paling tepat adalah dengan melengkapi asupan nutrisi Ibu hamil dengan baik.

Baca Juga: 6 Jenis Nutrisi yang Wajib Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil Trimester Pertama

Apa yang Tidak Boleh Moms Makan dan Apa yang Boleh

nutrisi ibu hamil

Foto: shutterstock

Ada sejumlah makanan dan minuman yang sebaiknya Moms batasi dan hindari untuk dikonsumsi selama masa kehamilan berlangsung, menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG).

Pertama, Moms harus membatasi minum kopi setiap harinya, di mana sebaiknya tidak lebih dari 200 mg kafein.

Moms juga sebaiknya mengurangi mengonsumsi tuna albacore (“white” tuna), karena memiliki kadar merkuri yang tinggi. Menurut ACOG, jangan mengonsumsi lebih dari 6 ons dalam seminggu, karena merkuri dapat membahayakan otak bayi yang sedang berkembang.

Menurut U.S. Department of Agriculture, wanita hamil berisiko tinggi keracunan makanan dari bakteri Listeria (listeriosis) dan infeksi yang disebabkan parasit (taksoplasmosis). USDA merekomendasikan Moms yang sedang hamil untuk tidak mengonsumsi susu mentah, hot dogs, daging mentah atau tidak matang, ikan mentah (sashimi atau sushi), kerang atau tiram mentah, telur mentah atau setengah matang, atau jus apel yang tidak dipasteurisasi.

Lalu, makanan apa saja yang boleh dikonsumsi Ibu hamil? Menurut ACOG, Moms harus mencoba makan berbagai makanan dari kelompok makanan dasar seperti buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, dan protein. Jika Moms melakukannya, Moms akan mendapatkan semua nutrisi Ibu hamil yang agar bayi tetap tumbuh sehat.

Baca Juga: 4 Resep Smoothies untuk Ibu Hamil yang Penuh Nutrisi

ACOG telah merekomendasikan nutrisi Ibu hamil yang Moms butuhkan:

1. Kalsium

Nutrisi Ibu hamil yang dapat membantu membangun tulang dan gigi yang kuat. Moms bisa mengonsumsi susu, keju, yogurt, dan juga sarden.

2. Zat Besi

Sebagai nutrisi Ibu hamil berperan membantu sel darah merah mengantarkan oksigen ke bayi di dalam kandungan. Moms bisa mengonsumsi daging merah tanpa lemak, kacang polong, dan sereal.

3. Vitamin A

Berguna untuk kesehatan kulit, penglihatan, dan pertumbuhan tulang bayi. Untuk mendapatkan nutrisi Ibu hamil yang satu ini, Moms bisa mengonsumsi sayuran hijau gelap, wortel, ubi.

4. Vitamin C

Membuat gusi, gigi, dan tulang tetap sehat serta membantu tubuh Moms menyerap zat besi. Moms bisa mengonsumsi jeruk, brokoli, tomat, dan stroberi.

Baca Juga: Nutrisi Selama Kehamilan agar Moms dan Janin Tetap Sehat

5. Vitamin D

Nutrisi Ibu hamil yang satu ini dapat membantu tubuh Moms dalam penyerapan kalsium untuk membangun tulang dan gigi bayi. Sumber Vitamin D bisa berasal dari sinar matahari, susu, dan ikan salmon.

6. Vitamin B6

Membantu untuk pembentukan sel darah merah dan membantu tubuh Moms menggunakan protein, lemak, dan karbohidrat. Moms bisa mengonsumsi daging sapi, hati, sereal gandum, dan pisang untuk mendapatkan nutrisi Ibu hamil ini.

7. Vitamin B12

Membentuk sel darah merah dan menjaga sistem saraf Moms. Moms bisa menemukannya pada produk-produk hewani, seperti hati, unggas, ikan, daging, dan susu.

8. Asam Folat

Sangat penting dalam produksi darah dan protein, juga mengurangi risiko cacat lahir pada otak dan sumsum tulang belakang. Moms bisa mengonsumsi berbagai jenis kacang-kacangan, sayuran hijau, jus jeruk, dan hati.

Moms juga bisa menambahkan asupan nutrisi tambahan dari Frisian Flag Mama.

Baca Juga: 5 Manfaat Brokoli Untuk Ibu Hamil dan Janin

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil dengan Frisian Flag Mama

nutrisi ibu hamil

Foto: doc/frisianflagmama

Selain itu, Moms juga bisa melengkapi nutrisi Ibu hamil dengan rutin minum Frisian Flag Mama. Frisian Flag Mama mengandung dua manfaat dalam satu kemasan, yaitu sebagai nutrisi masa hamil dan menyusui, serta nutrisi untuk janin dan Moms saat kehamilan.

Frisian Flag Mama mengandung Kolin, DHA, ALA, LA, dan Asam Folat yang membantu pertumbuhan otak dan janin. Kandungan Inulin di dalamnya juga membantu pencernaan supaya tidak terjadi konstipasi dan Vitamin B6 untuk mengurangi mual muntah selama masa kehamilan.

Frisian Flag Mama hadir untuk tambahan nutrisi Ibu hamil dengan rasa cokelat yang lezat seperti es krim dan pasti disukai oleh semua Ibu.

Yuk Moms, konsumsi secara rutin Frisian Flag Mama 1x dalam sehari selama periode kehamilan untuk mendapatkan manfaat dan asupan nutrisi Ibu hamil yang optimal. Moms tetap segar selama kehamilan, calon buah hati pun senantiasa sehat dalam janin dan setelah lahir.

(ADV)

Artikel Terkait