KEHAMILAN
27 Juni 2019

Pentingnya Peran Kalsium dalam Masa Kehamilan

Seberapa penting peran kalsium selama masa kehamilan? Apa manfaatnya untuk janin? Simak penjelasannya di sini!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Pentingnya Peran Kalsium dalam Masa Kehamilan-1.jpg

Foto: parents

Ibu hamil penting untuk mendapatkan asupan nutrisi dengan gizi yang seimbang.

Pasalnya, apa yang dikonsumsi Moms akan memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Jadi, pastikan setiap asupan makanan yang masuk bergizi, sehat, dan juga bersih.

Adapun dua komponen yang penting untuk kesehatan Moms dan janin adalah mikronutrien dan makronutrien.

Komponen makanan mikronutrien adalah vitamin dan mineral.

Komponen makanan makronutrien adalah nutrisi yang mengandung kalori atau energi, di antaranya karbohidrat, protein, dan lemak.

Selain itu, yang tak kalah pentingnya, Moms harus mendapatkan asupan folat, zat besi, dan kalsium yang cukup selama masa kehamilan, melahirkan, hingga nanti proses menyusui.

Perhatikan setiap makanan dan minuman yang dikonsumsi agar memenuhi asupan gizi yang seimbang.

Perhatikan juga perkembangan janin setiap bulannya guna melihat seberapa optimal pertumbuhan janin tersebut.

Seperti yang diungkapkan di atas, Moms perlu mengonsumsi kalsium selama masa kehamilan.

Hal ini ternyata bisa mempunyai pengaruh terhadap kesehatan mulut dan gigi Moms ke depannya.

Kesehatan rongga mulut menjadi hal yang perlu diperhatikan karena dapat berpengaruh pada kesehatan janin.

Jika terjadi infeksi dalam rongga mulut, maka hal tersebut dapat memengaruhi janin dan bisa memicu kontraksi yang dapat berakibat pada kelahiran dini.

Baca Juga : 10 Makanan yang Mengandung Kalsium, Baik Dikonsumsi Ibu dan Anak

Kalsium dan Kesehatan Rongga Mulut

Pentingnya Peran Kalsium dalam Masa Kehamilan-2.jpg

Foto: yourdentalhealthpartners

Seorang dokter gigi bernama drg. Annisa Sabhrina, mengungkapkan ibu hamil mampu mendapatkan asupan kalsium lewat makanan yang dikonsumsinya dan suplemen yang bisa dianjurkan oleh dokter.

“Ibu hamil perlu mengonsumsi kalsium selama masa kehamilan. Kalsium akan dibutuhkan untuk melindungi tulang dan memenuhi kebutuhan dari janin. Kebutuhan kalsium tersebut harus tercukupi hingga proses menyusui,” ungkap drg. Annisa lewat bincang-bincang pada Kulwap Orami Community, Kamis (9/5) lalu.

Dokter yang praktik di RSIA Cinta Kasih, Ciputat ini juga mengungkapkan bahaya yang dapat terjadi jika kebutuhan kalsium ibu hamil tidak terpenuhi.

“Jika kadar kalsium tidak tercukupi, maka tubuh akan mengambil kalsium dari tulang maupun gigi. Hal inilah yang berpotensi membuat tulang dan gigi menjadi rapuh. Tingkatkan kadar kalsium selama kehamilan dengan sumber makanan kaya kalsium seperti keju, susu, yoghurt, susu kedelai, dan tingkatan jumlah vitamin D,” lanjut drg. Annisa.

Baca Juga : 4 Langkah Aman Mengatasi Sakit Gigi Saat Hamil

Melihat pengaruh kebutuhan kalsium terhadap kesehatan mulut dan gigi, maka sebaiknya Moms juga rutin untuk memeriksa rongga mulut selama masa kehamilan.

Faktanya, saat masa kehamilan, Moms dapat mudah mengalami masalah dalam area mulut dan gigi karena peningkatan kadar hormon.

“Peningkatan kadar hormon selama kehamilan sering menyebabkan gusi mudah membengkak dan berdarah. Selain itu, sisa makanan mudah terselip di jaringan gusi maupun gigi yang mengakibatkan iritasi dan infeksi,” ujar drg. Annisa.

Waktu terbaik untuk melakukan perawatan gigi saat masa kehamilan adalah waktu trimester kedua kehamilan.

Karena memasuki trimester ketiga kehamilan, biasanya posisi duduk di dental unit dengan waktu yang lama membuat ibu hamil menjadi tidak nyaman.

Selain itu, meskipun perawatan gigi dianjurkan saat masa kehamilan, namun sebaiknya tunda berbagai tindakan pembedahan gigi sampai nanti waktu persalinan tiba.

Hal ini untuk mengurangi risiko yang dapat memengaruhi janin.

Jadi, kalsium penting untuk kesehatan tulang dan gigi ibu hamil dan perhatikan juga selalu kesehatan rongga mulut selama masa kehamilan, ya!

(DG/CAR)

Artikel Terkait